Jenis-jenis Beasiswa Yang Perlu Diketahui Oleh Pelajar

Posted by on 2015-12-28 - 8:52 PM

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran beasiswa dalam dunia pendidikan memang membawa angin segar bagi pelajar yang kurang beruntung dalam hal ekonomi. Beasiswa juga menjadi pemicu sebagian besar pelajar untuk belajar lebih giat demi mendapatkan prestasi yang bagus sehingga mereka berkesempatan untuk memperoleh beasiswa. Salah satu strategi untuk mendapatkan beasiswa adalah mengenali target atau sasaran dari beasiswa tersebut. Secara garis besar, target penyelenggara beasiswa dapat kita lihat dari jenis-jenis beasiswa. Berikut beberapa jenis beasiswa yang perlu anda ketahui.

Jenis Beasiswa Berdasarkan Sasaran

Target atau sasaran beasiswa merupakan hal penting yang harus kita perhatikan karena setiap beasiswa mempunyai sasarannya masing-masing. Berdasarkan target atau sasarannya, secara garis beasr beasiswa dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
  1. Beasiswa Prestasi
    Beasiswa prestasi atau beasiswa penghargaan merupakan beasiswa yang diberikan kepada para pelajar yang berprestasi. Sesuai dengan namanya, beasiswa ini tidak hanya diperuntukkan bagi pelajar yang kurang mampu, melainkan untuk semua pelajar yang berpresatasi.

    Beasiswa prestasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
    • Beasiswa Prestasi Akademik
      Beasiswa prestasi akademik merupakan beasiswa yang diberikan untuk mengapresiasi pelajar yang berprestasi secara akademik. Beasiswa presatasi akademik diberikan berdasarkan prestasi akademik secara kseluruhan.

      Calon penerima beasiswa prestasi akademik biasanya merupakan murid-murid yang mendapat peringkat atas di kelasnya. Pemberian beasiswa ada yang dilakukan dengan sistem seleksi ada pula yang diberikan tanpa seleksi dan diurutkan berdasarkan prestasinya.

    • Beasiswa Prestasi Non Akademik
      Beasiswa prestasi non akademik merupakan beasiswa yang diberikan kepada pelajar yang berpestasi di bidang non akademik. Beasiswa prestasi non akademik sering juga disebut presatasi bakat khusus karena memberi penghargaan kepada mereka yang punya bakat khusus di bidang non akademik.

      Beasiswa ini biasanya diberikan kepada murid yang berpresatasi di bidang musik, olahraga, organisasi, dan sebagainya. Bagi pelajar yang gemar olahraga atau punya bakat dalam bidang olahraga, beasiswa ini merupakan alternatif jika mereka tidak menonjol di bidang akademik.

  2. Beasiswa Kurang Mampu
    Beasiswa kurang mampu atau beasiswa bantuan merupakan beasiswa yang diberikan kepada pelajar yang kurang mampu. Sesuai dengan namanya, maka beasiswa ini lebih mengutamakan murid-murid yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk membiayai pendidikannya.

    Beasiswa kurang mampu biasanya diberikan dengan seleksi terlebih dahulu. Penghasilan orangtua atau kondisi ekonomi keluarga merupakan bahan pertimbangan bagi para penyeleksi. Untuk mendaftar beasiswa kurang mampu, pelajar diwajibkan menyertakan surat keterangan tidak mampu dari pihak berwenang seperti lurah atau kepala desa.

Jenis Beasiswa Berdasarkan Pendanaan

jenis-jenis beasiswa

Berdasarkan pendanaannya, beasiswa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
  1. Beasiswa Penuh (Full Scholarship)
    Beasiswa penuh merupakan beasiswa yang mendanai kebutuhan akademik pelajar secara utuh mulai dari biaya pendidikan, akomomasi, biaya hidup, biaya asuransi, biaya penelitian, tiket perjalanan dan sebagainya. Beberapa beasiswa penuh juga memberikan pendanaan bantuan bagi keluarga tanggungan penerima beasiswa jika penerima memang sudah berkeluarga.

  2. Beasiswa Setengah Penuh (Partial Scholarship)
    Beasiswa sebagian merupakan beasiswa yang mendanai beberapa kebutuhan akademik pelajar dalam selang waktu tertentu selama menjalani masa pendidikan. Beasiswa parsial hanya menanggung biaya tertentu seperti biaya pendidikan, akomodasi, dan perjalanan, sementara biaya hidup tidak termasuk dalam pendanaan beasiswa tersebut.

Jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber

Sumber beasiswa adalah mereka yang memberikan dana bantuan atau disebut juga sebagai sponsor atau penyelenggara. Berdasarkan sumbernya, beasiswa dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
  1. Beasiswa Pemerintah (Government Scholarship)
    Government scholarship merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh departemen atau lembaga pemerintahan. Beasiswa yang berasal dari pemerintah biasanya meliputi beasiswa prestasi dan beasiswa kurang mampu. Beasiswa pemerintah merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka meratakan pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia.

  2. Beasiswa Swasta (Private Scholarship)
    Beasiswa swasta merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh departemen atau lembaga swasta. Program beasiswa ini biasanya merupakan salah satu program kepedulian sosial yang ditunjukkan oleh perusahaan-perusahaan swasta sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia.

  3. Beasiswa Yayasan atau Organisasi
    Beasiswa yayasan merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh yayasan, organisasi, atau komunitas tertentu yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. Beasiswa ini biasanya ditawarkan oleh yayasan tertentu yang bergerak di bidang keuangan, keagamaan, organisasi sosial, dan sebagainya.

  4. Beasiswa Negara Maju
    Selain dari pemerintah, beasiswa juga datang dari negara maju yang bekerja sama dengan Indonesia. Beasiswa ini biasanya diberikan sebagai upaya untuk memelihara hubungan antar negara sehingga menjadi lebih efektif dan kondusif.

  5. Beasiswa Kerja Sama Daerah Industri
    Beasiswa kerja sama daerah industri (KSDI) merupakan program beasiswa khusus yang dipelopori oleh pemerintah kabupaten atau provinsi yang bekerja sama dengan universitas tertentu dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerahnya. Lulusan pelajar penerima beasiswa KSDI biasanya harus bekerja dan mengabdi untuk membangun daerah asalnya.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements