Alasan Mengapa Blog Menjadi Begitu Populer di Dunia

Posted by on 2016-01-10 - 12:39 PM

Mengapa blog begitu populer di dunia internet? Pernahkah anda berfikir dalam hati mengapa ada begitu banyak blog pribadi yang terus bermunculan? Dari setiap kegiatan pencarian di mesin pencari, pasti selalu ada blog pribadi dalam hasil penelusurannya. Tak jarang, beberapa blog mendominasi hasil pencarian di halaman pertama mengalahkan website lain yang dikelolah oleh tim propfesional. Hal ini menunjukkan bahwa blog kian menjamur dan merambah berbagai niche yang menjawab kebutuhan informasi pengguna internet.

Sejarah Perkembangan Blog

Blog berasal dari kata weblog yang merupakan singkatan dari logging the web yang dapat diartikan sebagai kegiatan memasuki web. Blog berisi tulisan-tulisan yang disebut sebagai posting atau konten yang umumnya dimuat dalam urut terbalik.

Dengan kata lain, postingan terbaru akan berada di atas postingan yang lama. Pembaca akan diarahkan kepada konten-konten terbaru di dalam blog dan mereka dapat mengakses informasi sesuai dengan topik tertentu.

Pada mulanya, sebelum kegiatan blogging menjadi perbincangan yang hangat, komunitas digital menggunakan beberapa layanan terdahulu seperti Genie, BiX, Usenet dan sebagainya dengan layanan yang sederhana. Pada awal 90-an, perkembangan teknologi menghasilkan pelayanan yang lebih baik.

Justin Hall, seorang berkewarganegaraan Amerika diklaim sebagai orang yang pertama kali melakukan kegiatan blogging. Lewat web pribadi miliknya, Justin berbagi informasi tentang kesehariannya. Karena web Justin bersifat personal, web tersebut disebut-sebut sebagai cikal bakal kemunculan blog.

Sebelum istilah blog digunakan, para blogger pada tahun 1997 disebut sebagai zine. Kemudian pada 17 desember 1997, Jorn Barger menciptakan istilah weblog. Istilah weblog kemudian diperpendek menjadi blog oleh Peter Merholz.

Selanjutnya, Evan Williams di Pyra Labs menggunakan blog, blogging, dan blogger sebagai kata benda, kata kerja, dan pelaku. Ketiga kata itulah yang akhirnya menjadi kata yang umum digunakan untuk mengungkapkan kegiatan menulis, memposting hasil tulisan dan mengelola blog.

Pyra Labs merupakan perusahaan yang pertama kali mempopulerkan media blog dan meluncurkan blogger pada 23 agustus 1999. Pada akhir tahun 2002, Pyra Labs diakuisi oleh Google dan semenjak itu banyak aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukkan untuk perkembangan penulis blog.

Seiring dengan waktu, Google terus berusaha meningkatkan pelayanan dengan menambahkan fitur-fitur pendukung demi kenyamanan pengguna. Saat ini banyak platform pembuatan blog yang dapat digunakan secara gratis. Kehadiran platform-platform tersebut memicu pertumbuhan blog yang kian menjamur.

Read more : Perbandingan Antara Blogspot dan Wordpress.

Mengapa Blog Kian Populer?

Alasan Mengapa Blog Menjadi Begitu Populer di Dunia

Seiring dengan perkembangan teknologi, blog terus bertumbuh dan menjadi sangat populer. Fungsi blog pun kian bergeser dari sekedar diary onine yang bersifat personal menjadi sebuah media yang menyediakan berbagai infromasi yang menjawab kebutuhan pembaca.

Perkembangan blog yang luar biasa itu tentu tidak muncul begitu saja. Pasti ada penyebab mengapa blog begitu digemari oleh pengguna internet. Berikut beberapa alasan mengapa blog menjadi sangat populer :
  1. Banyaknya Penyedia Blog Gratis
    Kehadiran penyedia blog gratis seperti Blogger, Wordpress, Blogdetik, Tumblr, Livejournal dan sebagainya menjadi salah satu penyebab mengapa blog menjadi begitu populer. Harus diakui, sesuatu yang gratis memang menjadi hal yang disukai oleh kebanyakan orang.

    Seandainya tidak ada penyedia blog gratis dan para blogger harus membeli hosting dan domain, tentu blog tidak akan berkembang seperti saat ini. Pasti hanya segelincir orang saja (blogger profesional) yang mau mengambil resiko mengeluarkan uang untuk membuat blog.

    Meski gratis, para penyedia blog juga memberikan pelayanan yang premium sehingga mendukung penggunanya untuk mengolah blog secara optimal. Penggunaan yang mudah dipahami juga memicu banyak pengguna internet yang tertarik untuk mencoba.   

  2. Blog Gratis Lebih Mudah Untuk Digunakan
    Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, semua pengguna internet dapat membuat blog tanpa harus menguasai pemahaman tentang server, kode HTML, CSS, javascript, dan sebagainya. Pengguna dapat dengan mudah mendesain blog mereka dengan memanfaatkan atau memodifikasi template yang disediakan.

    Tampilan tatap muka yang sederhana juga memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengolah blog. Selain itu, penyedia blog gratis juga menyediakan berbagai fitur yang mudah digunakan untuk membantu pengguna mengembangkan blog secara otpimal.

  3. Blog Menjadi Media Menyalurkan Gagasan
    Setiap orang mempunyai ide atau gagasannya masing-masing. Kehadiran blog membuka peluang bagi semua orang untuk menyampaikan ide atau gagasan mereka ke dalam bentuk tulisan. Hal itu juga dipicu oleh perkembangan internet.

    Pada umumnya, blogger akan memperoleh kepuasan tersendiri ketika mereka mampu menyalurkan ide atau gagasan mereka kepada banyak orang terlebih jika gagasan tersebut mendapat apresiasi positif dari pembaca yang datang.

    Seiring dengan bergesernya popularitas buku konvensional ke bentuk online, banyak orang yang memilih untuk berbagi informasi lewat internet. Kebiasaan ini kemudian menjadi tren dan hobi baru di kalangan pengguna internet.

  4. Blog Mendukung Kegiatan Interaktif
    Blog menjadi kian populer dan banyak disukai oleh pembaca karena sebagian besar blog mendukung kegiatan interaktif antara penulis dan pembaca. Pembaca dapat menyampaikan pertanyaan atau komentar melalui kolom komentar yang tersedia.

    Pemilik blog dapat menanggapi pertanyaan atau komentar yang mereka terima sehingga terjadi interaksi berupa percakapan melalui kolom komentar. Selain itu, interaksi juga dapat terjadi melalui akun media sosial pemilik blog.

    Interaksi tersebut pada akhirnya menumbuhkan rasa petemanan dan kepercayaan. Pembaca dan pemilik blog dapat saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Pada akhirnya banyak pembaca yang mempercayai blog sebagai salah satu sumber informasi bagi mereka.

  5. Adanya Komunitas Yang Mendukung
    Seiring dengan pertumbuhan blog, maka lahirlah komunitas-komunitas tertentu yang dibentuk atas dasar kesamaan keperluan. Komunitas-komunitas ini selanjuntya membahas dan mendisukiskan topik-topik tertentu temasuk blog.

    Melaui komunitas tersebut, para blogger saling bertukar informasi dan pengetahuan tentang blog sehingga secara tidak langsung memicu minat pengguna internet lainnya untuk membuat blog. Melalui komunitas, para blogger juga memperoleh tips mengolah blog atau solusi atas permasalahan yang seang mereka hadapi.

  6. Blog Menyajikan Informasi Bermanfaat
    Blog dapat berkembang dan menjadi populer tentu karena ada pengunjung atau pembaca yang menggunakan blog sebagai media untuk menemukan informasi. Berkat pengunjunglah para blogger terus terpacu untuk membagikan informasi-informasi terbaru.

    Kepercayaan pengunjung selaku pencari infromasi terhadap informasi yang ditampilkan di dalam suatu blog tentu didasari pada nilai guna konten yang disajikan. Saat ini banyak blog menyajikan informasi yang bermanfaat yang mampu memberikan solusi kepada pembaca.

    Blog mencakup informasi yang luas dari berbagai topik permasalahan mulai dari topik sederhana hingga topik yang serius. Informasi yang beragam ini seringkali menjawab pertanyaan atau menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi pengunjung.

  7. Blog Dapat Dimonetisasi
    Menjamurnya pengguna blog di dunia juga dipicu oleh adanya manfaat yang diberikan blog bagi pemiliknya. Tak hanya menjadi media untuk menyalurkan ide atau gagasan, blog juga dapat menjadi sumber pemasukan bagi pemiliknya.

    Dewasa ini banyak blogger yang membuat blog untuk menghasilkan uang. Hal ini juga didukung oleh ketersediaan beberapa metode monetisasi yang dapat diterapkan pemilik blog seperti program afiliasi, publisher iklan, kolom iklan mandiri, dan sebagainya.

Read more : Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Pribadi.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements