Trik dan Strategi Jitu Untuk Mendapatkan Beasiswa

Posted by on 2015-12-28 - 3:51 PM

Mengurus beasiswa bisa dikatakan gampag-gampang susah. Adakalanya seorang murid memperoleh beasiswa tanpa harus berjuang mati-matian, dan adapula yang seringkali gagal memperoleh beasiswa meskipun sudah mengikuti prosedur yang berlaku. Nepotisme dan penyalahgunaan dana beasiswa pun seringkali menjadi masalah yang seolah tidak dapat dipungkiri lagi. Akan tetapi, apapun itu tidak ada asalan untuk berhenti berusaha. Selama kita berusaha, pasti akan ada jalan. Untuk itu, kita perlu memikirkan cara atau strategi yang tepat dalam mencari beasiswa.

Kendala Dalam Memperoleh Beasiswa

Jika ditanya secara pribadi, tentu semua pelajar berharap mendapatkan beasiswa karena selain dapat meringankan beban orangtua, beasiswa juga memberi peluang bagi pelajar untuk menyelesaikan pendidikan setinggi-tingginya. Dengan adanya beasiswa, pelajar dapat mengejar cita-cita mereka.

Sebagian kecil pelajar mungkin pernah merasa kecewa karena tidak mendapatkan beasiswa padahal secara administratif mereka layak menerima beasiswa itu. Mereka memenuhi semua persyaratan untuk mendapat beasiswa namun justru orang lainlah yang mendapatkannya. Padahal, orang tersebut tidak memenuhi persyaratan.

Seringkali beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar kurang mampu justru jatuh ke tangan mereka yang berkesanggupan. Di sisi lain, pelajar yang benar-benar kurang mampu justru harus menanggung biaya pendidikan yang kian meningkat tanpa adanya bantuan dari pemerintah.

Kondisi seperti ini juga diperparah dengan adanya penyalahgunaan kekuasaan oleh pihak terkait yang bertugas menyalurkan beasiswa kepada pelajar. Seringkali pihak terkait tidak melakukan seleksi secara benar dan jelas sehingga beasiswa diberikan secara acak kepada murid yang mereka anggap pantas.

Padahal, cara acak seperti itu tentu sangat tidak adil karena pasti ada banyak pelajar di luar sana yang membutuhkan beasiswa tersebut. Cara acak yang terkadang juga tidak transparan seringkali dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk bertindak nepotisme dan mendahulukan keluarganya sekalipun masih banyak yang lebih membutuhkannya.

Kecurangan inilah yang pada akhirnya menjadi kendala serius dalam penyelenggaraan beasiswa. Beasiswa yang sepatutnya diberikan kepada pelajar yang kurang mampu untuk mendukung pendidikannya, justru jatuh ke tangan pelajar yang kaya yang menggunakan beasiswa itu untuk memenuhi kebutuhan tersier mereka seperti membeli gadget dan sebagainya.

Berdasarkan uraian di atas, berikut beberapa kendala dalam mengurus beasiswa :
  1. Minimnya infromasi karena adanya unsur kesengajaan sehingga tidak semua pelajar mengetahui adanya beasiswa tersebut.
  2. Sistem seleksi yang tidak jelas dan pemberian beasiswa secara acak yang rentan nepotisme dan kecurangan.
  3. Terjadi penyalahgunaan fungsi beasiswa oleh oknum-oknum terkait.
  4. Beasiswa tidak tepat sasaran.
  5. Sistem administasi yang kurang selektif.

Cara Jitu Untuk Memperoleh Beasiswa

strategi memperoleh beasiswa

Karena adanya kendala-kendala dalam mengurus beasiswa seperti yang telah diuraikan di atas, maka kita memerlukan startegi yang baik agar memperoleh beasiswa. Sama halnya seperti sebuah pertandingan, kita harus memiliki persiapan yang matang agar peluang mendapatkan beasiswa juga lebih besar.

Berikut beberapa strategi untuk memperoleh beasiswa yang patut kamu coba :
  1. Perbanyak Informasi
    Salah satu kendala yang umum dihadapi pelajar dalam mengurus beasiswa adalah minimnya informasi tentang beasiswa. Hal itu terjadi karena terkadang infromasi beasiswa hanya disampaikan kepada pihk tertentu saja secara tertutup.

    Oleh karena itu, sebagai pelajar anda harus lebih aktif dalam mencari informasi tentang beasiswa. Carilah infrormasi dari berbagai sumber. Sumber informasi utama yang bisa kita andalkan adalah oknum berwenang di tempat kita belajar. Tanyakanlah beasiswa kepada pihak yang bertugas mengurus beasiswa.

    Sumber kedua yang tidak kalah penting adalah papan pengumuman atau mading yang biasa digunakan untuk menempel pengumuman seputar beasiswa. Rajin-rajinlah mengecek mading untuk melihat informasi beasiswa terbaru.

    Sumber selanjutnya yang bisa dibilang sangat berpengaruh adalah senior atau teman yang pernah mendapat beasiswa. Mereka yang sudah pernah mendapat beasiswa biasanya lebih tanggap dalam hal informasi karena mereka sudah punya pengalaman mengurus beasiswa.

  2. Persiapkan Diri
    Persiapan adalah kunci dari kesuksesan termasuk dalam hal mengurus beasiswa. Untuk lolos dan memperoleh beasiswa, anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Salaha satu yang harus anda persiapkan adalah informasi tadi.

    Sebagai pelajar kita harus mengetahui bahwa beasiswa secara umum diperuntukkan bagi pelajar yang berprestasi atau pelajar yang kurang mampu dalam hal ekonomi. Selain itu, adapula beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar yang mempunyai bakat di bidang tertentu.

    Oleh karena itu, jika anda berniat mengurus beasiswa, maka anda harus mempersiapkan modal utama yang harus anda miliki. Modal utama tersebut adalah prestasi atau bakat tertentu. Anda tidak bisa sepenuhnya mengandalkan kondisi ekonomi yang pas-pasan sebagai senjata untuk memperoleh beasiswa. Anda juga harus mebekali diri dengan prestasi.

    Untuk memperoleh prestasi yang baik, tentu anda harus belajar dengan sunguh-sungguh sehingga anda memperoleh peringkat yang bagus di kelas. Selain itu anda harus memperhatikan nilai anda. Pastikanlah grafik nilai anda selalu naik karena grafik yang naik menunjukkan bahwa anda stabil dalam belajar.

    Jika anda lemah di prestasi akademik, maka alternatif yang dapat anda lakukan adalah carilah prestasi di bidang tertentu yang berpeluang mendapatkan beasiswa. Bakat khusus yang biasanya mendapat beasiswa adalah bakat dalam bidang seni, olahraga, atau organisasi.

  3. Lakukan Pendekatan
    Strategi berikutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan pendekatan kepada oknum terkait atau pihak tertentu yang bisa mendukung anda dalam mengurus beasiswa. Jika anda pintar melakukan pendekatan dengan oknum terkait yang mengurusi beasiswa, maka anda akan cenderung lebih mudah dalam mengurus beasiswa karena mereka akan lebih peduli.

    Pendekatan yang anda lakukan adalah pendekatan dalam arti yang positif. Bersikaplah ramah kada semua pihak yang berwenang dalam seleksi beasiswa dan hindarilah hal-hal yang menimbulkan perselisihan yang menyebabkan anda menjadi dibenci beberapa pihak.

    Pendekatan lain yang dapat anda lakukan adalah pendekatan kepada guru wali, dosen, atau profesor yang bisa membantu anda mengurus beasiswa. Adakalanya beasiswa membutuhkan surat rekomendasi dari oknum tetentu seperti kepala sekolah atau profesor yang dijadikan bahan pertimbangan dalam seleksi beasiswa.

  4. Kenali Target Penyelenggara Beasiswa
    Untuk memperbesar peluang anda dalam memperoleh beasiswa, maka kenali pihak penyelenggara atau sponsor beasiswa yang akan anda ikuti. Pelajari visi misi mereka dan lihat target yang mereka inginkan. Lihat pelajar seperti apa yang mereka inginkan.

    Dengan mengetahui target penyelenggara beasiswa, maka anda dapat mempersiapkan diri secara matang sehingga anda dapat menyesuaikan diri untuk setidaknya medekati semua persyaratan yang diajukan mereka. Dengan demikian anda bisa memperbesar peluang anda.

    Jika sponsor menginginkan pelajar berprestasi dengan nilai di atas rata-rata, maka perhatikanlah nilai-nilai anda. Untuk memperoleh itu maka persiapan dirilah yang menjadi kuncinya. Sebaliknya jika target beasiswa adalah murid yang berbakat di bidang tertentu maka lihatlah bakat anda apakah sesua atau tidak.

  5. Kuasai dan Patuhi Prosedur
    Kejujuran adalah kunci dalam menjalani apapun, termasuk dalam mengurus beasiswa. Seberapa besarpun keinginan anda untuk memperoleh beasiswa, berusahalah untuk tetap jujur dan mengikuti prosedur yang ditentukan.

    Pelajari mekanisme atau prosedur yang ditentukan untuk mengurus beasiswa dan ikuti semua tahapannya dengan baik. Bacalah panduan yang diberikan dengan seksama dan pastikan anda tidak melewatkan poin penting yang harus anda penuhi.

    Sebelum mengirim berkas-berkas anda pastikan bahwa semua persyaratan yang ditentukan sudah anda penuhi. Pastikan semua berkas yang anda gunakan adalah berkas yang sesuai dengan persyaratan. Jangan pernah melampirkan berkas yang tidak sesuai dengan persyaratan.

  6. Persiapkan Aplikasi Yang Ampuh
    Jika semua persyaratan sudah anda penuhi, maka langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah aplikasi anda. Persiapkanlah aplikasi yang ampuh untuk menarik simpati para sponsor atau penyeleksi beasiswa sehingga anda dianggap pantas menerima beasiswa tersebut.

    Perlu diingat bahwa dalam membuat aplikasi diperlukan keahlian menulis. Tulislah aplikasi anda dengan jujur. Lampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan apa adanya. Jangan melebih-lebihkan sesuatu yang sebenarnya tidak ada pada diri anda. 

  7. Ajukan Tepat Waktu
    Strategi selanjutnya yang tidak bisa diabaikan adalah ketepatan waktu. Jika anda ingin mengurus beasiswa, ajukanlah berkas-berkas anda pada waktu yang ditentukan. Sebaiknya anda mengirim berkas anda lebih awal sebelum waktu-waktu terakhir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keterlambatan, berkas tercecer dan sebagainya.

Demikianlah strategi jitu dalam mengurus beasiswa yang patut anda coba. Dari ketujuh cara di atas, ada satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan yaitu berdoa. Karena bagaimanapun, pada akhirnya Tuhan jugalah yang menentukan hasilnya.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements