Trik Pintar Mencari dan Mengurus Beasiswa di Universitas

Posted by on 2016-01-03 - 9:17 PM

Mau dapat beasiswa dari awal kuliah sampai lulus? Pasti mau kan! Nah, buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah ataupun yang baru lulus sekolah, ini nih strategi pintar yang patut kamu coba supaya dapat beasiswa di universitas. Sebenarnya, beasiswa untuk kuliah sudah bisa kita urus sebelum kelulusan kita di sekolah yaitu melalui beasiswa Bidik Misi yang dapat diurus ketika pendaftaran ke universitas. Tapi, buat kamu yang gak berhasil mendapatkan beasiswa itu, jangan khawatir karena masih ada banyak jenis beasiswa yang tersedia di universitas. Selama masih ada kemauan, pasti ada jalan. Yang terpenting tetap semangat.

Keuntungan Mendapat Beasiswa

Salah satu tujuan utama dari pemberian beasiswa adalah untuk pemerataan pendidikan sehingga semua pelajar mendapatkan kesempatan yang sama untuk meneruskan pendidikan mereka termasuk pelajar yang kurang mampu dalam hal ekonomi. Selain itu, beasiswa juga diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada pelajar yang berprestasi.

Sesuai dengan tujuan itu, maka keuntungan mendapatkan beasiswa yang utama adalah pelajar dapat membiayai dana kebutuhan pendidikan dan melanjutkan pendidikannya. Beasiswa membuka peluang bagi pelajar yang orangtua atau walinya kurang mampu membiayai pendidikan untuk melanjutkan pendidikan sehingga mereka tidak harus putus sekolah dan mengubur impian.

Dalam hal ekonomi, mendapat beasiswa sama dengan membantu meringankan beban orangtua. Dengan menerima beasiswa yang dapat mengcover sebagain besar biaya pendidikan, tentu akan meringankan beban orangtua kita. Apalagi, kita tahu biaya pendidikan saat ini sangat tinggi.

Dari segi prestasi, beasiswa membuka peluang yang lebih besar untuk kita meraih prestasi. Jika kita memperoleh beasiswa yang cukup untuk biaya pendidikan, maka kita tidak lagi perlu mencari pekerjaan paruh waktu untuk membiayai keperluan. Dengan begitu kita bisa lebih fokus dalam menjalankan kewajiban kita yaitu belajar dan menuntut ilmu.

Selain itu, beasiswa juga bisa jadi alasan atau motivasi bagi kita untuk terus mempertahankan prestasi. Mengapa demikian? Karena prestasi merupakan salah satu syarat yang dipertimbangkan dalam seleksi beasiswa. Semakin bagus prestasi kita, maka semakin besar peluang memperoleh beasiswa.

Keuntungan lainnya yang kita peroleh saat menerima beasiswa tentulah sebuah kebanggaan. Selain identik dengan bantuan, beasiswa itu juga kerap dikaitkan dengan prestasi ataupun penghargaan. Sebagai penerima beasiswa tentu wajar jika kita merasakan kebanggaan tersendiri apalagi beasiswa itu kita peroleh karena prestasi yang kita miliki.

Sama seperti kita, orangtua juga akan merasa sangat bangga dan bahagia. Mereka adalah orang pertama yang akan sangat bersyukur akan beasiswa yang kita terima. Selain beban fikiran mereka berkurang, mereka juga bahagia karena kita adalah harapan terbesar mereka.

Strategi Pintar Mendapat Beasiswa

cara mendapat beasiswa

Banyak yang bilang, untuk menjadi orang yang berhasil pintar saja tidak cukup. Kita juga harus pintar-pintar. Jika ditelaah lebih dalam tentu pernyataan itu ada benarnya. Agar berhasil di setiap kegiatan, kita memang harus pintar-pintar melihat kondisi dan peluang, termasuk dalam hal beasiswa.

Kunci utama untuk mendapat beasiswa adalah prestasi. Jika anda punya prestasi dan keberuntungan yang bagus, maka anda bisa mendapat beasiswa Bidik Misi yang dapat membiayai pendidikan anda dari awal hingga lulus. Kalaupun tidak lolos, kamu masih punya peluang untuk memperoleh beasiswa lainnya setelah masuk ke perguruan tinggi.

Berikut beberapa strategi yang dapat anda coba :
  1. Jaga dan Tingkatkan Prestasi
    Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas, tingkatkanlah prestasi akademikmu dan jagalah nilai rapormu. Usahakan grafik nilai kamu naik. Nanti, ketika kamu menjadi mahasiswa baru dan belum menerima beasiswa apapun, kamu bisa mengurus beasiswa PPA atau BBM dengan melampirkan fotokopi rapor dan nilai ijazah sebagai pertimbangan dalam proses seleksi.

    Saat menjalani perkuliahan, usahakanlah nilai indeks prestasi (IP) kamu pada semseter satu bagus karena pada semester dua, kamu sudah bisa mengurus beasiswa PPA dan BBM dan yang menjadi pertimbangan dalam seleksi beasiswa tersebut adalah nilai IP kamu di semeseter satu. Semakin tinggi IP tentu semakin besar peluang mendapat beasiswa.

    Pada semester awal, biasanya cenderung mudah untuk memperoleh nilai yang bagus karena sebagian besar mata kuliahnya masih merupakan mata kuliah dasar dan sebagian besarnya sudah kita pelajari di sekolah. Oleh karena itu, jika anda belajar giat di sekolah maka akan lebih mudah saat kuliah.

    Beasiswa PPA dan BBM biasanya diberikan persemester dan diurus ulang setiap tahunnya. Oleh karena itu usahakan untuk menjaga dan meningkatkan prestasi anda di semester berikutnya karena itu akan sangat membantu untuk mengurus beasiswa di periode berikutnya.

  2. Ikuti Kegiatan Ekstrakurikuler 
    Jika anda mempunyai bakat khusus di bidang musik atau olahraga, bergabunglah dalam kegiatan ekstrakurikuler di kampus. Biasanya, ada beasiswa khusus atau kuota khusus dari beasiswa umum yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang punya prestasi di bidang musik atau olahraga.

  3. Aktif Berorganisasi
    Selain prestasi di bidang akademik dan ekstrakulikuler, salah satu strategi untuk mendapat beasiswa adalah dengan cara mengikuti organisasi. Cobalah untuk mengikuti organisasi yang aktif di bidang tertentu. Pengalaman organisasi akan menjadi nilai tambah dalam mengurus beasiswa.

    Jika kamu aktif di kegiatan organisasi dan mempunyai banyak relasi maka akan ada banyak informasi beasiswa yang kamu peroleh. Beasiswa itu bisa berasal dari pemerintah dan diseleksi oleh pihak kampus atau beasiswa khusus dari perusahaan atau yayasan yang bekerja sama dengan organisasi kampus.

    Perlu kamu ingat bahwa ada beberapa pihak penyelenggara beasiswa atau sponsor beasiswa yang mencari mahasiswa yang tidak hanya berprestasi di bidang akademik tetapi juga aktif dalam kegiatan organisasi. Oleh karena itu, ikutilah beberapa organisasi kampus untuk menambah pengalaman.

  4. Cari Informasi dengan Teliti
    Untuk memperbesar peluang, kamu harus aktif mencari informasi terbaru tentang beasiswa di kampus. Sumber utama yang bisa kamu andalkan adalah pihak terkait yang mengurus beasiswa di kampus. Biasanya mereka berada di bagian kemahasiswaan di kantor dekan fakultas.

    Jika ada beasiswa terbaru, biasanya bagian kemahasiswaan akan menempel pengumuman di mading yang terletak tidak jauh dari kantor mereka. Adakalanya pengumuman tersebut tidak sampai di mading lainnya oleh karena itu kamu harus rajin memeriksa mading mereka.

    Jika ada informasi yang tidak jelas jangan sungkan untuk bertanya kepada pihak terkait. Cobalah melihat situasi dan kondisi yang tepat untuk bertanya dan kenali pihak-pihak yang terkait dalam pengurusan beasiswa agar tidak terjadi kesalahan.  

    Selain itu, senior adalah sumber lain yang tepat untuk mencari informasi beasiswa. Cobalah untuk bertanya kepada senior yang sudah pernah menerima beasiswa karena biasanya mereka akan lebih aktif mencari informasi dan sudah berpengalaman dalam mengurus beasiswa.

  5. Catat Periode Pengurusan Beasiswa
    Mencatat periode waktu pengurusan beasiswa merupakan strategi pintar yang patut kamu coba karena tiap-tiap beasiswa biasanya ada periodenya masing-masing. Dengan mengetahui waktu-waktu pengadaan seleksi beasiswa, kamu bisa mempersiapkan banyak hal sebelum waktu itu tiba.

    Untuk beasiswa PPA dan BBM, biasanya jadwal seleksi dilakukan di awal semester genap setiap tahunnya. Adapula program beasiswa dari pihak swasta yang hanya dapat diurus jika kita sudah berada di tingkat semester tertentu.

  6. Lakukan Pendekatan dan Perluas Koneksi
    Informasi beasiswa bisa datang dari mana saja. Adakalanya informasi beasiswa datang dari dosen, asisten dosen, pegawai jurusan, senior, teman dan sebagainya. Oleh karena itu kita harus melakukan pendekatan kepada berbagai pihak untuk memperluas koneksi dan memperbanyak sumber informasi.

  7. Pelajari Sasaran Beasiswa
    Sasaran beasiswa merupakan pelajar yang dicari oleh pihak penyelengara beasiswa. Secara umum sasaran beasiswa adalah mahasiswa berprestasi dan mahasiswa yang kurang mampu. Untuk itu, pelajarilah sasaran beasiswa yang akan anda urus. Dengan begitu anda bisa fokus mempersiapkan diri agar memenuhi persyaratan yang diberikan.

  8. Patuhi Prosedur
    Poin penting yang harus kita perhatikan ketika mengurus beasiswa adalah prosedur pengurusan. Ketika mengurus beasiswa, cermatilah panduan yang diberikan dengan seksama dan pastikan semua berkas yang kamu miliki sudah sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan.

    Hal ini mungkin terlihat sepele tetapi seringkali mahasiswa gagal karena tidak mematuhi beberapa prosedur misalnya surat keterangan kurang mampu yang dilampirkan bukan surat terbaru, transkrip nilai sementara belum disahkan pimpinan universitas, berkas tidak lengkap dan sebagainya.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements