CARA MENGUASAI MATEMATIKA DENGAN TEKNIK SQ3R

Posted by on 2016-09-10 - 7:25 PM

Edukiper.com - Anda mengalami kesulitan dalam belajar matematika? Pusing karena sudah belajar keras tapi tidak paham juga? Tenang saja, mungkin masalahnya ada pada cara belajar anda. Cara yang anda gunakan mungkin kurang efektif untuk mempelajari matematika. Sebenarnya ada banyak metode yang dapat anda gunakan untuk mempelajari matematika, tapi kali ini edukiper akan memperkenalkan teknik SQ3R. Teknik SQ3R merupakan salah satu metode belajar yang pertama kali dikembangkan oleh Francis P. Robinson dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat. Teknik ini awalnya dikembangkan dengan tujuan agar kegiatan membaca menjadi lebih efektif dan efisien melalui tahapan-tahapan tertentu. Dengan kata lain, teknik ini dikembangkan untuk menunjang kualitas belajar dan dapat diterapkan di berbagai bidang ilmu termasuk matematika.

Pengertian Teknik SQ3R

SQ3R merupakan singkatan dari survey, question, read, recite, dan review. Sesuai dengan singkatan tersebut, teknik SQ3R merupakan sebuah metode belajar yang dilakukan berdasarkan kelima tahapan tersebut, dimulai dari survey hingga review.

Teknik SQ3R memungkinkan anda untuk belajar secara sistematis, efektif, dan efisien dalam menghadapi berbagai materi belajar termasuk matematika. Teknik ini sangat efektif digunakan untuk belajar karena melalui tahapan-tahapan yang sistematis, anda dapat mempelajari suatu materi secara berulang-ulang.

Dengan teknik SQ3R, anda tidak hanya sekedar membaca atau belajar tetapi juga menelaah dan memahami apa yang anda pelajari. Tahapan-tahapan dalam teknik ini akan membuat anda terbiasa berfikir kritis dalam melihat suatu topik pembahasan sebab anda akan tahu betul apa yang anda pelajari.

Secara garis besar, tahapan dalam teknik SQ3R adalah sebagai berikut:
1. Survey : meneliti bahan belajar
2. Question : membuat pertanyaan atau rumusan masalah
3. Read : membaca dan mempelajari materi
4. Recite : menuliskan kembali
5. Review : meninjau ulang

Metode SQ3R yang dilakukan dengan benar dan konsisten dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak dan ingatan dalam mempelajari dan memahami substansi dari suatu materi.

Baca juga : Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian.

Kelebihan dan Kelemahan Teknik SQ3R

Sebagai salah satu metode dalam belajar, teknik SQ3R juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan ini bergantung pada pribadi masing-masing murid.

Beberapa kelebihan teknik SQ3R:
1. Lebih sistematis dan terarah
2. Tahap survey dan question membantu menumbuhkan rasa ingin tahu
3. Melatih murid untuk aktif dan kritis
4. Melatih murid memecahkan masalah
5. Membantu daya ingat jangka panjang

Beberapa kelemahan teknik SQ3R
1. Harus dilakukan sesuai tahapan
2. Memakan waktu relatif banyak
3. Sulit diterapkan pada topik tertentu
4. Dibutuhkan konsistensi dan kedisiplinan yang tinggi
5. Sulit diterapkan jika penalaran lemah

Cara Efektif Belajar Matematika dengan Teknik SQ3R

Untuk memahami pelajaran matematika dengan teknik SQ3R, tentu kita harus mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditentukan. Bagaiamna cara melakukannya? Berikut edukiper paparkan.

#1 Survey (Meneliti)
Langkah pertama, tentukanlah topik matematika yang ingin anda kuasai, misalnya persamaan kuadrat. Sediakan satu buku pelajaran yang membahas topik persamaan kuadrat. Anda juga bisa menggunakan beberapa buku lain sebagai bahan penunjang.

Periksa dan pelajari secara sepintas keseluruhan teks dalam bab persamaan kuadrat. Perhatikan judul bagian, judul sub bagian, dan istilah atau kata penting yang digunakan dalam pelajaran tersebut misalnya bentuk umum persamaan kuadrat, akar-akar persamaan kuadrat, cara menyelesaikan persamaan kuadrat, dan sebagainya.

Pada tahapan ini, anda harus:
1. Menentukan ide atau konsep dasar tentang persamaan kuadrat
2. Memperoleh abstrak atau intisari tentang persamaan kuadrat
3. Memperhatikan susunan atau urutan pembahasan

Ketika melakukan survey, anda harus menyiapkan alat tulis, kertas, atau alat penanda seperti stabilo untuk menandai bagian-bagian yang anda anggap penting, misalnya tentang jenis-jenis akar persamaan kuadrat atau rumus kuadrat. Bagian yang anda tandai akan anda gunakan sebagai bahan untuk menyusun daftar pertanyaan atau rumusan masalah.

Baca juga : Trik Belajar Matematika dengan Cepat tapi Efektif.

#2 Question (Bertanya)
Setelah anda menmukan bagian-bagian penting pada tahapan survey, selanjutnya adalah membuat daftar pertanyaan berdasarkan catatan anda sebelumnya. Buatlah beberapa pertanyaan yang relevan dengan bagian-bagian penting yang sudah anda tandai sebelumnya.

Sebagai contoh :
1. Bagaimana bentuk umum persamaan kuadrat?
2. Bagaimana cara menyelesaikan persamaan kuadrat?
3. Sebutkan Sifat-sifat akar persamaan kuadrat!
4. Bagiamana menyusun persamaan kuadrat jika akarnya diketahui?
5. Bagaimana cara membentuk persamaan kuadrat baru?

Pada tahapan ini anda dituntut untuk cermat dalam menentukan pertanyaan apa yang seharusnya anda buat. Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan anda dapat melihat kompetensi dasar atau standar kompetensi yang harus dicapai untuk topik persamaan kuadrat.

Jika perlu sesuaikanlah standar kompetensi tersebut dengan apa yang diajarkan oleh guru di sekolah anda. Dengarkan bagian-bagian apa saja yang ditekankan oleh guru sehingga anda dapat membatasi pertanyaan anda agar tidak terlalu luas.

#3 Read (Membaca)
Langkah selanjutnya adalah mencari jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang telah anda buat dengan cara membaca dan mempelajari topik persamaan kuadrat secara teliti. Pada tahapan ini gunakanlah metode membaca efektif dengan teknik scanning atau tenik skimming.

Ketika membaca untuk menemukan jawaban, cobalah untuk fokus pada bagian-bagian yang anda perkirakan mengandung jawaban atas pertanyaan anda. Caranya mudah, lihat saja pada bagian daftar isi. Dari sana anda bisa menerka di bagian mana kira-kira jawaban tersebut berada.

Misalnya, anda ingin megetahui cara menyelesaikan persamaan kuadrat dengan rumus kuadrat atau rumus abc. Maka, bagian yang harus anda periksa adalah pada subjudul "Penyelesaian Persamaan Kuadrat". Dengan cara begitu, anda dapat menemukan jawaban atas pertanyaan anda dalam waktu relatif lebih singkat.

#4 Recite (Menceritakan)
Tulislah setiap jawaban yang anda temukan dan lengkapi bagian-bagian yang perlu ditambah. Sajikan jawaban-jawaban tersebut dalam bentuk tulisan atau rangkuman dengan bahasa anda sendiri dan berdasarkan pemahaman anda agar lebih mudah dipahami.

Jika perlu gunakan peta konsep atau kerangka fikir untuk menyajikan kembali jawaban-jawaban yang sudah anda temukan. Susun secara sistematis agar lebih teratur dan mudah untuk diingat.

#5 Review (Meninjau ulang)
Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah meninjau ulang catatan yang sudah anda susun. Periksa kembali apakah pertanyaan dan jawabannya sudah sesuai. Tahapan ini bertujuan agar anda memeriksa dan mempelajari kembali apa yang telah anda peroleh. Degan begitu, pemahaman anda akan meningkat sebab semakin sering diulang maka akan menjadi mahir.

Baca juga : Kendala Dalam Mengatasi Masalah Belajar Anak.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements