Cara Menghasilkan Uang Sebagai Penulis Lepas Online

Posted by on 2016-01-05 - 6:46 PM

Hobi menulis dan punya bakat untuk mengembangkan gagasan? Ayo manfaatkan bakat tersebut untuk menghasilkan uang secara online. Salah satu cara menghasilkan uang secara online adalah menjadi penulis lepas. Penulis lepas merupakan penulis yang dibayar untuk menulis artikel website atau blog. Saat ini banyak pengusaha yang mengembangkan blog atau website dan menyewa penulis untuk mengisi konten blog mereka. Penulis lepas semakin banyak dicari seiring dengan berkembangnya teknologi dan  internet marketing.

Syarat-syarat Menjadi Penulis Lepas

Untuk menjadi seorang penulis lepas, selain keahlian menulis dan mengembangkan suatu gagasan, kita juga harus menguasai beberapa poin penting yang harus kita kuasasi. Hal ini bukan syarat mutlak namun akan menjadi nilai lebih bagi penulis jika memenuhi kriteria tersebut.

Berikut beberapa syarat menjadi penulis lepas :
  1. Menghargai Originalitas
    Salah satu poin penting yang harus diperhatikan dalam dunia menulis adalah originalitas. Penulis yang baik adalah penulis yang menghargai keaslian dan menghargai karya orang lain. Dalam menulis, kita bisa saja menjadikan beberapa karya tulis sebagai referensi tetapi kita tidak boleh serta merta meniru keseluruhannya. Gunakan bahasa dan pemahaman kita sendiri.

  2. Mencintai Topik Yang Akan Ditulis
    Untuk menjadi penulis lepas yang profesional, kita harus mencintai topik yang akan kita tulis. Sekalipun topik tersebut merupakan hal yang tidak kita sukai, berusahalah untuk mencintai topik tersebut. Penulis yang dapat menguasai berbagai topik mempunyai peluang lebih besar untuk berhasil.

    Untuk itu bangunlah kecintaan kita terhadap kegiatan menulis tanpa bergantung pada topiknya. Artinya, apapun topik yang diberikan, kita tetap bersemangat menulis karena menulis merupakan passion dan pekerjaan yang kita cintai.

  3. Memahami Apa Yang Ditulis
    Adakalanya, seorang penulis tidak memahami apa yang ia tulis. Hal itu terjadi karena beberapa gagasan dalam tulisannya tidak datang dari dirinya sendiri. Untuk menjadi penulis lepas yang baik kita harus memahami isi tulisan kita sebagai bentuk tanggung jawab atas apa yang kita tulis. Hal itu juga menjadi salah satu bukti keseriusan kita dalam menulis.

  4. Suka Membaca dan Berwawasan Luas
    Dalam menulis kita harus menuangkan berbagai gagasan dan ide tentang suatu topik. Untuk mengembangkan suatu gagasan, kita harus memiliki pengetahuan yang cukup dan sumber yang terpercaya. Untuk itu, rajinlah membaca untuk memperluas wawasan.

  5. Tahu Cara Menulis Yang Baik dan Benar
    Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas, kita tidak hanya harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang topik yang akan kita tulis tapi juga harus mengetahui cara menulis dengan baik dan benar. Karya tulis yang memenuhi aturan penulisan dan tanda baca akan lebih mudah dipahami dan disukai oleh pembaca.

  6. Selalu Meningkatkan Kemampuan
    Agar menjadi penulis yang profesional, kita harus selalu mengupgrade kemampuan kita dalam menulis. Sekalipun kita berbakat dalam menulis, kita masih harus terus belajar untuk mengasah kemampuan kita. Selain itu, kita harus mempelajari berbagai ilmu yang berkaitan dengan dunia menulis seperti gaya bahasa, jenis karangan, dan sebagainya.

  7. Mengetahui Kebutuhan Klien
    Sebagai penulis lepas, kita harus dapat bekerja sama dengan pihak yang membayar tulisan kita. Agar artikel yang kita tulis sesuai dengan keinginan pelanggan, maka ada baiknya jika kita mengikuti arahan atau permintaan yang diajukan oleh klien. Kita harus mempelajari bagaimana kemauan mereka. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengamati beberapa artikel yang ada di situs mereka.

  8. Siap Dibebani Tanggung Jawab
    Dalam pekerjaan apapun, tanggung jawab merupakan poin penting yang harus dimiliki. Sebagai penulis, kita juga harus bertanggung jawab kepada pelanggan yang sudah membayar kita dan bertanggung jawab atas artikel yang kita tulis. Kita harus menyelesaikan tulisan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

  9. Tidak Selalu Mengutamakan Uang
    Penulis lepas adalah profesi yang menjanjikan namun jangan langsung berharap untuk mendapat bayaran yang tinggi. Menulis bukan semata-mata untuk uang. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membangun kualitas dan kepercayaan. Jika kedua hal itu sudah kita peroleh, maka pelanggan akan bersedia membayar artikel kita dengan harga yang pantas. 

Read more : Cara Melatih Kemampuan Menulis Sebelum Jadi Penulis Lepas.

Cara Menghasilkan Uang Sebagai Penulis Lepas

cara menghasilkan uang sebagai penulis lepas

Untuk menghasilkan uang dari kegiatan menulis, tentu kita harus mencari orang yang mau membeli karya tulis kita atau mencari orang yang bersedia membayar kita untuk menulis topik tertentu sesuai kebutuhannya. Untuk itu, kita harus mempunyai koneksi atau jaringan yang bergerak di bidang itu.

Jika tidak punya kenalan atau teman yang bisa membantu, kita dapat mengunjungi situs jual beli artikel yang ada di internet. Saat ini ada banyak situs yang menyediakan jasa layanan jual beli artikel ketik saja situs jual beli artikel di mesin pencarian. Di situs tersebut kita bisa mendaftar menjadi penulis dan mereka akan menjual artikel tersebut dengan sistem bagi hasil.

Selain memanfaatkan situs jual beli artikel, kita juga bisa menjadi penulis lepas di blog pribadi. Beberapa blog menyediakan navigasi khusus untuk penulis lepas. Dalam hal ini, pemilik blog memberi peluang kepada orang lain untuk menulis artikel di blognya dan membayar artikel tersebut sesuai dengan kesepekatan dan kebijakan yang ditentukan.

Setiap situs atau blog mengunakan metode komisi yang berbeda-beda. Ada yang membayar artikel berdasarkan jumlah kata, topik yang dibahas, jumlah artikel, dan berdasarkan tujuan artikel. Artikel yang ditujukan untuk review produk bisnis biasanya akan dibayar dengan harga yang tinggi.

Berikut ini merupakan gambaran umum harga jual artikel berbahasa Indonesia berdasarkan jumlah kata dalam artikel. Harga ini bukan harga mutlak melainkan hanya sebagai gambaran umum saja.
  • Artikel 300 kata : Rp 10.000,00
  • Artikel 400 kata : Rp 12.000,00
  • Artikel 500 kata : Rp 15.000,00
  • Artikel 1000 kata : Rp 20.000,00

Sedangkan untuk artikel berbahasa Inggris, berikut gambaran umumnya :
  • Artikel 300 kata : Rp 12.000,00
  • Artikel 400 kata : Rp 15.000,00
  • Artikel 500 kata : Rp 20.000,00
  • Artikel 1000 kata : Rp 30.000,00

Di situs jual beli artikel biasanya pembayaran yang diterima oleh penulis ditentukan berdasarkan pembagian hasil dengan perbandingan tertentu seperti 70 : 30 yaitu 70% untuk penulis dan 30% untuk situs yang menjualkan artikel. Fee tersebut merupakan jumlah bersih setelah dikurangi biaya editor, pengecekan keaslian artikel dan proses lainnya.

Selain berdasarkan jumlah kata dan jumlah artikel, penulis lepas juga dapat menghasilkan uang dalam jumlah tertentu setiap bulannya dengan menulis konten di situs atau blog tertentu. Bayaran tersebut merupakan gaji pokok yang diterima tanpa melihat jumlah artikel yang dihasilkan.

Read more : Ciri-ciri Konten Berkualitas dan Cara Meningkatkannya.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements