PENGERTIAN PASAR, FUNGSI DAN SYARAT TERBENTUKNYA PASAR

Posted by on 2017-02-20 - 9:32 AM

Edukiper.com - Dalam kehidupan sehari-hari pasar mungkin memiliki pengertian yang berbeda-beda atau bahkan merujuk pada sesuatu yang berbeda. Untuk sebagian masyarakat di daerah tertentu, pasar merupakan sarana transportasi yaitu merujuk pada jalan raya yang terbuat dari aspal. Kemudian ada pula istilah pasar malam yang identik dengan berbagai wahana hiburan rakyat yang diadakan di malam hari. Dalam ilmu ekonomi, tentu saja pasar bukanlah jalan raya atau wahana hiburan seperti yang telah dipaparkan di atas. Sebagian besar orang yang tinggal di pulau jawa mungkin tidak asing lagi dengan istilah pasar sementara sebagian orang lagi lebih mengenal istilah pajak atau pekan. Pada dasarnya ketiga istilah tersebut merujuk pada sebuah pengertian yang serupa namun pada kesempatan ini Edukiper akan membahasnya dengan istilah yang digunakan secara umum yaitu pasar.

A. Pengertian Pasar

Secara umum, ketika seseorang ditanya mengenai pendapat atau pemahaman mereka tentang arti pasar, maka akan ada beberapa jawaban yang mengacu pada satu hal yang sama meski dinyatakan dengan kalimat yang berbeda. Beberap jawaban tersebut antaralain :
1). Tempat untuk menjual produk berbagai kebutuhan
2). Tempat membeli berbagai kebutuhan sehari-hari
3). Tempat bertemunya penjual dan pembeli
4). Tempat yang menyediakan barang dengan harga relatif lebih murah
5). Tempat yang dipenuhi orang-orang untuk kegiatan jual beli.

#1 Pengertian Pasar Secara Luas
Jika diartikan secara luas, maka pasar adalah tempat bertemunya penjual yang memiliki kemampuan untuk menjual barang atau jasa dan pembeli yang memiliki uang untuk membeli barang dengan harga tertentu. Dengan kata lain, pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli.

#2 Pengertian Pasar Secara Sempit
Secara sempit, pasar adalah suatu pertemuan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dengan demikian, seara sempit definisi pasar lebih mengacu suatu proses atau kegiatan sedangan secara luas definisi pasar mengacu pada tempat.

Berdasarkan beberapa jawaban dan pengertian di atas, maka dapat kita tarik beberapa kesimpulan mengenai pengertian pasar. Pasar berkaitan dengan beberapa hal berikut :
1). Hubungan transaksi penjual dan pembeli
2). Tempat terjadinya transaksi jual-beli
3). Berfungsi untuk memperoleh alat pemuas kebutuhan
4). Salah satu aliran distribusi barang atau jasa
5). Tercapainya kesepakatan harga.

B. Fungsi Pasar

Dalam ilmu ekonomi, pasar lebih diartikan secara abstrak. Artinya, pasar tidak terbatas pada tempat atau pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. Pasar dapat terbentuk kapan saja dan di mana saja asal ada penjual, pembeli, dan produk yang diperjual belikan.

Intinya, pasar tidak hanya mengacu pada sebuah tempat yang terjadi transaksi jual beli melainkan suatu proses terjadinya jual beli. Jual-beli bisa saja berlangsung melalui surat-menyurat, telepon, atau internet. Jual-beli melalui media internet merupakan salah satu pasar yang sangat populer saat ini.

Sebagai suatu proses atau kegiatan jual-beli, pasar memiliki beberapa fungsi yang penting bagi kehidupan manusia, antaralain sebagai sarana distribusi, pembentuk harga, sebagai sarana promosi, dan memperluas lapangan kerja.

#1 Pasar Sebagai Sarana Distribusi
Sebagai tempat atau proses terjadinya transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli, pasar berfungsi sebagai sarana distribusi. Terbentuknya pasar membantu memperlancar penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan mudah.

#2 Pasar Sebagai Pembentuk Harga
Sebagai salah satu kegiatan jual-beli yang besar, pasar berperan dalam proses pembentukan harga. Di pasar terjadi kesepakatan harga antara produsen, distributor, penjual, dan pembeli. Harga pasar umumnya menjadi harga patokan di masyarakat.

#3 Pasar Sebagai Sarana Promosi
Pasar juga berfungsi sebagai sarana promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang atau jasa kepada konsumen. Pasar menjadi salah satu media yang tepat untuk berpromosi sebab di sana tempat berkumpulnya konsumen dengan berbagai kebutuhan mereka.

#4 Pasar Memperluas Lapangan Kerja
Selain mempermudah masayarkat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, pasar juga secara tidak langsung membantu menambah lapangan pekerjaan. Dengan terbentuknya pasar maka pedagang akan bertambah dan sebagian besar membutuhkan tenaga kerja untuk berjualan.

C. Syarat-syarat Terbentuknya Pasar

Syarat-syarat terbentuknya pasar

Pasar memang dapat berlangsung di mana saja dan kapan saja. Akan tetapi, untuk membentuk suatu pasar harus ada beberapa syarat yang terpenuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain adanya tempat, tersedianya barang atau jasa, ada penjual dan ada pembeli.

#1 Ada Sarana untuk Berdagang
Karena pasar dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, maka sarana untuk berdagang tidak terbatas pada tempat atau lokasi yang mempertemukan penjual dan pembeli. Selain tempat fisik, sarana untuk berdagang dapat dalam berbagai bentuk seperti via email, telepon, chatting, sosial media, toko online, dan sebagainya.

#2 Ada Barang atau Jasa yang Akan Dijual
Agar terjadi transaksi jual beli tentu saja harus ada barang atau jasa yang akan diperjualbelikan. Barang yang diperjualbelikan di pasar tidak hanya berupa barang konsumsi tetapi juga barang produksi. Selain itu, ada juga pasar yang memperjualbelikan uang dan modal.

#3 Ada Pedagang yang Menjual Barang atau Jasa
Agar barang atau jasa yang akan dijual dapat tersalurkan ke konsumen, tentu harus ada yang bertindak sebagai penjual. Penjual adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menyediakan berbagai produk yang akan dibutuhkan oleh konsumen.

#4 Ada Pembeli yang Membeli Kebutuhan
Setelah ada produk dan ada penjual, maka harus ada pembeli. Pembeli adalah orang yang memiliki sejumlah uang untuk membeli sejumlah produk sesuai dengan kebutuha dan kemampuan. Jika tidak ada pembeli tentu transaksi jual-beli tidak akan berlangsung.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment