CARA BELAJAR EFEKTIF UNTUK MENGHADAPI UJIAN

Posted by on 2016-09-09 - 10:21 AM

Edukiper.com - Ujian atau ulangan seringkali menjadi momok menakutkan bagi para murid. Tidak semua murid siap untuk menghadapi ujian dengan alasan belum belajar. Alhasil, banyak murid yang belajar dengan sistem kebut semalam (SKS). Padahal, belajar dengan sistem kebut semalam tidak efektif karena harus mempelajari begitu banyak materi dalam waktu yang sangat singkat. Beberapa murid bahkan memutuskan untuk tidak tidur karena harus mempersiapkan diri menghadapi ujian. Kondisi seperti itu tentu sangat tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, belajar dengan sistem kebut semalam juga tidak begitu membantu saat ujian. And mungkin akan lupa atau ngeblank karena terlalu banyak menghapal materi. Lalu, bagaimana cara belajar efektif untuk menghadapi ujian? Pada kesempatan ini Edukiper akan memaparkan beberapa trik untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Persiapan Sebelum Ujian

Persiapan sebelum ujian idealnya dilakukan jauh hari sebelum ujian berlangsung. Hal ini ditujukan agar murid tidak belajar mati-matian begitu akan diadakan ujian. Dengan mempelajari materi secara bertahap dan berkesinambungan, maka murid dapat mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

Salah satu kendala yang paling umum dialami oleh murid dalam menghadapi ujian adalah terbatasnya waktu untuk persiapan menjelang ujian. Padahal, sebenarnya waktu untuk persiapan menghadapi ujian itu sudah dimulai sejak awal belajar di sekolah.

Artinya, ada kesalahan dalam pola fikir murid. Sebagian murid berfikir bahwa persiapan menghadapi ujian dilakukan beberapa hari sebelum ujian. Padahal, proses belajar mengajar setiap harinya di sekolah ataupun di luar sekolah merupakan persiapan untuk menghadapi ujian.

Jadi, langkah awal yang harus anda pahami adalah merubah pola fikir anda. Jadikan ujian sebagai salah satu tujuan anda dalam belajar kesehariannya. Tanamkan di benak anda bahwa anda belajar untuk menghadapi ujian sehingga setiap harinya anda berusaha mempersiapkan diri. Karena bagaimanpun juga anda pasti harus menghadapi ujian.

Cara Efektif untuk Menghadapi Ujian

Dengan adanya terget lulus ujian, tujuan anda dalam belajar akan lebih jelas dan terarah. Anda akan lebih serius dalam belajar agar siap tempur begitu ujian diadakan. Berikut beberapa trik belajar efektif untuk menghadapi ujian.

#1 Belajar Secara Efektif dan Efisien Setiap Hari
Belajar efektif adalah proses belajar yang menggunakan suatu cara atau metode secara tepat sehingga tujuan belajar tercapai. Tujuan tersebut adalah untuk memahami materi pelajaran sehingga murid memperoleh ilmu pengetahuan.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, maka anda harus belajar secara efektif dan efisien setiap harinya. Ingat, anda harus belajar setiap harinya bukan hanya saat akan ujian. Belajar efektif dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Pada artikel sebelumnya, edukiper telah memaparkan beberapa cara atau metode belajar efektif agar dapat menguasai materi yang dipelajari. Metode tersebut meliputi kegiatan menyimak, mencatat, mengulang, hingga menyediakan kondisi yang kondusif untuk belajar. Untuk penjelasan lebih detail, kunjingi link di bawah ini.

Baca juga : Cara Belajar Efektif, Efisien, dan Menyenangkan.

#2 Buat Daftar Rumus Penting
Untuk menguasai pelajaran yang menggunakan banyak rumus seperti fisika, matematika, atau kimia, anda perlu membuat daftar rumus penting untuk setiap bab yang menggunakan rumus. Rumus itu bisa anda tulis di buku catatan atau di selembar kertas yang dapat anda tempel di dinding.

Gunakan buku catatan yang kecil sehingga lebih praktis dibawa. Bila perlu belilah sebuah kamus saku yang lengkap dan praktis. Cari kamus yang dilengkapi dengan keterangan beserta contoh sehingga anda tidak bingung menggunakan rumusnya.

Untuk rumus yang ditulis dan ditempel di dinding, anda bisa menempelnya di bagian dinding yang paling sering anda lihat. Karena sering anda lihat secara tidak langsung anda akan mengingat dan menghapal rumus tersebut.

Anda juga dapat menggunakan metode khusus dalam menghapal rumus seperti metode singkatan, metode plesetan, atau dengan melibatkannya dalam kehidupan sehari-hari melalui jarkon tertentu. Semakin sering dilihat, didengar, atau diucapkan, maka semakin anda mneguasai rumus tersebut.

#3 Gunakan Peta Konsep untuk Menguasai Materi
Seperti yang anda tahu, soal ujian diambil dari beberapa otpik atau bab untuk setiap mata pelajaran. Itu artinya, agar bisa menghadapi ujian dengan baik, anda harus menguasai banyak topik yang ada dalam beberapa bab tersebut.

Untuk mengatasi masalah itu, anda harus berusaha untuk menguasai semua topik yang sedang atau yang telah anda pelajari. Artinya, usahakan agar anda mengingat pelajaran yang sudah anda pelajari walaupun saat ini anda sedang mempelajari materi yang lain.

Salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk membantu daya ingat anda adalah membuat sebuah peta konsep atau mind map. Buatlah peta konsep untuk setiap bab atau setiap topik berdasarkan pemahaman anda agar lebih mudah diingat. Dengan demikian, anda dapat menguasai materi berdasarkan peta konsep anda sendiri.

#4 Ulangi Pelajaran Begitu Lupa
Kunci untuk menguasai suatu materi pelajaran adalah dengan cara mengulang. Seperti kata pepatah, lancar kaji karena diulang. Semakin sering anda mengulang pelajaran maka semakin anda mengingatnya. Dengan demikian anda akan semakin mahir.

Mengulang pelajaran sangat bagus sebagai persiapan dalam menghadapi ujian. Jika anda rajin mengulang pelajaran, maka anda secara tidak langsung akan mengurangi beban anda di masa-masa ujian. Karena sudah sering diulang, maka pelajaran itu akan lebih mudah dipahami atau bahkan sudah melekat dalam fikiran anda sehingga pada saat akan ujian anda hanya mempelajari topik yang belum anda kuasai.

#5 Rajin Mengerjakan Soal Latihan
Salah satu cara untuk melihat kesiapan anda dalam menghadapi ujian adalah dengan cara mengerjakan soal-soal latihan. Begitu anda mempelajari topik tertentu, usahakanlah untuk mengerjakan soal latihannya. Jika anda belum bisa menjawab soal-sola itu, berarti anda belum siap untuk menghadapi ujian karena belum menguasasi topik tersebut.

Untuk menambah pengetahuan anda tentang model-model soal latihan sekaligus mengasah kemampuan, maka anda harus rajin-rajin mengerjakan soal latihan. Semakin banyak soal yang anda kerjakan, akan semakin banyak pula model soal yang anda kuasai.

Sebenarnya, latihan adalah kunci dari proses belajar. Jangan berfikir bahwa anda sudah menguasai materi jika tidak pernah mengerjakan soal latihan. Banyak orang yang menguasai teori atau rumus tapi tidak bisa mengerjakan soal karena tidak terbiasa.

Jadi, dengan membiasakan diri mengerjakan soal latihan, anda akan terbiasa dengan soal-soal dan bisa jadi soal yang keluar dalam ujian adalah soal yang sudah pernah anda kerjakan saat latihan.

Baca juga : Kendala dalam Mengatasi Masalah Belajar Anak.

Persiapan Efektif Sebelum Ujian

Agar persiapan menghadapi ujian lebih efektif, beberapa hari sebelum ujian anda harus mempelajari kembali pelajaran-pelajaran yang telah lewat. Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan:

#1 Pilih Pelajaran yang Mendesak
Beberapa hari sebelum ujian, pilihlah mata pelajaran yang urgent atau mendesak untuk dipelajari. Berikut indikasi bahwa mata pelajaran itu mendesak:
1. Anda belum menguasai pelajaran itu dengan baik
2. Pelajaran itu dijadwalkan lebih dulu dalam ujian
3. Pelajaran itu masuk dalam daftar pelajaran UN
4. Pelajaran itu merupakan prasyarat pemilihan jurusan
5. Pelajaran tersebut menentukan kelulusan

#2 Pilih Topik yang Belum dikuasai
Setelah menentukan mata pelajaran yang belum anda kuasai, selanjutnya pilih topik atau subtopik yang belum anda kuasai. Dalam hal ini, anda tidak lagi harus mempelajari semua topik atau semua bab karena sebagian besar sudah anda kuasai melalui belajar efektif.

#3 Buat Ringkasan dari Materi yang Dipelajari
Ketika mempelajari topik yang belum anda kuasai, buatlah ringkasan atau catatan yang berisi konsep-konsep penting yang perlu anda pelajari. Susun ringkasan secara sistematis agar lebih mudah dipahami. Ringkasan ini dapat anda gunakan sebagai bahan belajar jika masih ada waktu sebelum ujian sehingga lebih praktis.

Ingat, catatan tersebut bukan untuk kopekan atau berbuat curang jadi buatlah catatan dengan bahasamu sendiri sesuai dengan pemahaman dan penalaran anda sehingga akan lebih mudah diingat dan dipahami. Cara ini sangat efisien untuk memanfaatkan waktu yang ada.

#4 Hapal Kata Kunci 
Adakalanya di saat mendesak, catatan penting yang anda buat masih sangat panjang dan sulit untuk diingat. Untuk membantu anda dalam mengingat dan memahami catatan yang anda ringkas, hapallah kata-kata kunci dari setiap poin penting dalam ringkasan anda.

Menghapal kata-kata kunci yang penting akan sangat membantu anda dalam memahami materi atau bahan yang terlalu banyak dalam waktu yang relatif singkat. Dalam hal ini anda harus memiliki kreativitas dalam mengembangkan kata kunci tersebut agar menjadi informasi yang utuh saat menjawab soal ujian.

#5 Persiapkan Mental
Hal yang tidak kalah penting untuk menghadapi ujian adalah persiapan mental. Jika anda tidak siap mental untuk mengahdapi ujian, maka semua kerja keras anda saat belajar akan sia-sia karena beberapa hal seperti kurang teliti, gugup, tidak percaya diri, lupa, takut gagal, dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum ujian pastikan bahwa anda sudah benar-benar siap dari segi mental. Buatlah diri anda senyaman mungkin dan bangun kepercayaan diri anda. Datang lebih awal ke lokasi ujian cukup ampuh untuk membangun mental karena anda bisa melakukan penyesuaian.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements