Pengertian dan Faktor-faktor Penyebab Kelangkaan Barang

Posted by on 2015-10-17 - 8:36 AM

Edukiper.com - Kelangkaan Barang Kebutuhan. Apa yang dimaksud dengan kelangkaan dan apa faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan? Sebagai makhluk ekonomi, manusia membutuhkan sumber daya ekonomi untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia sebagai makhluk sosial juga membutuhkan bantuan orang lain. Meski manusia adalah makhluk individu yang cenderung mementingkan diri sendiri, namun manusia tetap bergantung pada kehidupan sosialnya.

Kelangkaan merupakan keadaan ketika jumlah kebutuhan manusia tidak sebanding dengan jumlah alat pemuas kebutuhan. Kelangkaan terjadi akibat ketidakseimbangan antara jumlah kebutuhan manusia yang sifatnya tidak terbatas dengan jumlah alat pemuas yang jumlahnya terbatas. Dengan ketidakseimbangan tersebut, tentu terjadi masalah dalam hal memenuhi kebutuhan.

Pertanyaan Acuan
  1. Sebutkan ciri-ciri terjadinya kelangkaan! Jelaskan dengan bahasamu sendiri!
  2. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan dan jelaskan secara ringkas bagaimana faktor tersebut mempengaruhi kelangkaan!
  3. Sebutkan pengaruh kelangkaan barang terhadap harga barang!

Ciri-ciri Terjadi Kelangkaan

Kelangkaan berawal dari banyaknya kebutuhan manusia yang semakin tidak terbatas yang kemudian disusul dengan terbatasnya sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Berikut keadaan yang menandakan terjadinya kelangkaan :
  1. Jumlah alat pemuas kebutuhan sangat terbatas sehingga sulit untuk diperoleh.
  1. Harga kebutuhan melonjak drastis dari harga biasanya karena jumlahnya terbatas dan permintaan akan barang tersebut tinggi.
  2. Konsumen harus berkorban untuk memperoleh barang atau jasa tersebut, bahkan sampai mengorbankan kebutuhan yang lain untuk memenuhi kebutuhan yang lebih utama.

Penyebab Terjadinya Kelangkaan

Sesuai dengan pengertiannya, kelangkaan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan terjadi karena jumlahnya yang terbatas tidak seimbang dengan jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, faktor-faktor apa yang menyebabkan jumlah barang dan jasa terbatas sehingga timbul kelangkaan.

Beberapa faktor penyebab terjadinya kelangkaan :
  1. Keterbatasan sumber daya ekonomi
  2. Meningkatnya jumlah penduduk
  3. Letak geografis yang tidak strategis
  4. Perkembangan teknologi yang lambat
  5. Bencana alam
  6. Keserakahan manusia

Kelangkaan Akibat Keterbatasan Sumber Daya

sumber daya manusia

Penyebab utama terbatasnya jumlah barang dan jasa yang dapat dihasilkan adalah keterbatasan sumber daya ekonomi atau faktor-faktor produksi yang mengakibatkan produsen hanya mampu menghasilkan produk dalam jumlah yang terbatas.

Faktor produksi ini meliputi :
  1. Sumber daya alam
    Ketersediaan sumber daya alam tidak sebanding dengan jumlah kebutuhan sehingga jumlahnya yang terbatas tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan manusia. Beberapa sumber daya alam yang melimpah juga tidak serta merta dapat diproduksi dan disalurkan.

  1. Sumber daya modal
    Untuk memproduksi barang dan jasa dibutuhkan modal yang besar apalagi jika produksi dimaksudkan untuk skala besar. Keterbatasan manusia dalam menyediakan modal membuat produsen hanya mampu memproduksi dalam batas kesanggupan modalnya.

  2. Sumber daya manusia
    Untuk memproduksi produk dibutuhkan tenaga kerja dan tenaga ahli yang jumlah maupun kualitasnya juga cenderung terbatas. Keterbatasan tersebut bisa karena faktor biaya, pendidikan, dan sebagainya.

Jumlah Penduduk & Letak Geografis

Laju pertumbuhan penduduk yang sangat cepat mengakibatkan jumlah penduduk meningkat dengan signifikan dari waktu ke waktu. Peningkatan tersebut secara umum tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah alat pemuas kebutuhan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan antara jumlah kebutuhan dengan jumlah alat pemuas kebutuhan.

Perbedaan letak georafis menyebabkan sumber daya alam tersebar tidak merata di muka bumi. Masing-masing wilayah memiliki sumber daya alam dengan jenis atau jumlah yang berbeda sehingga adakalanya penduduk suatu daerah harus melakukan pengorbanan untuk memperoleh barang atau jasa yang tersedia dalam jumlah terbatas di daerah tersebut.

Kelangkaan Akibat Lambatnya Perkembangan Teknologi

perbandingan daerah perkotaan dan pedesaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi merupakan salah satu faktor produksi dan distribusi yang memiliki peranan penting dalam menghasilkan dan menyalurkan produk kepada konsumen. Laju perkembangan teknologi yang lambat dapat mengakibatkan kelangkaan barang dan jasa. Keadaan itu diperparah dengan laju pertumbuhan penduduk yang cenderung lebih cepat dari laju perkembangan teknologi.

Dalam hal produksi, lambatnya perkembangan teknologi mengakibatkan produktivitas barang dan jasa menurun. Padahal, jumlah penduduk dan jumlah kebutuhan terus meningkat. Dalam hal distribusi, perkembangan teknologi yang lambat mengakibatkan penyaluran barang atau jasa tidak berjalan dengan lancar dan cenderung kurang efektif sehingga memicu terjadinya kelangkaan.

Kelangkaan Akibat Bencana Alam dan Keserakahan

Faktor lain yang juga berpengaruh terhadap kelangkaan barang dan jasa adalah bencana alam. Bencana alam yang menimbulkan kerusakan dan membuat suatu wilayah terisolasi dapat mengakibatkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh manusia sulit untuk dipeoleh karena sebagian besar barang telah rusak atau hilang dan wilayah tersebut menjadi sulit untuk dijangkau.

Salah satu faktor yang sebenarnya banyak berpengaruh terhadap kelangkaan barang dan jasa adalah faktor keserakahan manusia. Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran pihak tertentu yang mencoba memperoleh keuntungan dan mengorbankan kepentingan umum seringkali menimbulkan kenaikan harga barang misalnya penimbunan produk dan sebagainya.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements