Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Posted by on 2016-01-01 - 12:52 PM

Tingginya biaya pengobatan dan perawatan kesehatan merupakan salah satu masalah yang dialami oleh masyarakat umum. Banyak masyarakat yang tidak sanggup berobat ke dokter karena tidak memiliki dana. Berbagai program jaminan kesehatan telah digalakkan oleh pemerintah namun seringkali program tersebut tidak mencakup masyarakat secara merata dan kadangkala masyarakat menerima pelayanan yang kurang optimal karena berobat dengan program pemerintah. Oleh karena itu, asuransi kesehatan hadir sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menjamin kesehatan.

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang bergerak di bidang kesehatan. Asuransi kesehatan ditujukan untuk mengantisipasi biaya pengobatan dan perwatan kesehatan di masa yang akan datang. Hal ini bertujuan untuk menjamin kesehatan peserta asuransi dan meminalisir pengeluaran akibat kejadian tak terduga yang mengancam kesehatan.

Sesuai dengan konsep asuransi, untuk memperoleh layanan asuransi peserta diwajibkan membayar sejumlah uang yang disebut premi kepada perushaan asuransi. Sebagai gantinya perusahaan akan memberikan dana asuransi untuk membiayai pengobatan dan perawatan jika peserta menglami sakit atau kecelakaan.

Asuransi kesehatan akan menanggung sebagian atau seluruh biaya yang diperlukan ketika kita jatuh sakit atau membutuhkan perawatan akibat kecelakaan. Besar biaya yang ditanggung oleh perusahaan bergantung pada jenis asuransi yang dipilih, besar premi yang diberikan, dan sesuai dengan polis asuransi.

Besarnya premi yang harus dibayar oleh pemegang polis bervariasi dan ditentukan oleh beberapa faktor seperti tingkat resiko yang ditanggung, jenis perawatan dan pihak pengelola dana asuransi. Semakin besar tingkat resiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi maka premi yang harus dibayar juga akan lebih besar. Jadi, biasanya semakin besar premi yang kita bayar maka akan semakin banyak manfaat yang ditawarkan.

Program asuransi kesehatan biasanya diselenggrakan oleh perusahaan asuransi sosial, asuransi jiwa, atau perusahaan asuransi umum. Masing-masing perusahaan menawarkan manfaat dan kelebihannya masing-masing. Secara umum, asuransi kesehatan akan disertai dengan asuransi jiwa yang ditujukan untuk memberikan dana santunan jika terjadi kematian.

Jika ingin membeli layanan asuransi kesehatan, maka petimbangkanlah profil perusahaan, jenis layanan yang ditawarkan, dan daftar rumah sakit yang menjadi mitra kerja perusahaan tersebut. Pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Jenis-jensi Asuransi Kesehatan

Jenis dan manfaat asuransi kesehatan

Setiap perusahaan asuransi menawarkan beberapa jenis atau pilihan asuransi yang dapat dipilih oleh calon peserta. Jenis-jenis tersebut dapat dilihat berdasarkan jenis perawatan, pengelola dana, jumlah dana yang ditanggung, keikutsertaan anggota, pihak tertanggung, dan cara penggantian atau pengajuan ganti rugi.

Berdasarkan jenis perawatan, asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi :
  1. Asuransi Rawat Inap
    Pada rawat inap, perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung beberapa biaya perawatan meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya layanan darurat, biaya dokter, biaya obat hingga biaya persalinan.

  2. Asuransi Rawat Jalan
    Pada rawat jalan, perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung beberapa biaya perawatan seperti biaya konsultasi kesehatan, biaya obat sesuai dengan rsep dokter, dan biaya lain atas tindakan pencegahan.

Berdasarkan pengelola dana, asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi :
  1. Asuransi Pemerintah
    Dana pada program asuransi ini dikelolah oleh pemerintah. Program asuransi pemerintah ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat. Dari segi pelayanan, asuransi yang dikelolah oleh pemerintah diklaim tidak sebaik asuransi swasta.

  2. Asuransi Swasta
    Sesuai dengan namanya, dana pada program asuransi ini dikelolah oleh pihak swasta. Karena dikelolah oleh pihak swasta maka tujuan utama perusahaan adalah menyediakan jasa asuransi untuk memperoleh keuntungan dan mengambil kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, pelayanan yang ditawarkan biasanya lebih unggul dari program pemerintah.

Berdasarkan pihak tertanggung, asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi :
  1. Asuransi Kesehatan Individu
    Pada program individu, perusahaan ansuransi hanya menjamin biaya pengobatan dan perlindungan kesehatan untuk orang-perorangan secara individu sehingga dana asuransi hanya bisa diklaim oleh pemegang polis atau peserta asuransi.

  2. Asuransi Kesehatan Kelompok
    Pada program kelompok, perusahaan asuransi menjamin biaya pengobatan dan perlindungan kesehatan suatu kelompok. Dalam hal ini dana asuransi diberikan kepada kelompok seperti organisasi, perusahaan, atau keluarga, dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan.

Berdasarkan jumlah dana yang ditanggung, asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
  1. Asuransi Kesehatan Standar
    Asuransi kesehatan standar merupakan jenis asuransi yang hanya menanggung biaya-biaya tertentu yang mernjadi standar dari layanan mereka. Biasanya pada jenis ini, perusahaan hanya akan membayar biaya yang tinggi saja sementara biaya yang di bawah ketentuan ditanggung oleh peserta.

  2. Asuransi Kesehatan Full
    Asuransi kesehatan full menawarkan jaminan yang lebih lengkap. Pada jenis ini, perusahaan asuransi akan menanggung seluruh biaya yang dikeluarkan oleh peserta sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati dan tertera dalam polis asuransi.

Berdasarkan keikutsertaan anggota, asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi :
  1. Asuransi Kesehatan Wajib
    Adakalanya suatu perusahaan mewajibkan pekerja atau karyawannya untuk mengurus asuransi kesehatan yang sudah menjadi mitra kerja mereka. Asuransi biasanya akan diurus oleh perusahaan secara serentak dan biaya preminya akan dipotong dari gaji karyawan.

  2. Asuransi Kesehatan Sukarela
    Sesuai dengan namanya, peserta mengikuti asuransi secara sukarela tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Dalam hal ini calon peserta berhak memilih dan membeli layanan asuransi sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Berdasarkan pembayaran ganti rugi, asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi :
  1. Pembayaran Langsung
    Pada jenis ini, pembayaran ganti rugi dapat dilakukan secara langsung dengan menggunakan kartu  anggota. Jadi, peserta asuransi dapat mengklaim secara langsung ganti rugi yang dibutuhkan.

  2. Pembayaran Berganti
    Selain menggunakan kartu anggota secara langsung, ada juga yang pengajuan ganti ruginya dilakukan dengan cara berganti. Artinya, peserta membayar terlebih dahulu biaya pengobatan yang dibutuhkan, setelah itu perusahaan asuransi akan mengganti seluruh biaya yang dikeluarkan. 

Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan

Sesuai dengan pengertian dan tujuannya, asuransi kesehatan menawarkan beberapa manfaat, yaitu :
  1. Penggantian Uang dan Pelayanan Kesehatan
    Sesuai dengan konsep asuransi, manfaat pertama yang akan kita peroleh jika menggunakan asuransi kesehatan adalah adanya pemberian atau penggantian uang sebagai ganti dari sejumlah premi yang kita bayar kepada perusahaan asuransi. Penggantian uang yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi umunya disertai dengan pelayanan kesehatan yang menjamin kesehatan peserta sesuai dengan kesepakatan yang tertera dalam polis asuransi.

  2. Memberikan Santunan
    Asuransi kesehatan biasanya dilengkapi dengan asuransi jiwa yang bermanfaat untuk mengantisipasi kerugian finansial yang timbul akibat kematian pencari nafkah utama. Jika terjadi kematian atau cacat permanen, perusahaan asuransi akan memberikan dana santunan sehingga keluarga tidak terlantar.

  3. Mengantisipasi Biaya Pengobatan
    Salah satu manfaat menggunakan asuransi kesehatan adalah kita dapat mengantisipasi biaya pengobatan dan biaya perawatan kesehatan yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, biaya pengobatan termasuk salah satu pengeluaran yang besar. Untuk itu, kita perlu mengantisipasi pengeluaran di masa yang akan datang dengan cara mengikuti asuransi kesehatan.

  4. Memberikan Manfaat Perawatan
    Sesuai dengan jenis asuransi yaitu rawat inap dan rawat jalan, maka kita akan memperoleh manfaat perawatan jika menggunakan asuransi kesehatan. Jadi, jika kita mengalami sakit keras dan memerlukan perawatan yang intensif, biaya perawatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kebijakan dan pilihan yang dipilih pemegang polis.

  5. Meringankan Beban Fikiran
    Manfaat tambahan yang tidak kalah penting adalah ketentraman. Dengan mengingat bahwa kesehatan kita sudah terjamin oleh perusahaan asuransi maka kita tidak perlu lagi terlalu khawatir terhadap biaya pengobatan dan perawatan. Dengan demikian, beban fikiran juga menjadi berkurang.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements