HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENGUMPULAN DATA

Posted by on 2017-07-21 - 9:11 AM

Edukiper.com - Pengumpulan Data dalam Penelitian Ilmiah. Apa yang dimaksud dengan pengumpulan data dan apa tujuannya? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat pengumpulan data? Dalam sebuah penelitian ilmiah, salah satu tahapan yang sangat penting adalah pengumpulan data. Proses pengumpulan data harus dilakukan dengan benar sebab akan mempengaruhi hasil dari sebuah penelitian ilmiah.

Pengumpulan data merupakan serangkaian proses yang dilakukan oleh seorang peneliti untuk memperoleh sejumlah data yang relevan dengan tujuan penelitiannya. Pengumpulan data bertujuan untuk menghasilkan data yang akurat terkait suatu permasalahan yang diteliti.

Dalam pengumpulan data, seorang peneliti harus memperhatikan beberapa aspek penting termasuk sifat ilmiah agar data yang dihasilkan benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Data yang lengkap dan akurat akan sangat membantu proses analisis dan penarikan kesimpulan.

#1 Objektivitas 

Hal yang harus diperhatikan dalam pengumpulan data

Salah satu sifat ilmiah yang harus ditegaskan oleh seorang peneliti dalam tahap pengumpulan data adalah sifat objektif. Dalam mengumpulkan data peneliti tidak boleh melibatkan keinginan, sudut pandang, atau maksud-maksud tertentu yang sifatnya subjektif.

Kadangkala, seorang peneliti mungkin merasa bahwa data yang dikumpulkan seharusnya tidak demikian atau seharusnya sesuai dengan data referensi sehingga ada niat untuk mengubahnya. Sikap seperti ini harus dihindari karena jika diubah, maka data tidak objektif.

#2 Validitas Data

Validitas data adalah ukuran yang menyatakan kesahihan suatu data, yaitu derajat ketepatan antara data yang terdapat di lapangan dengan data yang dilaporkan oleh peneliti. Dalam penelitian, seorang peneliti harus mempertahankan relevansi data yang ia kumpulkan dan menyimpulkan hasil penelitian sesuai dengan data yang ia peroleh.

Suatu data dikatakan valid atau sahih jika pengukuran atau pengamatan terhadap suatu objek yang sedang diteliti dapat dilakukan dengan tepat. Data harus dilaporkan sesuai dengan kenyataan tanpa ada pengubahan atas penambahan untuk tujuan tertentu.

Validitas data sangat penting dalam sebuah penelitian ilmiah karena data akan sangat mempengaruhi hasil penelitian. Jika data yang dikumpulkan tidak valid, maka hasil penelitian juga tidak valid dan kemungkinan akan jauh dari sifat ilmiah.

#3 Reliabilitas

Reliabilitas adalah konsistensi dari suatu data yang jika diukur kembali akan menghasilkan nilai yang sama. Dalam pengumpulan data, seorang peneliti dapat mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk melalui pengukuran langsung.

Jika data dihasilkan dari pengukuran, maka sebaiknya pengukuran dilakukan secara berulang-ulang untuk menghasilkan data yang akurat. Data disebut reliabilitas jika dari pengukuran atau pengamatan secara berulang, datanya tetap sama.

Demikianlah pembahasan singkat tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengumpulan data. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment