Definisi Gerak, Perpindahan, Jarak, Kelajuan & Kecepatan

Posted by on 2015-10-13 - 7:33 PM

Gerak lurus merupakan salah satu topik dalam bidang studi fisika yang diajarkan di awal semester gasal di kelas sepuluh setelah besaran dan pengukuran. Dalam bab mekanika gerak lurus, akan dipelajari beberapa materi meliputi Gerak Lurus Beraturan (GLB), Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dan gerak peluru yang merupakan perpaduan antara kedua jenis gerak lurus tersebut.

Konsep dan Acuan Dasar

Sebelum mengkaji gerak lurus lebih jauh, ada beberapa konsep dasar tentang gerak yang harus kita pahami. Konsep dasar tersebut sangat penting untuk dipahami karena akan selalu digunakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan tentang gerak lurus. 

Adakalanya, kesalahan dalam menjawab soal gerak lurus terjadi karena kita tidak menguasai konsep dasar. Beberapa poin penting tersebut akan kita rangkum dalam beberapa pertanyaan berikut :
Pertanyaan Dasar
  1. Apa definisi gerak dan apa syarat suatu benda dikatakan bergerak?
  2. Apa pengertian dari jarak dan perpindahan? Apa perbedaan keduanya?
  3. Apa pengertian dari kelajuan dan bagaimana hubungannya dengan jarak?
  4. Apa pengertian dari kecepatan dan bagaimana hubungannya dengan perpindahan?
  5. Apa perbedaan antara kecepatan dan kelajuan? Bisakah anda memberikan sebuah contoh?

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

definisi gerak

Apabila kalian dapat menjawab pertanyaan di atas dengan benar, itu berarti anda sudah memahami konse dasar dalam pelajaran gerak. Pada kesempatan ini edukiper akan mencoba untuk menjawab lima pertanyaan di atas dengan kata yang sesederhana mungkin agar mudah dipahami.

Konsep Dasar
  1. Gerak merupakan perubahan posisi suatu benda terhadap titik acuan. Suatu benda dikatakan bergerak jika posisinya berubah saat ditinjau dari titik acuan tertentu dalam selang waktu tertentu. Benda yang berpindah dari titik A menuju titik B dan kembali ke titik B tidak memiliki perpindahan karena tetap pada titik A sebagai acuan.
  1. Jarak tempuh atau lintasan merupakan panjang lintasan yang ditempuh oleh benda selama bergerak. Perpindahan merupakan perubahan posisi yang secara sederhana dapat dinyatakan sebagai posisi akhir dikurang posisi awal.

    Salah satu perbedaan antara jarak dan perpindahan adalah bahwa jarak merupakan besaran skalar yang hanya memiliki nilai sedangkan perpindahan adalah besaran vektor yang memiliki nilai dan arah.

    Ketika bergerak, jarak tempuh yang dicapai benda bisa saja sama dengan perpindahannya atau jarak tempuh lebih besar dari perpindahannya.

Definisi Kelajuan dan Kecepatan

  1. Kelajuan merupakan besaran yang menyatakan seberapa laju suatu benda bergerak berdasarkan panjang lintasan atau jarak yang ditempuhnya tanpa melihat arah gerak. Dengan kata lain, kelajuan merupakan hasil bagi jarak tempuh dengan waktu.
    Laju = Jarak tempuh
    waktu

    Dari rumus di atas jelas terlihat bahwa kelajuan berbanding lurus dengan jarak dan berbanding terbalik dengan waktu.
  1. Kecepatan merupakn besaran yang menyatakan seberapa cepata suatu benda bergerak berdasarkan besar perpindahannya tiap satuan waktu. Dengan kata lain, kecepatan merupakan hasil bagi perpindahan (posisi akhir - posisi awal) dengan waktu.
    Kecepatan = Perpindahan
    waktu

    Dari rumus di atas jelas terlihat bahwa kecepatan berbanding lurus dengan perpindahan dan berbanding terbalik dengan waktu.

Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan

  1. Sama seperti jarak dan perpindahan, salah satu perbedaan antara kecepatan dan kelajuan juga terletak pada jenis besarannya. Kelajuan merupakan besaran skalar yang hanya memiliki nilai, sedankan kecepatan adalah besaran vektor yang memiliki nilai dan arah.

    Perbedaan selanjutnya dapat kita lihat dari rumusnya. Seperti terlihat pada rumus di nomor 3 dan 4, kelajuan bergantung pada panjang lintasan, sedangkan kecepatan bergantung pada besar perpindahannya.
Besar kelajuan suatu benda bisa sama besar dengan kecepatannya jika jarak tempuhnya sama dengan besar perpindahannya. Selain itu, adakalanya benda memiliki kecepatan yang lebih kecil dibanding kelajuannya karena besar perpindahan dipengaruhi oleh arah sehingga bisa jadi nilainya lebih kecil.

Kecepatan suatu benda dapat pula bernilai nol meskipun benda memiliki kelajuan yang besar. Hal ini terjadi karena meskipun jarak tempuh benda jauh, tetapi perpindahannya sama dengan nol sehingga benda tidak memliki kecepatan.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment