Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan Saat Melihat dan Menganalisis Peluang Usaha

Posted by on 2017-02-07 - 2:58 PM

Edukiper.com - Peluang usaha adalah suatu kesempatan untuk melakukan usaha yang tujuan dasarnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Peluang usaha berkaitan dengan terbukanya jalan untuk memulai suatu usaha atau bisnis. Tidak semua orang dapat melihat peluang usaha sebab tiap orang memiliki cara pandangnya masing-masing. Seseorang yang pintar melihat peluang usaha biasanya akan cenderung lebih mudah mengatasi masalah ekonomi sebab mereka biasanya relatif lebih jeli memanfaatkan kondisi di sekitar mereka.

Peluang usaha dapat timbul kapanpun dan di manapun. Jeli melihat dan memanfaatkan peluang usaha merupakan salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan jika ingin sukses dalam menjalankan sebuah usaha.

Selain itu, wirausaha juga harus menganalisis faktor-faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan saat menangkap sebuah peluang usaha. Pada kesempatan ini, Edukiper akan membahas beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum menangkap sebuah peluang usaha.

A. Mengamati Peluang Usaha

Salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh seorang wirausaha adalah mengamati dan menggali peluang usaha. Seorang wirausahawan harus jeli melihat peluang yang ada di sekitarnya dalam rangka membuka usaha, memperbaiki atau meningkatkan usaha yang sudah ada.

Keahlian melihat peluang usaha sangat dibutuhkan untu seorang wirausahawan sebab kemampuan tersebut akan sangat membantu mereka dalam melihat, memanfaatkan, dan menghasilkan sumber-sumber penghasilan baru yang menguntungkan.

Kemamuan ini juga dibutuhkan untu tindakan antisipasi. Menggali peluang membantu wirausahawan agar dapat mengetahui situasi ekonomi yang sedang terjadi sehingga mereka dapat melakukan antisipasi saat terjadi gejolak ekonomi yang negatif serta mengambil keputusan yang tepat.

Sebagai wirausahawan, mereka harus memiliki beberapa kriteria yang menjadi modal dasar atau pegangan dalam menggali peluang usaha. Beberapa kriteria tersebut berkaitan dengan sikap, mental, cara pandang, dan cara berfikir.

Berikut beberapa modal dasar yang harus dimiliki seorang wirausaha:
1. Selalu berfikir positif, kreatif, dan inovatif
2. Memiliki rasa percaya diri yang baik dan optimistik
3. Memiliki etos kerja yang tinggi serta mandiri
4. Supel, luwes, dan berfikiran terbuka
5. Dapat berkomunikasi dengan baik
6. Mampu membaca situasi yang sedang terjadi
7. Tidak malu bertanya dan mau mengakui keberhasilan orang lain.

B. Apa yang Harus Diperhatikan Saat Menangkap Peluang Usaha?

Memiliki kemampuan untuk melihat sebuah peluang tidak akan berarti apa-apa jika anda tidak dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan cara yang benar. Seringkali seorang wirausaha harus menelan kegagalan karena kurang bijak dalam menangkap peluang usaha.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar peluang yang kita lihat merupakan peluang usaha yang bagus dan dapat dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan yang maksimal? Setelah mengidentifikasi peluang usaha, tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih jenis usaha.

Dalam memilih jenis usaha dilakukan beberapa tahap atau penyaringan yang membutuhkan pertimbangan matang agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi dengan kriteria yang telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Setidaknya ada sepuluh faktor atau aspek yang harus dipetimbangkan dalam menangkap peluang usaha, yaitu keuntungan, risiko, persaingan, bahan baku, tenaga kerja, penguasaan teknis, pemasaran, fasilitas, dan manajemen.

#1 Keuntungan
Faktor pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum menangkap peluang usaha adalah faktor keuntungan. Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu tujun utama dalam membuka usaha adalah untuk memperoleh keuntungan. Oleh karen itu, keuntungan menjadi salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan.

Jika peluang usaha yang kita lihat memiliki kemungkinan keuntungan yang besar, maka peluang tersebut layak untuk dipertimbangkan. Sebaliknya, jika keuntungan yang ditawarkan oleh sebuah peluang dirasa tidak menguntungkan atau kurang memadai, maka sebaiknya difikir ulang.

#2 Resiko
Resiko usaha adalah adalah sesuatu yang timbul sebagai akibat dari keputusan atau kebijakan yang telah diambil dalam usaha. Para wirausahawan umumnya akan berusaha untuk menganalisis resiko dari suatu peluang usaha agar dapat mengantisipasi atau meminimalisirnya.

Sebelum memutuskan untuk memilih suatu peluang usaha, maka perlu dipertimbangkan tingkat resiko yang akan ditimbulkan dari usaha tersebut. Anda harus menganalisis resiko apa saja yang akan ditanggung dan mengaalisis kemampuan anda dalam mengatasi resiko tersebut untuk melihat kesanggupan anda.

#3 Persaingan
Selain keuntungan dan resiko, faktor selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah faktor persaingan. Sebelum memutuskan usaha apa yang akan anda geluti ada baiknya memperhatikan bagaimana kondisi persaingan di pasar yang anda targetkan.

Jika persaingan untuk suatu jenis usaha yang anda bidik sudah sangat ketat, maka anda dapat mempertimbangkan jenis usaha lain yang lebih potensial. Kalaupun menginginkan usaha tersebut cobalah untuk melihat situasi yang akan dihadapi dan lihat kemampuan anda dalam menghadapinya.

#4 Modal
Modal merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memulai suatu usaha. Setelah melihat sebuah peluang usaha dan mengetahui dengan pasti jenis usaha yang ingin anda geluti, cobalah untuk menganalisis kisaran modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tersebut.

Tentu saja anda harus menyesuaikan antara modal yang dapat anda sediakan dengan jenis usaha yang ingin dijalankan. Selain itu perlu juga dipertimbangkan bagaimana dan darimana modal tersebut berasal. Jika modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha yang anda bidik di luar kemampuan anda, tentu anda harus mencari peluang lain yang lebih sesai dengan kamampuan anda.

#5 Bahan Baku
Bahan baku atau bahan dasar merupakan bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk sesuai dengan jenis usaha yang anda bidik. Bahan baku berupa barang meerupakan hal mutlak yang harus diperhatikan jika anda menggeluti jenis usaha di bidang perdagangan barang.

Sebelum membuka usaha tersebut, tentu ana harus lebih dulu mengidentifikasi bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk menghasilkan produk yang akan dijual. Dalam tahap ini perlu dipertimbangkan ketersediaan dan keterjangakauan bahan baku sebab bahan baku akan menentukan tingkat harga pokok dan kelnacaran produksi.

Strategi bisnis saat menangkap peluang usaha

#6 Penguasaan Teknis
Mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk tentu saja tidak cukup untuk membuka suatu usaha. Anda juga harus mengetahui cara atau metode yang digunakan untuk mengolah bahan baku tersebut menjadi suatu produk yang layak untuk dijual.

Oleh karena itu, sebelum menjalankan usaha, salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan adalah penguasaan teknis. Pertimbangkan bagaimana proses pembuatan barang atau jasa yang menjadi produk usaha anda serta aspek-aspek yang berkaitan dengan proses produksinya.

#7 Tenaga Kerja
Jika anda berencana membuka sebuah usaha menengah atau besar yang membutuhkan tenaga kerja, maka faktor berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah faktor tenaga kerja. Perlu dipertimbangkan ketersediaan tenaga kerja untuk jenis usaha yang anda bidik.

Selain ketersediaan tenaga kerja sesuai dengan bidang usaha yang akan anda buka, perlu juga dianalisis kemampuan anda untuk memenuhi kebutuhan anda akan tenaga kerja. Hal ini berkaitan jumlah tenaga kerja dan balas jasa yang harus dikeluarkan.

#8 Pemasaran
Pemasaran merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha terutama jika bidang usaha yang anda pilih adalah bidang perdagangan barang atau jasa. Tidak hanya mempertimbangkan proses produksinya, anda juga harus menganalisis metode pemasaran yang paling sesuai.

Perlu dipertimbangkan bagaimana kemungkinan kondisi pemasaran untuk produk yang anda rencanakan dan dianalisis prospek pemasarannya di waktu yang akan datang. Hal ini sangat penting untuk dicermati karena tidak jarang suatu usaha harus berhenti di tengah jalan karena adanya kendala dalam hal pemasaran.

#9 Fasilitas
Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah faktor fasilitas dan kemudahan. Fasilitas yang dibutuhkan untuk operasi usaha dan kemudahan penyediaannya harus dipertimbangkan secara matang termasuk yang dapat diperoleh dari pemerintah seperti paja dan sebagainya.

#10 Manajemen
Usaha tidak akan berlangsung dengan baik jika tidak dilengkapi dengan manajemen yang baik pula. Sebelum memutuskan untuk melakukan usaha, pertimbangkan terlebih dahulu bagaimana pengelolaan produk dan kemampuan dalam mengolahnya.

Faktor manajemen seringkali diabaikan saat mendirikan usah kecil, padahal manajemen merupakan faktor yang sagat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Sama seperti sebuah negara, usaha tanpa manajemen yang baik akan rentan kehilangan arah.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment