Cara Menghasilkan Uang Dari Survey Online

Posted by on 2016-01-06 - 2:04 PM

Bagaimana cara menghasilkan uang dari survey online? Benarkah kita akan dibayar untuk survey yang kita ikuti? Apa tujuan mereka melakukan survey dan bagaimana cara mereka membayar peserta yang mengikuti survey? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mungkin terlintas dalam fikiran kita ketika mendengar informasi tentang survey online. Sebagai orang yang masih asing dengan survey online, tentu kita merasa penasaran bagaimana cara kerja survey online tersebut. Pada kesempatan ini, kita akan membahasa cara menghasilkan uang dengan mengikuti survey online.

Tujuan dan Manfaat Survey Online

Survey online merupakan kegiatan survey yang dilakukan secara online oleh suatu perusahaan penyedia survey dengan memanfaatkan pengguna internet yang telah mendaftar. Perkembangan perusahaan penyedia survey didasari oleh perkembangan dunia bisnis dan adanya peluang bisnis dalam bidang survey.

Seperti yang kita tahu, seluruh pelaku bisnis baik individu ataupun perusahaan membutuhkan informasi tertentu terkait bisnis mereka baik informasi mengenai calon pelanggan, informasi pasar, pelayanan dan sebagainya. Perusahaan membutuhkan informasi tersebut untuk mengembangkan bisnis mereka.

Untuk mengembangkan bisnis, suatu perusahaan membutuhkan informasi yang bersumber dari pelanggan untuk mengetahui pendapat konsumen mengenai produk atau jasa yang mereka tawarkan. Mereka juga memanfaatkan survey untuk mengetahui jenis produk yang cocok untuk diluncurkan.

Dari informasi yang diperoleh melalui survey, perusahaan juga dapat mengetahui bagaimana tanggapan konsumen tentang pelayanan mereka. Dengan demikian mereka dapat menilai kinerja perusahaan dan melakukan evaluasi terhadap pelayanan mereka.

Kebutuhan perusahaan untuk mendapatkan informasi memicu lahirnya perusahaan penyedia survey yang memberikan layanan berupa survey sesuai dengan kebutuhan. Perusahaan penyedia survey inilah yang dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Dari ulasan tersebut, maka kita bisa menyimpulkan tujuan dari survey online. Survey online bertujuan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan terkait produk, layanan, dan tanggapan konsumen untuk mengembangkan bisnis.

Tak hanya memberi keuntungan kepada perusahaan, survey online juga memberikan manfaat kepada banyak orang yang terlibat dalam survey. Kehadiran perusahaan penyedia survey online membuka peluang kepada banyak orang untuk memperoleh uang tambahan dengan mengikuti survey.

Bagaimana Cara Kerja Survey Online?

cara menghasilkan uang dari survey online

Sesuai dengan tujuannya, perusahan penyedia survey bekerja dengan cara menyediakan startegi survey terbaik untuk memenuhi kebutuhan klien mereka. Karena survey dilakukan secara online, maka perusahaan survey memiliki suatu website yang digunakan untuk menarik peserta sebanyak-banyaknya.

Pengguna internet yang ingin mengikuti survey akan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui situs penyedia survey. Peserta yang sudah terdaftar akan menerima email berisi survey yang sudah disesuaikan dengan infromasi pribadi yang mereka isi saat mendaftar. Peserta berhak untuk mengikuti survey atau tidak.

Ketika peserta mengisi survey, perusahaan penyedia survey akan mengumpulkan setiap respon yang masuk dan mengumpulkan data. Data yang terkumpul selanjutnya akan dianalisis dengan metode tertentu dan hasil analisis akan dilaporkan kepada pelaku bisnis yang bersangkutan.

Informasi yang dihasilkan dari survey kemudian digunakan oleh pelaku bisnis sebagai indikator untuk mengevaluasi kinerja perusahaan, meningkatkan kualitas produk, dan memperbaiki pelayanan. Pelaku bisnis umumnya memanfaatkan hasil survey untuk menyusun proyek terbaru guna mengembangkan bisnis mereka.

Bagaimana Mendapatkan Uang Dari Survey Online?

Kita sudah membahas bagaimana cara kerja survey online. Lalu, bagaimana kita mendapatkan uang dari survey online? Bagaimana mereka membayar kita? Pada dasarnya menghasilkan uang dari survey online sama dengan pekerjaan lainnya. Kita akan dibayar jika sudah melakukan tugas.

Ketika perusahaan riset melakukan survey untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan klien (pelaku bisnis) dan memberikan informasi yang mereka kumpulkan, maka pelaku bisnis akan membayar perusahaan penyedia survey, kemudian perusahaan riset akan membayar kita sebagai peserta yang mengikuti survey.

Dengan kata lain, penghasilan dari survey online mengalir sesuai tingkatannya. Pelaku bisnis membayar perusahaan riset, perusahaan riset membayar peserta survey. Jadi tidak heran jika perusahaan survey bersedia membayar kita atas survey yang kita isi.

Apakah kita dibayar untuk semua survey yang kita lakukan? Jawabannya, tidak! Tiap kali mengikuti survey dan menjawab pertanyaan yang diajukan, kita akan mendapatkan poin. Jumlah poin yang kita peroleh bergantung pada kualitas jawaban yang kita berikan. Jadi, adakalanya kita berhasil adakalanya gagal. Poin yang kita kumpulkan kemudian dapat ditukarkan dengan uang. Nah, uang inilah yang kita hasilkan dari survey online.  

Bagaimana Cara Mengikuti Survey Online?

Untuk mengiktui survey online dan menerima penghasilan dari survey yang kita ikuti, kita harus mendaftar ke perusahaan riset marketing. Untuk itu kita harus mencari situs perusahaan riset marketing terlebih dahulu. Perlu diingat, kita harus berhati-hati mengikuti survey online karena tidak semua program survey online yang terbukti membayar pesertanya.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mendaftar sebagai peserta survey, carilah infromasi yang cukup tentang situs perusahaan penyedia survey online. Berikut beberapa situs survey online yang sudah banyak dicoba oleh pengguna internet, yaitu SurveyScout, SurveySavvy, GlobalTestMarket, iPanelOnline, Kata Anda, Nusa Research dan sebagainya.

Kunjungilah situs penyedia survey online dan daftarkanlah diri anda. Isi data pribadi yang ada dalam form pendaftaran dengan benar dan pahamilah prinsip kerja dan peraturan yang ditentukan. Cobalah untuk memahami cara kerja dan sistem pembayaran pada situs tersebut agar kita tahu pasti sistemnya.

Setelah mendaftar, kita akan memperoleh undangan survey yang dikirim lewat email. Untuk itu, sering-seringlah memeriksa email. Ikuti survey yang memang dapat anda ikuti. Ikutilah beberapa survey begitu anda mempunyai kesempatan. Semakin banyak survey yang anda ikuti, maka semakin besar pula poin yang anda peroleh.

Cara kerja survey online memang cukup mudah dan sederhana, tapi penghasilan yang dihasilkan dari kegiatan survey relatif kecil. Oleh karena itu, survey online lebih tepat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan daripada perkejaan utama.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements