Cara Menghasilkan Uang Dari Video Youtube

Posted by on 2016-01-05 - 6:19 PM

Punya akun youtube? Ayo upload video dan monetisasi akun youtubemu. Manfaatkan youtube untuk menghasilkan uang dan menambah penghasilanmu. Jika kamu punya keahlian membuat sebuah video yang unik dan kreatif, maka tidak ada salahnya menekuni youtube sebagai media untuk menyalurkan hobi sekaligus mengais rezeki. Jika ditekuni dengan serius, hobi membuat video di youtube bisa jadi lahan bisnis yang menjanjikan loh. Banyak orang yang sukses berkat youtube dan menjadikan hobi mereka membuat video sebagai pekerjaan utama dengan penghasilan jutaan rupiah.

Peluang Usaha di Youtube

Siapa yang tidak tahu youtube? Sebagian besar pengguna internet pasti pernah mengunjungi youtube untuk menonton video musik, menonton video lucu, atau mencari video tuorial. Sebagai media berbagi informasi, youtube memang menjadi salah satu media yang banyak digemari karena menyajikan berbagai informasi dalam bentuk video mulai dari hiburan hingga pendidikan.

Karena berbentuk video, youtube menawarkan konten yang terlihat lebih nyata melalui gerak dan karakter yang ada dalam video tersebut. Hal ini menjadi salah satu kelebihan youtube dibanding situs yang hanya menampilkan konten dalam bentuk gambar dan tulisan seperti blog atau situs umumnya.

Dari segi popularitas, konten yang dishare dalam bentuk video melalui akun youtube cenderung lebih populer dibanding konten yang dishare dalam bentuk artikel melalui blog. Bahkan, jika dilihat dari segi pengunjungnya, satu video youtube bisa mengalahkan ribuan artikel atau ratusan blog yang ada.

Perhatikan saja video-video musik milik penyanyi mancanegara seperti Katy Perry, Taylor Swift, Justin Bieber, One Direction, Miley Cyrus, Nicky Minaj dan lainnya yang mampu menghasilkan jumlah view hingga miliaran kali. Beberapa video bahkan ditonton pulhan juta kali hanya dalam waktu 24 jam.

Bandingkan dengan konten dalam bentuk artikel yang ada di blog. Pageview total suatu halaman blog saja belum tentu lebih besar daripada view sebuah video populer yang diunggah ke youtube. Apa artinya? Itu artinya, konten dalam bentuk video lebih potensial untuk kegiatan monetisasi karena bisa mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang besar.

Akan tetapi, tentu saja harus kita ingat bahwa tidak semua video yang diunggah di youtube menjadi populer. Sebagian besar video populer merupakan video yang dimiliki atau melibatkan orang-orang yang memang sudah terkenal dan memiliki brand tersendiri.

Berbicara megenai monetisasi, salah satu cara yang umum digunakan untuk menghasilkan uang dari youtube adalah dengan cara menjadi publisher googel Adsense. Sama seperti di blog, prinsipnya adalah kita memasang iklan adsense di video youtube kita dan akan menerima bayaran berdasarkan jumlah klik iklan yang valid pada akun youtube kita.

Karena uang yang kita terima bergantung pada jumlah klik valid yang masuk, maka jumlah pengunjung akan sagan berpengaruh. Seperti yang kita ulas di atas, konten dalam bentuk video cenderung lebih mudah mendatangkan banyak pengunjung sehingga lebih besar peluang untuk memperoleh banyak klik. Logikanya, semakin banyak jumlah pengunjung, semakin banyak pula jumlah klik yang masuk.

Read more : Ini Alasan Mengapa Youtube Semakin Populer.

Cara Monetisasi Akun Youtube

cara menghasilkan uang dari youtube

Agar dapat dimonetisasi, video youtube yang kita unggah harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan oleh google adsense antara lain :
  1. Konten video yang kita unggah  harus ramah pengiklan yaitu cocok untuk semua pemirsa baik muda maupun tua.
  2. Video harus karya asli yang dibuat sendiri atau karya orang lain yang telah memberi izin untuk digunakan secara komersil.
  3. Jika konten mengandung karya orang lain, kita harus dapat memberikan dokumentasi yang membuktikan hak komersil atas konten tersebut.
  4. Konten harus mematuhi persyaratan layanan dan pedoman komunitas youtube. 
  5. Konten tidak mengandung unsur kekerasan dan pornografi yang dimaksudkan untuk memberi kejutan dan memunculkan rasa jijik.

Jika konten video kita sudah mematuhi peraturan google dan kita sudah memiliki akun google adsense, maka kita sudah bisa memonetisasi akun youtube dengan cara mengaitkan akun youtube dengan adsense. Berikut beberapa tahap untuk menghasilkan uang dari youtube :
  1. Membuat Saluran Khusus
    Membuat akun youtube tidak sulit karena sama seperti membuat akun media sosial. Kita hanya harus mengunjungi situs youtube dan membuat akun dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan. Jika kita sudah punyai akun google misalnya email, maka kita bisa menggunakan akun tersebut untuk membuat akun youtube.

    Setelah akun youtube kita aktif, selanjutnya buatlah channel atau saluran khusus youtube kita. Melalui link "My channel" kita bisa mengatur nama channel dan pengaturan lain yang dibutuhkan. Cobalah untuk memilih nama channel yang unik dan menarik perhatian. Agar lebih profesional, gunakan nama situs, blog atau brand unggulan anda.

  2. Upload Video Ke Youtube
    Langkah selanjutnya adalah mengisi channel youtube kita dengan konten berupa video. Mulailah menguload video yang anda buat sendiri. Jangan mengupload video yang melanggar kebijakan atau melanggar hak cipta orang lain.

    Sama halnya seperti membangun blog, kita juga harus konsisten dalam mengupload konten video agar channel kita terus berkembang. Agar tetap konsisten dalam menampilkan konten, maka pilihlah tema sesuai dengan passion kita sehingga kita selalu punya ide untuk membuat video. Intinya, sesuaikan dengan kemampuan kita.

    Dalam pembuatan video usahakan kita menggunakan alat yang memadai agar hasilnya bagus. Upayakan agar video yang kita unggah mempunyai kualitas yang jernih dan tidak buram. Selain itu, cobalah untuk meminimalisir kebisingan yang mungkin ada dalam video kita.

  3. Tingkatkan Popularitas Channel
    Pekerjaan selanjutnya yang harus kita lakukan adalah meningkatkan popularitas channel. Ingat popularitas adalah salah satu kunci untuk menarik pengunjung dan menghasilkan banyak uang. Semakin banyak pengunjung semakin besar peluang mendapatkan uang.

    Untuk meningkatkan popularitas channel youtube kita, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan seperti promosi di media sosial, teknik SEO, dan sebagainya. Gunakanlah akun media sosial untuk mempromosikan video terbaru yang kita unggah ke youtube. Gunakanlah kata yang kreatif untuk menarik perhatian pengunjung.

    Berikut trik dasar membuat video agar video menjadi populer :
    • Buatlah video yang original, unik, lain dari yang lain. Kita bisa saja menggunakan beberapa video populer sebagai referensi namun sajikanlah dengan gaya kita sendiri.
    • Buatlah pembuka video semenarik mungkin agar pengunjung tertarik, tidak bosan, dan penasaran dengan isis video secara keseluruhan.
    • Buatlah video yang bermanfaat yang dapat menjawab pertanyaan pengunjung atau secara tidak langsung dapat memberikan solusi kepada pengunjung seperti video tuotrial dan sebagainya.
    • Unggah video secara teratur agar pengunjung kita selalu mendapatkan hal terbaru dari channel youtube kita. Dengan begitu, mereka akan setia mengunjungi channel kita untuk melihat video terbaru yang kita unggah. 
    • Ajak pengunjung untuk berlangganan channel kita. Semakin banyak pengunjung yang berlangganan, maka semakin besar peluang mendapatkan view yang lebih banyak.

    Untuk mencapai popularitas dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kita harus bekerja keras dan bersabar. Yang terpenting cobalah untuk menampilkan konten yang berkualitas dan bermanfaat.

  4. Mengaktifkan Monetisasi Channel
    Jika channel youtube kita sudah populer dan layak untuk dimonetisasi, maka aktifkanlah monetisasinya. Biasanya, channel yang populer akan mendapat undangan langsung dari google adsense untuk bekerja sama menampilka iklan di cahnnelnya.

    Meski demikian, kita tidak harus menunggu undangan tersebut. Jika memang sudah layak, daftarkanlah diri ke google adsense. Tapi kalau sebelumnya kita sudah punya akun adsense, gunakan saja akun tersebut untuk monetisasi channel youtube kita. Kita tidak perlu mendaftar lagi.

    Untuk menampilkan iklan adsense di channel youtube, kita harus menghubungkan akun google adsense yang kita miliki ke akun youtube kita. Setelah akun adsense terhubung, channel youtube kita akan menampilkan iklan adsense di video-video yang telah kita unggah.

    Setelah iklan tampil di video, kita akan memperoleh bayaran berdasarkan jumlah klik valid yang masuk dari video-video kita. Semakin banyak klik valid yang masuk, maka semakin besar pula earning yang kita terima. Earning dapat dicairkan jika telah mencapai batas minimum yangkita tentukan.

  5. Memantain Channel
    Berhasil menjadi mitra adsense dan mendapat penghasilan dari youtube bukan berarti pekerjaan kita selesai. Pekerjaan akan lebih serius karena kita harus merawat channel youtube kita agar tetap konsisten dan berkembang. Untuk itu, teruslah mengunggah konten dengan teratur.

Read more : Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Jumlah Viewers Youtube.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements