10 HAL PENTING PENENTU KESUKSESAN PELAJAR DI SEKOLAH

Posted by on 2016-10-02 - 7:51 AM

Edukiper.com - Sukses dalam dunia pendidikan tentu menjadi impian semua orang dan harapan bagi setiap orangtua. Memiliki anak yang berprestasi dan sukses di sekolah tenu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua manapun. Untuk mencapai sebuah kesuksesan ataupun prestasi tentu harus ada yang dikorbankan. Haru sada yang diperjuangkan. Setiap orang memiliki strategi masing-masing agar sukses di dunia pendidikan, tapi dari kesemua strategi yang dilakukan mengarah pada beberapa hal penting yang umum dilakukan oleh orang-orang yang sukses. Sama seperti kesuksesan, sebuah prestasi juga lahir berkat usaha dan kerja keras serta kedisiplinan untuk fokus pada tujuannya. Pada kesempatan ini, Edukiper akan memaparkan sepuluh hal penting yang perlu dimiliki oleh murid agar sukses di sekolah.

#1 Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Rasa ingin tahu merupakan sesuatu yang baik untuk perkembangan murid. Banyak pengetahuan dan penemuan di berbagai bidang ynag dihasilkan karena rasa ingin tahu yang besar. Rasa ingin tahu dapat dimanfaatkan sebagai motivasi dalam mempelajari sesuatu dan mengenal hal-hal baru.

Dalam kegiatan belajar, rasa ingin tahu seharusnya dimiliki oleh setiap murid sebab rasa ingin tahu inilah yang akan memacu mereka. Rasa ingin tahu menunjukkan seberapa besar minat seseorang terhadap sesuatu. Ketika seseorang memiliki rasa ingin tahu yang besar akan sesuatu, maka ia akan berusaha untuk mempelajarinya atau mencari tahu tentang hal itu.

Kebanyakan orang sukses memanfaatkan rasa ingin tahu mereka untuk menemukan suatu peluang, kesempatan, atau pengalaman baru yang menunjang kemampuan serta keterampilan mereka. Rasa ingin tahu merupakan aset berharga yang harus terus diasah agar menjadi dorongan alamiah dalam belajar di sekolah.

Lalu, bagaimana rasa ingin tahu dapat membuat anda sukses di sekolah? Murid yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan cenderung menyukai hal-hal baru dan berusaha memahaminya. Mereka selalu penasaran terhadap informasi baru dan di kepala mereka selalu muncul pertanyaan-pertanyaan terkait informasi yang mereka terima.

Rasa ingin tahu biasanya membuat murid menjadi lebih interaktif ketika belajar. Mereka akan sering mengajukan pertanyaan ke guru untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka. Murid seperti itu biasanya selalu memanfaatkan sumber apapun untuk menggali informasi mulai dari guru, buku, teman, orangtua, saudara, hingga siapapun yang ia rasa dapat menjawab rasa penasarannya.

Baca juga : Manfaat Belajar Kesenian untuk Perkembangan Otak.

#2 Keinginan Belajar yang Kuat

Rasa ingin tahu hanya akan menjadi hal positif jika dibarengi dengan keinginan belajar yang kuat. Rasa ingin tahu hanya akan berlalu begitu saja jika murid sama sekali tidak memiliki keinginan untuk belajar. Beberapa murid mungkin penasaran terhadap topik tertentu yang diajarkan tapi hanya sebagian saja yang benar-benar mau mempelajarinya dan mencari tahu.

Sebagian besar pelajar yang sukses di sekolah memiliki keinginan untuk belajar yang kuat. Mereka selalu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk mempelajari hal-hal yang berguna. Murid yang memiliki keinginan belajar yang kuat akan cenderung lebih mudah memahami suatu pelajaran sebab mereka memiliki niat dan target tertentu dalam belajar.

Keinginan belajar tidak terbatas pada mempelajari hal-hal yang disuka atau sesuatu yang ingin diketahui, tetapi mencoba untuk menganggap bahwa semua pelajaran yang diajarkan itu penting sehingga akan berusaha untuk menyukainya meskipun beberapa faktor menyebabkan timbulnya rasa tidak suka.

Ketika murid memiliki keinginan belajar yang kuat, maka mereka akan tumbuh menjadi murid yang rajin belajar. Berawal dari sebuah usaha yang dipaksakan, keinginan belajar lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan gaya hidup. Murid yang rajin belajar tentu memiliki peluang lebih besar untuk sukses di sekolah.

#3 Kesadaran akan Bakat yang Dimiliki

Setiap murid memiliki sifat dan kepribadian masing-masing. Kepribadian seseorang mempengaruhi gaya hidup dan cara belajarnya di sekolah. Perbedaan kepribadian membuat tiap anak memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Perbedaan itu muncul karena banyak faktor salah satunya adalah bakat.

Bakat biasanya tidak jauh dari hal-hal yang disukai atau sesuatu yan diminati seseorang. Perbedaan minat dan kecenderungan seseorang untuk memanfaatkan cara atau metode tertentu dalam belajar menimbulkan beberapa jenis tipe belajar dan tipe kecerdasan majemuk yang paling dominan.

Kecerdasan majemuk merupakan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap manusia, namun di antara delapan tipe kecerdasan majemuk, ada satu atau beberapa kecerdasan yang paling dominan. Cara paling efektif untuk mencapai kesuksesan adalah dengan mengenali bakat dan mengembangkan kecerdasan majemuk yang paling dominan.

Sebagai contoh, seorang penyiar biasanya memiliki kecerdasan linguistik atau kecerdasan aksara yang lebih dominan sehingga memilik kemampuan yang lebih dalam hal mengolah kata dan berkomunikasi. Ketika bakat dan kecerdasan majemuk dikenali, maka akan lebih mudah dikembangkan.

Dewasa ini, banyak instansi pendidikan atau instansi yang bergerak di bidang pengembangan diri yang menggunakan metode pengenalan minat dan bakat untuk mengembangkan potensi dan kemampuan seorang anak. Mengembangkan anak sesuai bakatnya dipercaya jauh lebih efektif daripada memaksa anak keluar dari bakat aslinya.

Baca juga : 8 Tipe Kecerdasan Majemuk yang Perlu Anda Ketahui.

#4 Pengembangan Diri yang Terarah

Pengembangan diri merupakan salah satu hal penting yang seharusnya diajarkan di sekolah. Para murid sebaiknya dikenalkan pada metode-metode pengembangan diri agar wawasan mereka lebih terbuka dan mereka mempunyai gambaran umum tentang metode apa yang cocok untuknya.

Sebagai seorang pelajar cobalah untuk tidak hanya terpaku pada pelajaran yang diajarkan di sekolah saja. Belajarlah dari berbagai sumber dan lingkungan sekitar melalui interaksi dan pengalaman. Jika perlu, bacalah buku-buku motivasi dan pengembangan diri

Melalui buku-buku tersebut, anda akan memperoleh banyak ide dan informasi berharga yang bisa anda aplikasikan dalam kehidupan anda sehari-hari. Membaca buku tentang perjalanan dan perjuangan hidup orang sukses akan memotivasi anda untuk meniru hal-hal positif seperti cara berfikir, kerja keras, kecerdasan, kekuatan impian, semangat pantang menyerah, dan sebagainya.

Metode pengembangan diri juga sangat bagus untuk melatih dan meningkatkan rasa percaya diri. Kepercayaan diri merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap murid sebab kepercayaan diri termasuk kunci dari sebuah kesuksesan. Banyak orang yang gagal karena tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

#5 Pengendalian Diri yang Baik

Pengendalian diri merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh pelajar agar dapat mengejar kesukesan di sekolah. Seringkali, beberapa murid mengalami masalah dalam pendidikanya karena tidak dapat mengendalikan diri. Mereka mengalami penurunan prestasi padahalsebenarnya mereka termasuk murid yang pintar.

Lalu mengapa mereka mengalami penurunan dalam hal prestasi? Salah satu penyebab yang paling umum adalah karena mereka tidak dapat mengendalikan diri. Pengendalian diri adalah cara seseorang untuk tetap berada sesuai tempat dan statusnya dan bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Untuk seorang pelajar, pengendalian diri tentu ditujukan agar terhindar dari hal-hal yang dapat menyebabkan menurunnya prestasi belajar seperti malas belajar, terlalu banyak main games, terlalu fokus pada media sosial, tidak konsentrasi dalam belajar, dan sebagainya.

Agar dapat mengendalikan diri, anda harus fokus pada target dan tujuan anda. Cobalah untuk hidup selaras dengan aturan dan sesuai dengan status anda sebagai seorang pelajar yang kewajiban utamanya adalah belajar. Jangan biarkan perkembangan teknologi mengendalikan anda sehingga menjadi tidak produktif. Sebaliknya, manfaatkan teknologi untuk menunjang aktivitas belajar.

Baca juga : 5 Tips Mengantisipasi Rasa Malas Belajar.

#6 Kedisiplinan yang Tinggi

Semua orang setuju bahwa kedisiplinan adalah kunci kesuksesan. Hampir semua orang sukses berhasil meraih kesuksesannya berkat kerja keras dan kedisiplinan. Kedisiplinan berarti mencakup dua hal penting yang harus dimiliki yaitu disiplin diri dan disiplin waktu.

Disiplin diri adalah ketegasan pada diri sendiri untuk untuk megadopsi perilaku tertentu yang sesuai atau untuk memenuhi tugas tertentu. Sedangkan disiplin waktu adalah menaati waktu yang telah ditetapkan sehingga akan lebih menghargai waktu. Penelitian bahkan menyebutkan bahwa kedisiplinan dalam belajar memberikan hasil yang lebih baik daripada kecerdasan.

#7 Target Pencapaian yang Jelas

Hampir semua orang sukses mempunyai target dan tujuan yang jelas dalam hidupnya. Target dan tujuan itulah yang menjadi pendorong dan motivasi untuk terus bekerja keras. Mereka yang punya target dan tujuan jelas cenderung akan lebih terarah dalam setiap tindakannya sebab mereka akan fokus pada tujuan utama mereka.

Untuk sukses di sekolah, anda harus membuat target pencapaian yang jelas. Setiap belajar, cobalah untuk membuat target tertentu yang harus anda capai dalam kurun waktu tertentu. Jika anda fokus pada target anda maka peluang anda untuk berhasil akan lebih besar.

Jika perlu buatlah sebuah catatan di buku khusus untuk mencatat target-target hidup anda atau target-target anda dalam massa pendidikan. Buat rincian waktu dengan jelas misalnya semester genap ini anda akan masuk tiga besar, minggu ini nilai ulangan matematika harus sembilan puluh, dan sebagainya.

#8 Skill Belajar yang Baik

10 HAL PENTING PENENTU KESUKSESAN PELAJAR DI SEKOLAH

Skill belajar adalah kemampuan seseorang untuk memanfaatkan berbagai metode belajar untuk mengmbangkan setiap potensi yang ada secara efektif sehingga tujuan utama belajar dapat dicapai. Skill belajar akan mempengaruhi persepsi seseorang mengenai kegiatan belajar dan pendidikan.

Anda termasuk murid yang memiliki skill belajar yang baik jika anda mampu mengenali, mengolah, dan memanfaatkan potensi yang anda miliki dengan metode atau teknik tertentu yang paling efektif bagi anda untuk menyerap, mengolah, dan mengembangkan informasi yang anda terima.

Baca juga : Cara Melatih dan Meningkatkan Daya Ingat.

#9 Membangun Kebiasaan Sukses

Semua orang sukses umumnya memiliki banyak kesamaan, mulai dari cara berfikir, kebiasaan atau gaya hidup, karakter, mental, dan sebagainya. Tugas Anda sebagai pelajar adalah membangun kebiasaan sukses agar menjadi kebiasaan dan gaya hidup anda sehari-hari.

Salah satu kebiasaan sukses yang paling mudah dilakukan adalah membaca buku. Kebiasaan ini tentu sangat cocok untuk pelajar dan sangat baik untuk perkembangan anda. Jika perlu cobalah perhatikan beberapa orang sukses yang menginspirasi anda.

Perhatikan kebiasan-kebiasaan beberapa orang sukses di bidang tertentu yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Cermati kebiasan tersebut dan coba terapkan dalam kehidupan anda sehari-hari. Dengan membangun kebiasaan sukses, maka kemungkinan besar anda akan meniru kesuksesan tersebut.

#10 Semangat Pantang Menyerah yang Besar

Disiplin dan kerja keras merupakan dua hal mutlak yang harus dimiliki jika anda ingin sukses. Sebagian orang mungkin mencapai kesuksesan tanpa perlu bekerja keras tetapi itu hanya segelintir orang dari sekian banyak orang sukses di dunia.

Salah satu karakter yang umum dimiliki oleh orang-orang sukses adalah semangat pantang menyerah yang begitu besar. Orang-orang yang sukses tidak akan menyerah pada kegagalan dan terus berusaha. Begitupula dengan anda, jika anda memiliki semangat pantang menyerah yang besar dalam menuntut ilmu, maka peluang anda untuk sukses akan lebih besar.

Perlu anda ingat bahwa kesuksesan tidak datang pada orang yang menyerah sebelum berhasil. Keberhasilan bahkan tidak melihat orang-orang yang menyerah sebelum berjuang. Jadi, semangat merupakan salah satu kunci sukses termasuk sukses di lingkungan sekolah.

Baca juga : Cara Memilih Games yang Sesuai untuk Tipe Belajar Anda.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment