PANDUAN LENGKAP MENGHASILKAN UANG DARI BLOG UNTUK PEMULA

Posted by on 2016-11-04 - 1:11 PM

Edukiper.com - Semakin lama, pengguna internet semakin meningkat. Peningkatan tersebut didukung oleh kemajuan teknologi di bidang informasi seperti gadget dan internet. Meningkatnya jumlah pengguna internet di dunia dan khususnya di Indonesia tentu semakin membuka peluang besar bagi para blogger untuk menghasilkan uang dari blog mereka. Peningkatan jumlah pengguna internet secara tidak langsung berdampak pada pengingkatan jumlah visitor blog. Jika penghasilan blogger bergantung pada jumlah klik iklan yang mereka terima, maka peningkatan jumlah visitor akan membawa dampak positif bagi penghasilan sebab kemungkinan besar jumlah klik yang mereka terima juga akan meningkat.

Tahapan Menghasilkan Uang Dari Blog

Tentu saja dampak tersebut hanya dirasakan oleh para blogger yang telah berhasil mengembangkan blog dan memonetisasi konten mereka untuk menghasilkan uang secara online. Tapi tidak perlu khawatir, meskipun pemula, kita tetap memiliki peluang yang sama untuk menghasilkan uang di internet.

Salah satu metode yang paling populer dan paling disukai oleh para blogger termasuk blogger Indonesia adalah Google Adsense. Google adsense adalah program periklanan PPC (pay per click) yang membayar pemilik situs berdasarkan jumlah klik yang mereka terima.

Cara kerjanya sangat sederhana, pemilik situs atau blog memasang iklan milik pengiklan di blog mereka melalui perantara Google Adsense lalu pemilik situs akan dibayar jika ada pengunjung yang melaukan klik pada iklan yang dipasang di blog mereka.

Besar bayaran yang diterima bergantung pada nilai CPC (cost per click) dan nilai itu bergantung pada beberapa faktor termasuk anggaran advertiser, asal pengiklan, bahas blog, asal pengunjung, konten blog, dan sebagainya.

Pada kesempatan ini, Edukiper akan membagikan sedikit gambaran mengenai tahapan atau proses menghasilkan uang dari blog gratisan berplatform blogspot.com. Secara garis besarproses tersebut dibagi menjadi beberaa tahapan, yaitu:
1. Membuat akun gmail dan membuat blog
2. Mengisi blog dengan konten secara berkala dan konsisten
3. Mendaftarkan blog ke Webmaster dan memasang sitemap
4. Membuat permohonan ke Google Adsense
5. Memasang kode iklan di blog jika telah disetujui
6. Dapatkan penghasilan untuk klik yang anda terima.

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Gratisan Tanpa Modal.

#1 Cara Membuat Blog di Blogger.com

Cara membuat blog dan menghasilkan uang dari google adsense

Untuk membuat blog dengan platform blogspot.com anda dapat membuatnya di blogger.com. Sebelum membuat akun blogger, anda harus memiliki akun gmail. Jika belum punya akun gmail, anda bisa membuatnya terlebih dahulu lewat gmail atau saat masuk di blogger.

Proses secara singkat : masuk blogger.com > create your blog > pilih profil > klik tombol new blog > pilih nama, alamat, dan template blog > atur desain blog sesuai keinginan > mulai posting artikel.

Setelah masuk ke situs blogger, klik tombol 'Create Your Blog' untuk membuat blog baru. Setelah itu anda akan diminta memasukkan alamat gmail dan password anda. Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih profil google+ atau blogger.

Setelah proses selesai, anda akan dibawa ke halaman beranda atau home blogger. Pada bagian atas sebelah kiri terdapat tombol 'New Blog' yang berfungsi untuk membuat blog baru. Klik tombol tersebut maka akan muncul jendela pengaturan nama dan alamat blog seperti gambar berikut.

Cara membuat blog dan menghasilkan uang dari google adsense

Pada kotak isian title, isikan judul atau nama blog yang anda inginkan. Pada kotak address, coba ketikkan alamt blog yang anda inginkan. Jika alamat tersebut tidak tersedia karena sudah dipakai, coba alamat lainnya sampai anda temukan alamat yang cocok dan tersedia.

Selanjutnya pilih template yang anda inginkan berdasarkan pilihan template yang ada. Anda masih bisa mengubah dan mengdeit template setelah blog anda berhasil dibuat. Kemudian klik tombol 'Create blog' untuk membuat blog.

Anda akan dibawa ke halaman dashboard untuk blog anda. Di halaman ini anda akan menemukan beberapa tombol menu yang akan anda gunakan untuk menulis artikel dan mengolah blog anda. Pada tahap ini, anda sudah mempunyai sebuah blog baru.

Anda dapat membuat blog lebih dari satu dalam satu akun blogger. Untuk membuat blog baru yang lainnya, kembali ke halaman beranda blogger lalu klik tombol New Blog dan ulangi langkah pembuatan blog yang telah dilakukan sebelumnya.

Untuk pemilihan nama dan alamat blog, cobalah untuk menggunakan kata-kata yang menarik dan mengandung keryword yang banyak dicari. Hindari kata-kata yang sulit diingat atau alamat yang terlalu panjang.

Perlu diingat bahwa sebelum membuat blog, kita harus memikirkan secara matang topik apa yang akan kita bahas. Untuk mendapatkan uang dari Google Adsense lebih disarankan untuk membuat niche blog yang hanya membahas satu topik tertentu saja sehingga pengunjungnya lebih tertarget.

Baca juga : Niche Blog yang Paling Cocok untuk Pelajar.

#2 Cara Menulis Konten Secara Konsisten

Cara menulis konten berkualitas dan menghasilkan uang dari google adsense

Setelah selesai membuat blog, tentu tugas anda selanjutnya adalah mengisi blog anda dengan konten-konten berkualitas. Mulailah menulis artikel dengan bahasa anda sendiri. Buatlah artikel yang original dan fresh. Hindari copy paste atau teknik otomatis yang curang.

Untuk menulis artikel, klik tombol new post yang berada di atas menu overview, atau klik tombol dengan ikon pensildi bagian kiri atas tepat di sebelah kanan judul blogger.

Karena tujuan utama kita kali ini adalah menghasilkan uang dari blog, maka anda harus membuat konten yang berkualitas sehingga layak untuk dimonetisasi. Anda juga harus menulis artikel secara berkala dan konsisten. Intinya blog anda harus selalu diupdate.

Anda harus rajin membuat artikel agar blog anda lebih hidup dan dinamis. Akan lebih baik jika anda menulis satu artikel setiap harinya daripada menulis sepuluh artikel di satu hari tetapi berhenti menulis untu beberapa hari atau beberapa minggu.

Konten yang berkualitas memiliki peluang besar untuk tampil di hasil penelusuran dan mendapatkan banyak pengunjung. Beberapa blogger seniro mengatakan bahwa salah satu kriteria artikel berkualitas adalah panjang dan terdiri dari lebih dari 500 karakter.

Selain itu, dalam menulis artikel anda harus cerdas menentukan judul yang paling potensial dalam menarik pengunjung. Anda juga bisa menambahkan heading dan subheading untuk setiap subtopik dalam pembahasan artikel anda.

Untuk mempermudah pengelompokkan artikel, jangan lupa memberi label untuk setiap artikel anda. Dan yang tidak kalah penting untuk optimasi penelusuran, jangan lupa mengaktifkan deskripsi penelusuran dan isilah deskripsi untuk setiap artikel anda.

Ketika menulis artikel, kita juga harus memperhatikan beberapa hal penting termasuk teknik SEO on-Page. Teknik SEO on-Page merupakan teknik optimasi penelusuran yang dilakukan dari dalam blog itu sendiri. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan membuat link dari suatu artikel di artikel lain yang berhubungan.

Baca juga : Cara Menghasilkan Dollar dari Google Untuk Pelajar.

#3 Cara Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tool

Cara mendaftarkan blog ke webmaster dan submit sitemap

Setelah membuat blog dan menulis beberapa artikel, segera daftarkan blog anda ke webmaster tool atau search console milik Google. Kunjungi Google Search Console dan sign in dengan akun gmail yang anda gunakan untuk membuat blog.

Pada halaman beranda atau home search console, klik tombol add a property untuk menambahkan blog anda ke webmaster tool. Selanjutnya akan muncul kolom isian untuk memasukkan alamat blog anda seperti gambar di atas.

Pada kolom isian website, ketikkan alamat blog anda. Perhatikan contoh yang diberikan pada kolom isian tersebut. Selanjutnya, tekan tombol add dan anda akan dibawa ke halaman verifikasi. Pada halaman tersebut ditampilkan beberapa pilihan untuk verifikasi kepemilikan.

Salah satu metode yang paling umum digunakan untuk verivikasi kepemilikan adalah metode HTML tag. Klik pada HTML tag maka akan muncul kode meta tag seperti gambar di atas. Kopi kode tersebut dan pastekan pada template blog anda.

Caranya, masuk ke akun blogger anda, pilih blog yang akan diverifikasi. Klik menu template lalu klik edit. Pada editor template, pastekan kode meta tag yang sudah dikopi tadi tepat di bawah <head>. Setelah itu save template.

Jika penyimpanan berhasil, kembali ke halaman search console tepatnya pada halaman verifikasi tadi. Klik tombol verify untuk memverifikasi kepelimikan dengan metode HTML tag. Jika berhasil, anda bisa melanjutkan ke halaman dashboard blog yang diverifikasi untuk pengaturan lainnya.

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan submit sitemap atau peta situs. Sitemap merupakan petunjuk yang digunakan oleh mesin pencarian untuk merayapi artikel anda. Memasang sitemap merupakan salah satu metode agar artikel yang anda buat cepat terindeks dan tampil di hasil penelusuran.

Untuk membuat sitemap, perhatikan menu di bagian kiri pada halaman dashboard blog di search console. Klik menu 'Crawal' atau perayapan, lalu pilih sitemaps. Pada halaman sitemaps, klik tombol add/test sitemap yang terletak di sebelah kanan atas.

Pada kolom isian yang muncul, masukkan "feeds/posts/default?max-results=9999&amp;amp;alt=json-in-script&amp;amp;callback=loadtoc" lalu tekan tombol submit. Anda juga bisa menambahkan beberapa jenis sitemap lainnya.

Baca juga : Cara Bijak Menentukan Niche Blog Agar Penghasilan Maksimal.

#4 Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

Cara mendaftarkan blog ke Google Adsense

Berdasarkan informasi yang tertera pada bantuan Adsense, salah satu syarat untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense adalah blog minimal sudah aktif selama 6 bulan. Waktu tersebut merupakan kebijakan Google untuk memastikan bahwa blog sudah berkembang dan layak untuk menjadi penanyang iklan.

Itu artinya, selama 6 bulan pertama anda harus mengola dan mengembangkan blog anda sebaik mungkin agar memperoleh trafik pengunjung yang memadai untuk bergabung di Google Adsense. Sebelum memutuskan untuk mendaftarkan blog ke Adsense, pertimbangkan untuk membaca peraturannya terlebih dahulu.

Baja beberapa syarat yang harus dipenuhi dan pastikan bahwa blog anda benar-benar sudah layak untuk didaftarkan ke Google Adsense. Jangan terburu-buru mendaftarkan blog jika blog anda masih minim konten dan sepi pengunjung.

Jika anda merasa blog anda sudah memenuhi beberapa kriteria utama yang menjadi persyaratan publisher Adsense, maka anda bisa mendaftarkan blog anda melalui menu Earnings yang ada di halaman dashboard blog anda.

Pada halaman tersebut, klik tombol 'Sign Up For Adsense' maka anda akan diarahkan untuk mengikuti langkah-langkah pendaftaran. Anda akan diminta untuk sign in menggunakan akun gmail anda. Di sini anda boleh menggunakan akun gmail yang anda gunakan untuk membuat blog atau akun gmail anda yang lainnya.

Setelah itu ikuti langkah-langkah yang tertera. Untuk petunjuk lengkap mengenai langkah-langkah mendaftar Google Adsense akan kami bahas pada artikel selanjutnya karena relatif panjang jika dibahas secara detail.

Setelah mendaftar, maka tunggulah sampai ada email konfirmasi dari Google Adsense untuk mengetahui apakah permohonan anda diterima atau ditolak. Jika permohonan anda diterima, maka pada menu earning akan muncul halaman pengaturan tampilan iklan Adsense dan informasi ID anda.

Baca juga : Alasan Mengapa Blog Menjadi Begitu Populer di Dunia.

#5 Cara Memasang Kode Iklan di Blog

Cara memasang kode iklan Adsense di blog

Jika permohonan anda diterima, maka anda sudah dapat menampilkan iklan di blog anda. Untuk menampilkan iklan di blog anda dapat menampilkannya secara otomatis melalui menu tab Earning kemudian pilih Yes pada pilihan penampilan iklan (Shows ads on blog).

Jika anda pilih Yes maka akan muncul pilihan penampilan iklan di blog anda. Anda bisa memilih untuk menampilkan iklan di sidebar, di halaman artikel, datau di sidebar dan di halaman artikel. Selanjutnya, anda juga bisa mengatur ukuran dan format iklan yang anda inginkan melalui akun adsense anda. 

Selain dengan cara otomatis seperti di atas, anda juga bisa memasang iklan dengan cara meletakkan kode iklan ke dalam template blog anda. Untuk memasang iklan ke dalam template blog, anda harus mempunyai kode iklannya terlebih dahulu.

Untu mendapatkan kode iklan dengan ukuran dan format yang anda inginkan, anda harus masuk ke akun Google Adsense anda. Kunjungi Google Adsense lalu sign in menggunakan akun gmail yang anda gunakan untuk mendaftar Adsense sebelumnya.

Pada halaman utama akun Adsense, klik tab 'Iklan saya' lalu pilih +unit iklan baru untuk membuat unit iklan baru. Pada kolom isian yang muncul, ketik nama unit iklan dengan nama yang spesifik agar mudah dikenali kemudian pilih ukuran iklan yang anda inginkan.

Di bagian bawahnya atur format atau desian iklan sesuai keinginan lalu klik 'Simpan dan Dapatkan Kode'. Pada kotak kode iklan yang terbuka, salin kode iklan lalu buka situs untuk parse HTML. Kode iklan tersebut umumnya harus diparse terlebih dahulu agar bisa dipasang di template blog.

Untuk parse kode, klik saja di google parse HTML maka akan keluar beberapa situs yang bisa digunakan untuk parse HTML. Setelah kode iklan diparse, salin kembali hasil parse dan pastekan pada template blog di bagian yang dinginkan.

Memasang Iklan di Atas Artikel Postingan
Sebagai contoh misalnya anda ingin memasang iklan di bagian atas artikel. Maka caranya adlah sebagai berikut:
1. Masuk ke akun blogger dan klik blog yang akan dipasangi iklan
2. Klik menu Template lalu edit template
3. Cari kode <data:post.body/>
4. Letakkan kode di bawah ini tepat di atas kode <data:post.body/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
Letakaan kode iklan yang sudah diparse di sini
</b:if>

5. Simpan template lalu cek tampilan iklannya.

Ada banyak cara untuk menampilkan iklan di beberapa posisi di blog seperti di baah judul, di sebelah kanan atas artikel, di tengah-tengah artikel, di bagian bawah artikel, di header, dan sebagainya. Kami akan mencoba membagikan caranya pada artikel berikutnya.

Baca juga : Strategi Mengembangkan Blog Agar Bisa Menghasilkan Uang.

#6 Metode Pembayaran Google Adsense

Jika anda berhasil menjadi publisher Adsense dan menanyangkan iklan di blog anda, maka anda akan dibayar berdasarkan jumlah klik yang anda terima. Pembayaran akan dikirim jika penghasilan anda sudah melewati ambang batas (Treshold) sebesar $100.

Pada bulan pertama, jika penghasilan anda sudah mendekati ambang batas, anda harus mengatur metode pembayaran yang akan anda gunakan dan melengkapi identitas anda. Selanjutnya, Google akan mengirim surat berisi PIN yang akan digunakan untuk verifikasi alamat dan identitas anda.

PIN tersebut akan dikirim via POS ke alamat yang anda isikan pada akun Adsense anda. Jika PIN tersebut tidak kunjung tiba, maka anda harus menunggu selama tiga bulan untuk melakukan verifikasi dengan cara mengirim fotokopi KTP.

Dalam kurun waktu tiga bulan itu, jika penghasilan anda sudah melewati ambang batas, maka penghasilan anda akan ditangguhkan. Pembayaran baru akan dikirim setelah anda melakukan verifikasi alamat. Jika proses verifikasi berhasil, maka penghasilan anda akan dibayar setiap tanggal 21-23 setiap sesuai metode pembayara yang anda pilih.

Dari beberapa metode pembayaran yang ada, salah satu metode yang banyak digunakan blogger dan pemula adalah melalui Western Union. Metode Western Union (WU) cenderung lebih mudah. Anda dapat mengambil uang ke kantor POS atau bank yang menyediakan layanan WU.

Untuk mengambil pembayaran melalui WU, anda harus membawah fotokopi KTP dan KTP asli serta nomor MTCN untuk pengambilan uang di WU. Nomor MTCN dapat dilihat pada informasi detail pembayaran yang dapat dicek di tab pembayaran.

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Survey Online.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment