JENIS-JENIS PASAR BERDASARKAN WAKTU DAN JENIS BARANG DAGANGAN

Posted by on 2017-02-20 - 3:57 PM

Edukiper.com - Salah satu syarat terbentuknya pasar adalah tersedianya barang atau jasa yang akan diperjualbelikan. Barang yang diperdagangkan tidak terbatas pada barang-barang konsumsi melainkan juga barang-barang produksi. Selain itu, syarat lain yang juga harus dipenuhi dalam pembentukan pasar adalah adanya sarana yang memungkinkan untuk berlangsungnya transaksi jual-beli. Secara umum, transaksi jual-beli terjadi secara lamgsung yaitu dengan betemunya penjual dan pembeli. Akan tetapi, transaksi jual-beli juga dapat terjadi melalui perantara tertentu sehingga penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung. Pada kesempatan ini, Edukiper akan membahas jenis-jenis pasar berdasarkan jenis barang yang dijual dan berdasarkan waktu bertemunya penjual dan pembeli.

A. Jenis Pasar Berdasarkan Jenis Barang

Jika dikaitkan dengan produk yang diperjualbelikan, maka sebuah pasar dapat didefinisikan sebagai kelompok barang atau jasa yang dipandang sebagai produk pengganti oleh pembeli. Dari sudut pandang pembeli, suatu produk mewakili pasar-pasar yang terpisah satu sama lain.

Berdasarkan jenis barang dagangannya, pasar dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
1. Pasar konsumsi
2. Pasar produksi

#1 Pasar Konsumsi
Pasar konsumsi adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang konsumsi. Barang-barang konsumsi adalah barang-barang yang sudah siap pakai atau dapat lansgung dikonsumsi baik secara langsung atau dengan mengolahnya terlebih dahulu.

Pasar konsumsi menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, sayuran, bumbu dapur, buah-buahan, ikan, daging, beras, pakaian, perlengkapan mandi dan mencuci, peralatan sekolah, dan sebagainya termasuk berbagai barang kebutuhan sekunder dan tersier.

#2 Pasar Produksi
Pasar produksi adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang atau faktor-faktor produksi. Barang-barang produksi adalah segala jenis barang yang digunakan untuk kegiatan produksi yaitu untuk menghasilkan produk tertentu.

Pasar produksi menyediakan berbagai jenis barang yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi seperti mesin-mesin produksi, alat pertanian, alat transportasi, bahan mentah, berbagai rakitan mesin atau teknologi pendukung, dan sebagainya.

B. Jenis Pasar Berdasarkan Waktu Berlangsungnya

Jenis-jenis pasar berdasarkan waktu berlangsungnya

Jika dilihat berdasarkan waktu bertemunya penjual dan pembeli, maka pasar dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:
1. Pasar harian
2. Pasar mingguan
3. Pasar bulanan
4. Pasar tahunan

#1 Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang penyelenggaraannya dilakukan setai hari sehingga penjual dan pembeli dapat bertemu setiap hari. Pasar harian memperjualbelikan berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, sayuran, buah-buahan, ikan, daging, bumbu dapur, pakaian, peralatan dapur, perlengkapan kamar mandi, dan sebagainya.

Pasar harian biasanya sudah ada di setiap wilayah atau daerah yang pemukimannya sudah padat atau memadai untuk melakukan kegiatan jual-beli setiap harinya. Pasar harian tersebar di berbagai kecamatan dan menjadi salah satu pusat perputaran uang.

#2 Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang berlangsung seminggu sekali sehingga penjual dan pembeli bertemu seminggu sekali pada hari yang telah ditenutukan sebagai hari pasar tersebut. Pasar mingguan lebih dikenal dengan istilah pekan.

Pasar mingguan atau pekan umumnya terdapat di daerah yang penduduknya belum begitu padat atau pada daerah yang jalur transportasinya masih cenderung terbatas. Sama seperti pasar harian, pasar mingguan juga menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari.

#3 Pasar Bulanan
Sesuai dengan namanya, pasar bulanan adalah pasar yang penyelenggaraannya dilaksanakan sebulan sekali. Pasar bulanan hanya terdapat di daerah tertentu dan umumnya barang yang diperjualbelikan adalah barang-barang tertentu saja seperti hewan ternak, hasil industri, hasil karya seni, dan sebagainya. Pembeli pada pasar bulanan tidak terbatas pada konsumen saja melainkan juga pedagang.

#4 Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang berlangsung setahun sekali. Pasar ini umumnya bersifat nasional dan beberapa diantaranya bersifat internasional. Produk yang dijual di pasar tahunan biasanya adalah barang-barang khusus yang berseusaian dengan tema pasar pada tahun itu.

C. Perbandingan Jenis-jenis Pasar

Berikut ini kami tampilkan tabel perbandingan antara pasar konsumsi, pasar produksi, pasar harian, pasar minguan, pasar bulanan, dan pasar tahunan beserta contohnya.
Jenis PasarProduk yang DijualContoh
KonsumsiBarang-barang konsumsi seperti beras, sayuran, buah-buahan, ikan, daging, susu, pakaian, peralatan mandi, dllPasar Senin, Pajak Petisah Medan, Pasar Impres.
ProduksiBarang-barang produksi seperti mesin, alat pertanian, alat transportasi, peralatan teknis, dllToko alat pertanian, Toko alat-alat berat, Pasar penyedia mesin.
HarianBarang-barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, sayuran, ikan, minyak, daging, buah-buahan, dllPasar Petisah, Pajak Sore, Pasar Pringgan.
MingguanBarang-barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, sayuran, ikan, minyak, daging, buah-buahan, pakaian dllPekan minggu, pasar wage, pasar pon, pekan sabtu.
BulananBarang-barang tertentu yang diperjualkan untuk konsumen dan pedagang seperti hewan ternak, hasil industri, hasil seni, dllPasar hewan, pasar hasil industri, Pasar karya seni.
TahunanBarang-barang khusus seperti produk UKM, kuliner, hiburan, buku, dllJakarta Fair, Medan Fair, Jakarta Book Fair, Ramadhan fair.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment