PENGERTIAN DAN BENTUK-BENTUK ENERGI BESERTA SUMBERNYA

Posted by on 2017-07-11 - 5:19 PM

Edukiper.com - Apa yang dimaksud dengan energi? Dapatkah anda menjelaskan bentuk-bentuk energi beserta sumbernya? Secara sederhana, energi dapat diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh suatu materi atau benda untuk melakukan usaha. Dalam beberapa kasus, energi sering pula disebut sebagai tenaga. Energi diukur dalam satuan Joule. Energi dapat tampil dalam bentuk yang berbeda-beda. Beberapa bentuk energi yang umum antara lain energi cahaya, energi kalor, energi bunyi, energi listrik, energi potensial, energi kinetik, energi kimia, dan energi nuklir.

#1 Energi Bunyi
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh getaran benda. Energi bunyi terbentuk karena adanya getaran partikel-partikel udara di sekitar sebuah sumber bunyi. Bunyi tidak akan dapat didengar jika di sekitar sumber bunyi tidak ada udara.

#2 Energi Cahaya
Energi cahaya adalah energi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. Cahaya terbentuk dengan instensitas yang berbeda-beda. Energi cahaya berasal dari sumber cahaya yaitu benda atau alat yang dapat menghasilan cahaya seperti matahari, lampu, dan sebagainya.

#3 Energi Kalor
Energi kalor adalah energi yang dapat mempengaruhi suhu, volume, dan wujud benda. Energi kalor dihasilkan oleh gerak internal partkel-partikel di dalam suatu zat. Berbicara mengenai energi kalor maka erat kaitannya dengan teperatur dan sifat panas.

#4 Energi Listrik
Energi listrik adalah energi yang ditimbulkan oleh perpindahan muatan-muatan listrik. Pergerakan muatan-muatan listrik melalui suatu penghantar inilah yang kemudian kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan hidup yang membutuhkan listrik. Beberapa sumber energi listrik antaralain baterai, akumulator, sel surya, dan pembangkit listrik bertenaga tertentu.

#5 Energi Kinetik
Energi kinetik adalah energi yang dimiliki atau ditimbulkan oleh benda-benda yang bergerak, sehingga sering pula disebut sebagai energi gerak. Energi kinetik dimiliki oleh sebuah benda karena kelajuan nya. Setiap benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu pasti memiliki energi kinetik.

#6 Energi Potensial
Energi yang dimiliki oleh suatu benda karena posisi atau ketinggiannya disebut energi potensial. Energi potensial dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu energi potensial gravitasi, energi potensial elastik, dan energi potensial kimia.

Energi potensial gravitasi adalah energi yang dimiliki oleh benda karena ketinggiannya. Semakin tinggi maka akan semakin besar energi potensialnya. Energi potensial elastik ditemukan pada pegas yang ditekan atau ditarik dan pada busur panah yang ditarik.

#7 Energi Kimia
Energi kimia adalah energi yang dimiliki oleh suatu zat melalui reaksi kimia. Energi kimia dapat dijumpai pada bahan makanan (seperti nasi, susu, dll), bahan bakar (kayu, minyak, batu bara, gas alam, dll) dan sebagainya. Energi kimia berasal dari kandungan kimia yang ada di dalam suatu zat.

#8 Energi Nuklir
Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan melalui reaksi inti atom. Energi nuklir dihasilkan oleh reaksi inti dari bahan radioaktif dan cenderung menghasilkan radiasi yang besar. Beberapa contoh energi nuklir antara lain energi pada inti matahari, bom nuklir, dan sebagainya.

Berdasarkan sifat pembaharuannya, sumber energi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sumber energi yang dapat diperbaharui (misal tenaga air, pembangkit listrik, kayu bakar, dll) dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui (misal bensin, solar, gas alam cair, minyak tanah, dll).

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian energi dan bentuk-bentuk energi beserta sumbernya. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment