Nilai Guna Barang dan Jasa Sebagai Pemuas Kebutuhan

Posted by on 2015-10-17 - 9:58 AM

Halo keeper, pada kesempatan ini edukiper akan mengulas sedikit tentang nilai guna barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan. Seperti yang kita ketahui, kita menggunakan alat pemuas kebutuhan berupa barang dan jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sekarang kita akan membahas bagaimana barang dan jasa dapat dijadikan sebagai alam pemuas kebutuhan.

Konsep dan Acuan Dasar

Nilai guna (utility) merupakan salah satu alasan mengapa barang dan jasa dapat digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan. Kedua jenis alat tersebut dapat digunakan karena memiliki nilai guna yang mampu memenuhi kebutuhan manusia. Suatu barang atau jasa hanya akan memiliki nilai guna jika berada dalam waktu, bentuk, kondisi dan tempat yang tepat. Nilai guna dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Pertanyaan Acuan
  1. Jelaskan maksud dari kegunaan dasar suatu barang!
  2. Jelaskan maksud dari kegunaan bentuk suatu barang!
  3. Bagaimana pengaruh tempat dan tempat terhadap nilai guna?
  4. Jelaskan maksud dari kegunaan kepemilikan!
  5. Jelaskan maksud dari kegunaan pelayanan!

Jenis-jenis Nilai Guna Barang

Nilai guna adalah kepuasan atau kenikmatan yang diperoleh seseorang ketika menggunakan barang atau jasa. Setiap barang mempunyai daya guna yang menjadi daya tarik tersendiri. Ketika seorang konsumen membeli sebuah barang pada dasarnya yang ia beli bukan semata-mata wujud barang melainkan nilai guna barang tersebut.
Barang sebagai alat pemuas kebutuhan memiliki beberapa kegunaan, yaitu :
  1. Kegunaan dasar (element utility)
  2. Kegunaan bentuk (form utility)
  3. Kegunaan tempat (palce utility)
  4. Kegunaan waktu (time utility)
  5. Kegunaan kepemilikan (ownership utility)
  6. Kegunaan palayanan (service utility)

Kegunaan Dasar dan Bentuk

form utility

Kegunaan dasar merupakan nilai guna awal yang dimiliki oleh suatu barang dan merupakan ciri khas barang tersebut misalnya air yang bersifat sejuk berguna untuk menyegarkan tubuh. Barang-barang ini umumnya merupakan bahan dasar untuk menghasilkan barang lain.

Kegunaan bentuk merupakan nilai guna yang meningkat karena adanya perubahan bentuk. Barang tersebut akan lebih berguna jika tersedia dalam bentuk yang dibutuhkan misalnya kayu yang sudah diolah menjadi lemari akan lebih berguna daripada kayu yang belum diolah.

Kegunaan Tempat dan Waktu

place utility

Kegunaan tempat merupakan nilai guna yang meningkat karena adanya kecocokan tempat. Barang tersebut akan lebih berguna jika tersedia pada tempat yang tepat misalnya sampan akan lebih berguna jika berada di sungai daripada berada di daratan tinggi.

Kegunaan waktu merupakan nilai guna yang meningkat karena adanya kecocokan waktu. Barang tersebut akan lebih berguna jika tersedia pada waktu yang tepat misalnya jas hujan akan lebih berguna di musim hujan daripada di musim kemarau.

Kegunaan Kepemilikan dan Pelayanan

ownership utility

Kegunaan kepemilikian merupakan nilai guna yang meningkat karena adanya kecocokan kepemilikan. Barang tersebut akan lebih beguna jika dimiliki oleh orang yang tepat misalnya cangkul akan lebih berguna jika dimiliki oleh seorang petani daripada dimiliki oleh seorang dokter.

Kegunaan pelayanan merupakan nilai guna yang meningkat karena adanya kesesuaian antara fungsi dan pelayanan yang diberikan. Barang tersebut akan berguna jika ada pelayanan yang sesuai misalnya televisi akan berguna jika ada stasiun televisi yang memberikan siaran.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements