Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Pribadi Tanpa Modal

Posted by on 2016-01-04 - 6:48 PM

Kamu hobi menulis? Suka menulis artikel di blog? Pengen hobi itu menghasilkan uang buat kamu? Ini nih beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang sudah dibuktikan oleh ratusan blogger di Indonesia. Cara untuk menghasilkan uang dari blog sering juga disebut sebagai monetisasi blog. Ada banyak cara yang dapat dilakukan baik dengan cara mandiri atau dengan melibatkan pihak ketiga. Sebelum membahas hal itu lebih jauh, ada baiknya kita membahasa keuntungan dan manfaat mempunyai blog pribadi.

Tujuan dan Manfaat Blogging

Blogging merupakan kegiatan menyalurkan gagasan atau ide dalam bentuk tulisan, gambar, atau video di internet melalui sebuah situs atau blog. Kegiatan blogging dapat dilakukan jika kita memiliki sebuah situs atau blog baik yang kita buat secara gratis atau secara berbayar.

Jika kamu perhatikan, ketika mencari informasi di internet dan mengklik sebuah link, maka kita akan diarahkan ke sebuah halaman situs yang menyajikan informasi yang kita cari. Tak jarang kita mengunjungi sebuah blog pribadi yang berplatform blogger atau wordpress.

Secara umum, blogging ditujukan untuk berbagi informasi kepada semua orang sehingga memberi manfaat kepada pembaca. Sebagian besar informasi yang kita temukan di internet bersumber dari sebuah blog atau situs. Secara khusus, kegiatan blogging dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para blogger.

Bagi mereka yang melakukan blogging sekedar untuk menyalurkan hobi menulis atau berbagi gagasan, kegiatan blogging tentu memberikan kepuasan tersendiri apalagi jika banyak pembaca yang memperoleh manfaat dari informasi atau gagasan yang mereka sampaikan.

Manfaat lain yang menjadi alasan serta motivasi bagi sebagian besar blogger adalah blog atau situs pribadi dapat dimonetisasi sehingga dapat memberikan tambahan penghasilan. Banyak blogger profesional yang menjadikan blog sebagai salah satu alternatif untuk berbisnis secara online.

Buat kamu yang hobi nulis dn punya bakat menyampaikan gagasan dalam bentuk tulisan, sudah waktunya untuk melihat peluang di balik hobi tersebut. Sudah waktunya untuk serius mengembangkan hobi menjadi sesuatu yang menghasilkan uang daripada cuma kepo di media sosial.

Read more : Mengenal Jenis Blog Yang Dapat Menghasilkan Uang.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

cara menghasilkan uang dari blog

Membuat blog bisa dibilang kegiatan yang mudah. Semua orang pasti bisa membuatnya karena ada banyak platform blog yang bisa digunakan secara gratis layaknya media sosial. Akan tetapi, bukanlah hal yang mudah untuk menghasilkan uang dari blog tersebut karena dibutuhkan kerja keras dan kesabaran.

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan salah satunya adalah strategi. Agar dapat dimonetisasi, kita tidak bisa membuat blog begitu saja. Kita harus memikirkan strategi agar blog dapat berkembang. Selain itu kita harus mempertimbangkan faktor-faktor lain yang menentukan keberhasilan seorang blogger.

Kunci utama dalam mengembangkan blog adalah ketekunan dan kesabaran. Agar dapat berkembang dengan cepat, kita harus konsisten dalam menulis artikel dan mengutamakan kualitas konten. Apapun niche yang kita pilih, kualitas konten merupakan poin penting yang harus selalu kita perhatikan. Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur kualitas konten adalah originalitas atau keaslian.

Selain originalitas, ada banyak hal lainnya yang harus kita perhatikan agar blog yang kita buat dapat berkembang dan dapat dimonetisasi. Untuk itu, sebagai pemula, ada baiknya kita senantiasa belajar dan mencari infromasi tentang metode mengembangkan blog. Belajarlah dari pengalaman para blogger profesional yang sudah berhasil mengembangkan blog mereka.

Jika kita sudah berhasil membangun blog dan mempunyai kualitas yang baik dari segi trafik dan SEO, maka akan lebih mudah untuk menghasilkan uang. Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang dapat kamu coba :
  1. Mengikuti Affiliate Marketing
  2. Menjadi Publisher Google Adsense
  3. Menawarkan Jasa Pasang Iklan
  4. Menulis Artikel Review Produk
  5. Menawarkan Jasa atau Produk Pribadi
  6. Menjual Blog

Read more : Strategi Mengembangkan Blog Agar Menghasilkan Uang.

Mengikuti Affiliate Marketing

Salah satu cara menghasilkan uang di blog yang banyak dilakukan para blogger adalah mengikuti program afiliasi. Program afiliasi adalah program yang memberikan komisi atau imbalan kepada kita jika berhasil mereferensikan seseorang yang kemudian melakukan tindakan yang memberi keuntungan bagi penyelenggara program afiliasi.

Dengan kata lain, jika ada orang yang mengklik link atau banner promosi yang kita pasang di blog kita, kemudian melakukan transaksi jual beli di website merchant tersebut, maka kita akan memperoleh komisi. Setiap pembelian yang dilakukan oleh pembeli melalui link yang kita pasang disebut sebagai konversi. Konversi ini akan menjadi faktor pengali dalam penentuan komisi yang kita terima.  

Bergabung dengan sebuah program afiliasi bisa dibilang mudah karena syarat-syaratnya tidak terlalu ribet. Hal penting yang harus kita perhatikan adalah menyesuaikan topik blog yang kita bangun dengan program afiliasi yang akan kita ikuti. Jadi, ada baiknya sebelum membangun blog, kita sesuaikan niche blog dengan metode monetisasi yang mungkin kita gunakan.

Penyesuaian antara niche atau topik blog dengan produk afiliasi yang akan kita tawarkan perlu dilakukan agar pembaca yang mengunjungi blog kita adalah orang-orang yang berpotensi untuk mengklik link atau banner yang kita pasang karena sesuai dengan informasi yang mereka butuhkan.

Ketika kita ingin membangun sebuah blog untuk mengikuti program afiliasi tertentu, maka ada baiknya jika kita melakukan riset lebih dahulu mencakup produk apa yang akan kita jual, keyword apa yang dapat menunjang SEO blog, dan bagaimana strategi membangun kontennya.

Read more : Cara Sukses Mengikuti Program Afiliasi.

Menjadi Publisher Google Adsense

Google adsense merupakan salah satu produk Google yang banyak digemari oleh para blogger untuk memonetisasi blog mereka. Meski terbilang sulit dan banyak peraturan yang harus ditaati, namun banyak blogger lebih memilih google adsense daripada program iklan lainnya.

Google adsense adalah program PPC yang paling banyak diikuti oleh blogger di seluruh dunia. Di Indonesia, Google adsense semakin diminati semenjak program ini mendukung bahasa Indonesia. Konsep menghasilkan uang dari google adsense cukup sederhana yaitu kita memasang iklan adsense di blog dan menerima bayaran berdasarkan nilai klik iklan yang kita peroleh.

Untuk menjadi publisher google adsense, kita harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan oleh google. Salah satu syarat yang harus kita penuhi adalah blog kita harus memiliki trafik yang cukup besar sehingga berpeluang memberikan pemasukan baik bagi adsense dan untuk kita sendiri. Kita akan memperoleh penghasilan dari setiap klik valid iklan adsense yang terpasang di blog kita.

Banyak blogger profesional yang mengatakan bahwa kejujuran adalah kunci utama keberhasilan dalam menjadi publisher adsense. Jangan pernah mengklik iklan kita sendiri atau melakukan trik-trik curang untuk meningkatkan penghasilan adsense. Lakukan saja dengan jujur dan biarkan kualitas yang berbicara.

Untuk meningkatkan penghasilan, yang harus kita lakukan adalah secara konsisten menampilkan konten-konten berkualitas dan original. Selain itu, fokuslah pada satu topik yang mengandung keyword-keyword iklan berbayar tinggi karena google adsense merupakan program iklan berbasis konten yang berusaha menampilkan iklan yang relevan dengan konten blog.

Read more : Cara Menghasilkan Uang Dari Google Adsense.

Menawarkan Kolom Iklan

Selain menjadi publisher google adsense, kita juga masih bisa menjadi publisher iklan secara langsung tanpa perantara pihak ketiga yaitu dengan cara menawarkan jasa pasang iklan layaknya surat kabar. Untuk menawarkan jasa pasang iklan, kita bisa menyediakan kolom khusus untuk memasang iklan dan dengan menambahkan navigasi khusus untuk tata cara memasang iklan.

Kamu mungkin pernah mengunjungi sebuah blog yang pada bagian sidebarnya tersedia kolom untuk memasang iklan. Berikut salah satu blog yang menawarkan pemasangan iklan secara langsung.
cara menghasilkan uang dari blog
Untuk menarik minat pengiklan, kita harus menjaga kualitas blog kita. Jika blog kita memiliki trafik tinggi (banyak pengunjung), maka kita akan lebih berpeluang mendapatkan pengiklan yang potensial. Harga yang akan kita peroleh untuk kolom iklan yang kita sediakan bervariasi yang disesuaikan dengan ukuran, format iklan, dan negosiasi antara kedua pihak.

Berbeda dengan google adsense yang memberi bayaran berdasarkan jumlah klik iklan yang kita peroleh, dengan kolom iklan mandiri kita akan menerima pembayaran secara langsung sesuai dengan penyewaan. Biasanya biaya pemasangan iklan berkisar antara Rp 500.000,00 hingga 1.500.000 untuk setiap spot iklan setiap bulannya.

Read more : Cara Membuat Jasa Pasang Iklan di Blog.

Menulis Artikel Review Produk

Jika anda mempunyai keahlian menulis dan mampu mengembagkan suatu ide menjadi beberapa paragraf untuk mendeskripsikan suatu benda atau produk, maka anda bisa memanfaatkan kemampuan itu untuk menjadi seorang penulis profesional dan menulis review suatu produk dari perusahaan tertentu.

Di era teknologi seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang membayar seorang blogger untuk mereview produk mereka sebagai salah satu cara untuk mempromosikan bisnis mereka. Cara seperti ini memang cukup optimal untuk mempromosikan produk dan mengembangkan bisnis karena pembaca dapat mengetahui informasi lengkap seputar produk yang ditawarkan.

Kegiatan menulis artikel berupa review produk dan menerima bayaran untuk artikel tersebut dikenal dengan istilah paid for review. Setiap artikel review yang kita buat akan dihargai dengan harga yang bervariasi tergantung kualitas artikel atau ssuai dengan negosiasi. Secara umum, artikel review bisa dihargai Rp 300.000,00 hingga Rp 500.000,00 atau lebih.

Agar menghasilkan uang dari artikel review, tentu kita harus mencari advertiser atau perusahaan yang mau membayar kita untuk mereview bisnis mereka. Selain itu, tentu kita harus membangun kualitas blog dan kemampuan menulis kita untuk menarik minat mereka. Blogger profesional yang sudah dikenal mereview produk, biasanya tidak akan kesulitan mencari advertiser karena advertiserlah yang akan menghubungi mereka.

Read more : Cara Menghasilkan Uang Sebagai Penulis Lepas Online.

Menjual Produk Pribadi

Jika anda mempunyai hobi atau bakat yang komersil, maka anda dapat memanfaatkan blog anda untuk menjual jasa atau produk sesuai dengan hobi dan bakat anda. Saat ini, banyak para blogger yang menawarkan produk atau jasa kepada pembaca seperti jasa lukis karikatur, ebook tutorial, produk kerajinan tangan dan sebagainya.

Perlu diingat bahwa mereka tidak hanya menjual produk atau jasa tetapi juga membagikan artikel seputar hobi atau informasi yang terkait dengan produknya sebagai konten utama. Jadi, dalam hal strategi ada perbedaannya dengan toko online namun dari segi  tujuan sama yaitu menjual produk.

Memanfaatkan blog untuk menawarkan jasa atau produk pribadi merupakan cara bijak untuk menghasilkan uang. Apalagi, jika blog anda sudah mempunyai alexa rank dan trafikk yang bagus. Logikanya, semakin banyak pengunjung blog maka semakin besar peluang produk anda terjual.

Strategi yang paling mudah untuk menawarkan produk atau jasa di blog pribadi adalah dengan menyediakan navigasi khusus yang mengarahkan pembaca ke suatu halamn yang berisi produk kita. Selain itu, kita juga dapat mengaitkan link baik berupa gambar atau tulisan ke semua artikel yang berhubungan dengan produk kita.

Read more : Cara Menjual Produk Pribadi di Blog.

Menjual Blog

Cara terakhir yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan uang adalah dengan cara menjual blog. Menjual blog merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh blogger profesional di luar negeri. Mereka sengaja membuat banyak blog dan mengembangkannya untuk kemudian dijual kepada pihak yang tertarik.

Blog yang berkualitas dalam hal SEO dan mempunyai trafik yang tinggi akan cenderung lebih mudah untuk dijual. Karena membangun blog adalah pekerjaan yang sulit, maka tidak heran jika ada yang mau membayar mahal untuk membeli blog yang sudah berkualitas dan mempunyai alexa rank yang ramping.

Sebagai blogger pemula yang sudah bersusah payah mengurus blog tentu cara ini merupakan pilihan yang cukup sulit terlebih jika blog yang kita bangun berpeluang besar untuk sukses. Akan tetapi, jika kita sudah tidak mempunyai waktu dan sudah tidak optimal dalam memantain blog, akan lebih baik jika kita menjualnya dan menggunakan uang hasil penjualan untuk mengembangkan bisnis yang lain.

Untuk menjual blog, kita membutuhkan jaringan seperti broker atau perantara yang akan membantu kita mencari calon pembeli yang paling potensial. Kita juga dapat menggunakan situs-situs yang khusus menyediakan layanan jual beli situs atau blog.

Salah satu faktor yang dijadikan patokan dalam penentu harga jual blog adalah alexa rank yang menggambarkan jumlah trafik secara umum. Berikut patokan harga jual blog berbahasa Indonesia dengan platform blogspot secara umum :
  1. Alexa rank 750.000 - 500.000 : ± Rp 1 juta
  2. Alexa rank 500.000 - 250.000 : ± Rp 2 juta
  3. Alexa rank 250.000 - 100.000 : ± Rp 3 juta
  4. Alexa rank 100.000 - 50.000 : ± Rp 5 juta
  5. Alexa rank 50.000 - 25.000 : ± Rp 7,5 juta
  6. Alexa rank 25.000 - 15.000 : ± Rp 10 juta
  7. Alexa rank 15.000 - 10.000 : ± Rp 20 juta
  8. Alexa rank 10.000 - 5.000 : ± Rp 35 juta
  9. Alexa rank 5.000 - 2.500 : ± Rp 50 juta

Read more : Cara Meningkatkan Alexa Rank Blog.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements