Cara Bijak Menentukan Niche Blog Agar Penghasilan Maksimal

Posted by on 2016-01-10 - 9:30 PM

Bagaimana cara menentukan topik yang paling tepat untuk blog anda? Apa saja yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih niche blog? Pertanyaan seperti ini seharusnya ada dalam benak kita sebelum memutuskan untuk membuat blog. Memilih niche atau topik blog merupakan hal penting yang harus kita fikirkan matang-matang. Banyak blogger yang berhasil mengolah blog niche dan menghasilkan penghasilan yang optimal, tapi tidak sedikit pula yang berhasil mengolah blog gado-gado dan menghasilkan penghasilan yang sama besarnya. Jika demikian, mana yang lebih bagus? Blog niche atau blog gado-gado?

Blog Niche Versus Blog Gado-gado

Blog niche merupakan jenis blog yang fokus pada satu topik tertentu. Blog dengan niche spesifik hanya mengulas informasi mengenai topik tersebut dan mengarah ke suatu pasar tertentu. Jadi dengan kata lain, blog niche hanya membahas satu topik saja.

Berbeda dengan blog niche yang fokus pada satu topik tertentu, blog gado-gado justru membahas beberapa topik yang beragam. Memanfaatkan navigasi dan pengolahan kategori, blog gado-gado mencoba menyampaikan berbagai informasi yang mampu mereka bagikan.

Sebenarnya, jenis blog mana yang lebih unggul tergantung pada pribadi masing-masing. Seorang blogger mungkin akan sukses mengolah blog niche karena dia memiliki pengetahuan yang cukup tentang topik yang ia pilih. Tapi akan berbeda hasilnya ketika seorang blogger yang memilih blog niche tidak memiliki pengetahuan yang cukup.

Ketika seorang blogger memaksakan diri untuk memilih niche tertentu dalam rangka membidik suatu pasar dan memperbesar peluang memperoleh penghasilan, ia tidak akan berhasil jika ia tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang topik tersebut.

Karena pengetahuannya terbatas, pada akhirnya ia merasa tertekan dan kesulitan dalam mengembangkan blognya. Pada periode ini sang blogger tidak tahu harus menulis apa lagi tentang topik tersebut. Jika hal semacam ini terjadi, tentu sang blogger telah melakukan kesalahan dalam pemilihan niche.

Di sisi lain, blogger yang memutuskan untuk mengembangkan blog gado-gado mempunyai beberapa topik alternatif dalam menulis artikel. Artinya, ketika ia tidak punya ide tentang topik yang satu ia masih bisa menulis artikel tentang topik lainnya.

Karena memiliki pilihan yang cukup beragam dalam hal topik, sang blogger cenderung lebih mudah mengolah blog dan bisa lebih konsisten dalam menulis artikel. Akan tetapi, blog gado-gado seringkali memperkecil peluang dalam memperoleh penghasilan karena tidak fokus pada satu pasar.

Uraian di atas hanya gambaran umum tentang blog niche dan blog gado-gado. Untuk lebih detailnya, berikut kami sajikan keunggulan dan kekurangan dari masing-masing jenis blog tersebut.

Read more : Jenis-jenis Blog Yang Perlu Anda Ketahui.

Kelebihaan dan Kekurangan Blog Niche

Kelebihan blog niche :
  1. Lebih SEO friendly
    Blog niche umumnya lebih SEO friendly karena blog dengan satu niche lebih disukai mesin pencari. Blog niche lebih cepat diindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya karena mempunyai queri yang sangat relevan dengan pencarian user.

    Pada blog niche, setiap artikelnya saling terkait dan relevan dengan artikel yang lain sehingga lebih tertarget. Ketepatan dan relevansi artikel dalam topik tertentu akan sangat memudahkan dalam hal indeks sehingga blog niche cendeung lebih mapan dalam urusan SERP.

  2. Lebih Disukai Advertiser
    Jika blogger memilih niche yang potensial dalam hal monetisasi, maka blog niche tersebut akan sangat disukai oleh advertiser karena lebih fokus pada satu pasar. Hal ini akan memberikan penghasilan yang optimal bagi pemilik blog.

    Karena fokus pada satu topik, trafik pengunjung yang masuk pada blog niche sangat potensial untuk mempromosikan produk yang relevan dengan topik blog tersebut. Dengan demikian pemasaran jadi lebih tertarget dan peluang terjadinya transaksi lebih besar.

Kekurangan blog niche :
  1. Sulit Dikembangkan
    Salah satu kendala dalam mengembangkan blog satu niche adalah keterbatasan pengetahuan atau ide. Pemilik blog niche akan cenderung mengalami kesulitan dalam menemukan ide untuk menulis artikel. Hal inilah menyebabkan blog niche cenderung sulit berkembang.

  2. Relatif Tidak Terurus
    Karena ide dan topik yang terbatas, pemilik blog akan cenderung sulit mempertahankan konsistensi dalam menulis artikel. Hal ini menyebabkan artikel tidak diperbaharui secara berkala dan blog pun terlihat tidak terurus.

Read more : Daftar Niche Blog Yang Ramai Pengunjung.

Kelebihaan dan Kekurangan Blog Gado-gado

Kelebihan blog gado-gado :
  1. Lebih Mudah Dikembangkan
    Karena tidak fokus pada satu topik, blogger akan lebih mudah dalam menemukan ide. Ketika bosan atau buntuh dengan topik tertentu, mereka masih bisa menulis tentang topik lain. Karena menulis berbagai topik, blogger memiliki lebih banyak alternatif dalam menulis artikel.

    Kemudahan dalam menemukan ide untuk menulis menjadi salah satu alasan mengapa blog gado-gado cenderung lebih mudah dikembangkan. Jika sang blogger senantiasa bisa menemukan ide, maka ia bisa menulis artikel secara rutin sehingga blog selalu menyajikan infromasi baru.

  2. Sasaran Pengunjung Lebih Luas
    Berbeda dengan blog niche yang membidik pasar tertentu yang lebih spesifik, blog gado-gado tidak membatasi cakupan pengunjungnya. Pengunjung bisa datang dari kalangan apa saja yang sesuai dengan topik-topik yang ada di blog sehingga sasarannya lebih luas.

    Jika sang blogger mampu mengkombinasikan berbagai topik populer dan menyajikan konten yang berkualitas tentang topik-topik tersebut, maka blog gado-gado memberikan peluang lebih besar untuk mendatangkan pengunjung. Trafik yang bagus pada akhirnya akan memberikan keuntungan kepada pemilik blog dalam hal monetisasi blog.

Kekurangan blog gado-gado :
  1. Kurang SEO Friendly
    Niche atau topik merupakan acuan yang menjadi prinsip dasar dalam menentukan peringkat hasil pencarian di berbagai mesin pencarian. Karena blog gado-gado memiliki banyak topik, maka blog tersebut kurang disukai oleh mesin pencari.

    Pada blog gado-gado, terdapat beberapa artikel dengan topik yang tidak saling terkait dan tidak relevan satu dengan lainnya sehingga kurang friendly dalam hal SEO. Karena isinya beragam, akan cenderung sulit menentukan tema utama blog ketika submit ke situs direktori.

  2. Monetisasi Kurang Optimal
    Meskipun dapat mendatangkan pengunjung lebih banyak daripada blog satu niche, tetapi blog gado-gado kurang optimal dalam hal monetisasi. Hal ini terjadi karena pengunjung blog gado-gado tidak tefokus pada satu pasar sehingga pengunjung yang datang kurang berpotensi memberikan pemasukan.

Read more : Strategi Meningkatkan Penghasilan Melalui Blog Gado-gado.

Cara Memilih Niche Blog Yang Paling Tepat

cara menentukan niche yang tepat untuk blog

Kita sudah membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari blog niche dan blog gado-gado. Dari pembahasan itu, tentu anda sudah bisa melihat masing-masing pleuangnya. Berikut beberapa cara menentukan niche blog yang paling tepat sesuai dengan minat dan kemampuan anda :
  1. Apa Tujuan Anda Blogging?
    Sebelum menentukan niche blog, ada baiknya jika anda menentukan apa tujuan anda. Jika tujuan anda hanya untuk mengisi waktu luang dan berbagi informasi, maka pilihlah topik yang sesuai dengan passion anda. Tidak penting apakah blog tersebut satu niche atau gado-gado karena fokus anda bukanlah monetisasi.

    Jika tujuan anda adalah menghasilkan uang lewat blog, maka anda harus memikirkan metode monetisasi apa yang akan anda gunakan. Pada dasarnya anda dapat menggunakan beberapa metode monetisasi tapi cobalah targetkan satu metode yang paling anda sukai agar lebih terarah.

    Setelah anda memilih metode monetisasi yang akan anda gunakan, carilah informasi mengenai topik-topik apa saja yang potensial untuk metode tersebut. Jika anda memilih program afiliasi sebagai metode monetisasi, maka pilihlah produk tertentu dan sesuaikan niche blog anda dengan produk yang akan anda tawarkan.

    Sebenarnya, metode monetisasi bisa saja difikirkan setelah blog berkembang dan memang banyak blogger yang melakukan hal tersebut. Akan tetapi, tentu akan lebih optimal jika sejak awal anda sudah tahu apa tujuan anda sehingga anda sudah tahu cara apa yang akan anda tempuh. 

  2. Topik Apa Yang Palinng Anda Minati?
    Cara paling mudah untuk memilih niche blog adalah dengan melihat hal-hal yang paling kita minati. Jika anda memilih topik yang anda sukai biasanya akan lebih mudah untuk mengembangkannya. Akan tetapi, minat tentu harus dibarengi dengan pengetahuan yang cukup. Fikirkan matang-matang apakah anda benar-benar menguasai topik tersebut.

    Mengenai jenis blog yang paling cocok, jika anda memang mempunyai bakat dan pengetahuan di bidang tertentu yang lebih spesifik, maka buatlah blog dengan satu niche yaitu yang hanya fokus pada satu topik saja.

    Tapi perlu anda ingat bahwa tidak semua topik potensial untuk monetisasi. Jadi, cara yang paling ideal adalah tentukan beberapa niche terkait produk atau metode monetisasi yang anda gunakan, selanjutnya pilih satu niche yang paling anda minati dan anda kuasai.

    Jika anda tidak mempunyai pengetauan yang cukup di satu bidang yang spesifik, maka blog gado-gado merupakan pilihan yang lebih bijak. Tapi, perlu juga anda ingat bahwa untuk mengoptimalkan penghasilan, anda juga harus fokus pada topik-topik yang potensial.

  3. Apakah Topik Tersebut Disukai Orang Lain?
    Memilih topik yang anda sukai dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang topik tersebut bukan jaminan anda akan berhasil. Oleh karena itu, sebelum memutuskan pilihan, anda juga harus memikirkan apakah topik tersebut merupakan topik yang disukai orang lain atau tidak.

    Dengan kata lain, cobalah untuk mencari topik yang populer di kalangan pengguna internet. Tentu tidak akan ada gunanya memilih topik yang kita minati jika topik tersebut tidak digemari oleh pembaca. Bagaimanapun, kita membutuhkan trafik pengunjung yang memadai agar blog dapat dimonetisasi.

  4. Dapatkah Niche Tersebut Menghasilkan Uang?
    Perlu anda ingat bahwa tidak semua niche blog dapat digunakan untuk keperluan monetisasi. Jika tujuan anda membuat blog adalah untuk menghasilkan uang, maka anda harus mempertimbangkan topik-topik yang potensial sesuai dengan metode monetisasi yang ingin anda gunakan.

Read more : Niche Blog Yang Sesuai Untuk Google Adsense.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements