Strategi Sukses Mengembangkan Bisnis Toko Online

Posted by on 2016-01-05 - 6:41 PM

Punya niat untuk membuka toko online tapi masih ragu dan takut gagal? Tidak perlu takut! Ini nih strategi sukses membangun dan mengembangkan toko online. Pada dasarnya memulai suatu bisnis memang tidaklah mudah. Sepintar apapun kita dalam merencanakan sesuatu, pasti akan ada rintangan yang bisa datang kapan saja. Tapi memang itulah hidup. Rintangan adalah bagian dari usaha, tinggal kita yang menentukan ingin kalah dan menerima kegagalan atau ingin maju mengejar kesuksesan. Tiap pilihan cenderung menghadirkan resiko, tapi orang yang berani mengambil resiko dan melewatinya berpeluang untuk sukses.

Hal Penting Sebelum Membuka Toko Online

Toko online merupakan sebuah situs atau blog yang ditujukan untuk menjual suatu produk baik barang atau jasa kepada calon pembeli yang lebih luas. Toko online sudah menjadi pilihan banyak pebisnis dalam membangun usaha mereka atau untuk mengembangkan bisnis yang sudah dijalani secara offline.

Hal itu bertujuan untuk memperluas market dan memperbesar keuntungan. Saat ini, toko online sudah menjadi hal yang biasa di kalangan masyarakat karena sudah sangat banyak pebisnis yang membuka toko online baik dengan menggunakan situs khusus jual beli, akun media sosial, ataupun melalui messenger.

Di era internet seperti sekarang ini, toko online memang sangat potensial untuk dijadikan bisnis karena sebagian besar masyarakat khususnya generasi masa kini cenderung aktif di intenernet. Internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang melengkapi hidup mereka baik melalui media sosial, blog, atau untuk mencari infromasi yang mereka butuhkan.

Sebelum membuka toko online, ada beberapa hal penting yang harus kita pertimbangkan, yaitu :
  1. Produk Yang Akan Dijual
    Hal paling utama yang harus kita pertimbangkan adalah produk yang akan kita jual. Tentukan barang atau jasa apa yang akan kita jual dan bagaimana peluangnya. Penentuan produk biasanya sejalan dengan pencarian ide bisnis. Melalui ide yang kita fikirkan, maka kita dapat memutuskan produk apa yang akan kita jual.

    Karena tujuan kita adalah berjualan secara online, maka pilihlah jenis produk yang memang memungkinkan untuk dijual secara online. Carilah produk yang dapat bertahan lama dan mudah dalam hal pengiriman. Selain itu kita juga harus memikirkan supplier barang atau jasa yang kita pilih untuk menjamin ketersediaan produk di toko kita.

  2. Target atau Sasaran
    Setelah jenis produk ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan target atau sasaran. Tentukan siapa yang akan jadi konsumen atau pelanggan kita apakah pelajar, ibu rumah tangga, wanita muslimah, orang kantoran, dan sebagainya.

    Agar mencakup sasaran yang lebih luas, maka usahakanlah tidak membatasi lingkup usaha kita. Dalam hal ini cobalah untuk menawarkan produk yang fleksibel yang dibutuhkan oleh masyarakat umum tanpa dibatasi oleh usia, jenis kelamin, ataupun status. Meski demikian tidak ada salahnya mencoba sasaran yang lebih spesifik jika memang peluangnya besar.

  3. Observasi Pasar dan Kompetitor
    Observasi merupakan hal penting sebelum melakukan bisnis. Sebelum kita membuka toko online maka lakukanlah observasi terlebih dahulu terkait lingkungan target, selera pasar, tren masa kini, jumlah kompetitor, dan besar peluang bisnis tersebut.

  4. Metode atau Sistem Pembayaran
    Karena kita berjualan secara online dan melayani pembeli dari berbagai penjuru daerah, tentu kita harus memikirkan sistem pembayaran yang paling tepat. Idealnya sistem pembayaran dilakukan via transfer melalui rekening bank. Untuk itu siapkanlah rekening yang akan andagunakan.

    Kita juga harus memikirkan bagaimana proses pengiriman dan penentuan biaya yang kita bebankan yang secara lengkap digabungkan dalam penentuan harga jual produk. Untuk itu kita perlu mempelajari metode penentuan ongkos kirim sesuai dengan jasa pengiriman yang akan kita gunakan.

  5. Platform Toko Online
    Setelah semuanya dipersipakan dengan matang, maka tahap selanjutnya adalah membuat toko online sebagai media untuk menjual produk kita. Dalam membuat toko online, banyak faktor yang harus kita pertimbangkan seperti platform yang akan kita gunakan, desain toko online, hingga optimasi dalam hal search engine agar dapat mendatangkan banyak calon pembeli.

Read more : Cara Memilih Jenis Produk Yang Paling Cocok Untuk Toko Online.

Strategi Sukses Berbisnis Toko Online

cara sukses berbisnis toko online

Setelah membangun bisnis toko online tentu kita harus berjuang untuk mengembangkannya. Sebagaimana prinsip dasar dalam marketing, promosi adalah langkah selanjutnya yang harus kita lakukan. Selain itu, agar berhasil dalam bisnis yang kita jalani, kita harus memiliki strategi khusus sebagai senjata untuk meraih kesuksesan.

Berikut beberapa strategi sukses berbisnis toko online yang dapat kita terapkan :
  1. Desain Toko Semenarik Mungkin
    Menarik tidak harus berlebihan. Desainlah toko online ada dengan desain yang menarik tetapi mudah untuk dieksplor. Desain yang profesional akan memberi peluang lebih besar untuk keberhasilan bisnis anda. Hindari desain yang terlalu ribet dan mempersulit calon pembeli.

    Sebagai acuan, anda bisa melihat berbagai situs jual beli yang sudah populer. Lihat desain mereka dan pelajari cara mereka menampilkan produk di setiap halamannya. Lihat juga menu-menu yang diperlukan dan pelajari tata letak navigasi di situs tersebut.

  2. Tampilkan Produk Dengan Jelas
    Salah satu poin penting yang wajib anda lakukan dalm berjualan secara online adalah kualitas foto produk. Pastikan anda menggunakan foo produk dengan kualitas yang baik sehingga calon pembeli dapat mengamati produk anda dengan jelas.

    Dalam menyajikan foto produk, jangan sekali-kali menipu pelanggan dengan foto yang tidak sesuai. Berilah deskripsi atau review singkat tentang produk anda dengan jujur dan seperlunya. Jangan melebih-lebihkan keunggulan. Sertakan juga informasi yang berkaitan dengan produk seperti fitur dan harganya.

  3. Utamakan Kepuasan Pelanggan
    Pembeli adalah raja. Prinsip tersebut harus selalu kita tanamkan. Untuk menarik minat dan kepercayaan pelanggan, utamakanlah kepuasan pelanggan. Dalam situasi apapun, cobalah untuk berfikir sebagai pelanggan dan cobalah memahami kemauan mereka.

    Pelayanan yang ramah dan cepat tanggap akan menjadi nilai tambah kita sebagai penjual. Calon pembeli akan lebih simpati jika kita selaku penjual bersikap ramah dan cepat tanggap dalam menjawab pertanyaan ataupun keluhan yang mereka lontarkan.

  4. Buatlah Perhitungan Yang Tepat
    Bagaimanapun, tujuan kita berbisnis adalah untuk meraih keuntungan. Oleh karena itu, buatlah perhitungan yang tepat untuk masing-masing produk yang akan anda jual. Dalam hal ini kita harus memperhatian ongkos kirim karena biaya pengiriman tentu berbeda-beda tergantung jaraknya.

    Kita harus menentukan penjualan secara tepat agar harga jual tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Ingat, untuk menarik banyak pelanggan kita harus menawarkan harga yang bersaing karena saat ini calon pembeli memiliki banyak pilihan untuk berbelanja online. Bukan tidak mungkin mereka membandingkan harga jual dari berbagai toko sebelum melakukan transaksi.

  5. Buatlah Target Penjualan
    Sebagai motivasi untuk memicu semangat kita perlu membuat sebuah target dalam penjualan. Tentukan target penjualan anda setiap hari atau perbulan. Mulailah dari target yang kecil. Jika target tersebut tercapai maka mulailah dengan target yang lebih tinggi. Dengan demikian anda kan lebih terpacu.

  6. Jangan Bekerja Sendiri
    Mengolah dan mengurus toko online sendirian tentu bukan pilihan yang bijak terlebih jika pesanan yang datang cukup banyak. Belum lagi anda harus aktif di toko online untuk melihat pesanan atau keluhan yang datang. Untuk itu, cobalah untuk bekerja sama dengan teman atau mencari pegawai.

  7. Pelajari Internet Markeing dan SEO
    Salah satu kunci dari internet marketing adalah promosi. Promosi, promosi, dan promosi. Agar toko dan produk kita dikenal oleh calon pembeli kita harus rajin-rajin promosi. Gunakan semua akun media sosial anda untuk berpromosi sebijak dan sekreatif mungkin.

    Selain promosi, kita juga perlu memikirkan SEO (search engine optimize). SEO bertujuan agar situs toko online kita lebih ramah search engine dan dapat bersaing di halamn pencarian. Karena tidak dapat dipungkiri, kebanyakan pengguna internet akan mencari informasi dari mesin pencari sebelum mengunjungi situs tertentu.

  8. Bangun Sistem Jaringan Reseller
    Jika bisnis anda sudah cukup besar dan dikenal banyak orang, tidak ada salahnya untuk membangun sistem penjualan reseller. Bekerja sama bengan mitra kerja untuk menjualkan barang anda bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar untuk anda.

    Untuk membangun sistem jaringan reseller, anda harus mempertimbangkan metode dan sistem yang anda gunakan. Berikanlah penjelasan mengenai sistem dan perjanjian untuk sistem reseller anda agar anda dapat menarik orang untuk bekerja sama. Berikan pelayanan yang ramah, tanggap, dan optimal.

Read more : Cara Memilih Model Bisnis Toko Online Yang Cocok Untuk Anda.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements