RUMUS MENENTUKAN MASSA SUATU ZAT JIKA VOLUME DIKETAHUI

Posted by on 2017-07-15 - 7:20 PM

Edukiper.com - Hubungan Massa dan Volume Zat. Apa yang dimaksud dengan massa? Apa hubungan antara massa dan volume? Bagaimana cara menentukan massa suatu zat jika volume zat tersebut diketahui? Massa dan volume merupakan dua besaran yang berhubungan. Kita dapat menentukan massa suatu zat jika volume nya diketahui atau sebaliknya.

Massa adalah besaran yang menyatakan ukuran kelembaman suatu benda yaitu kecenderungan suatu benda untuk mempertahankan posisinya. Dalam kehidupan sehari-hari massa seringkali disalahartikan sebagai berat padahal massa dan berat adalah dua besaran yang berbeda.

Massa merupakan sifat fisika dari suatu benda dan nilainya tetap terhadap perubahan posisi. Sedangkan berat adalah hasil kali antara massa benda dengan percepatan gravitasi dimana benda tersebut berada. Berat suatu benda dapat berubah bergantung pada percepatan gravitasi yang dialaminya.

Jika dikaitkan dengan volume zat, maka massa suatu zat yang belum diketahui dapat ditentukan jika volume zat tersebut diketahui. Dengan catatan, kita juga harus sudah tahu nilai massa jenis dari zat yang akan dihitung massanya sebab massa jenis zat sudah tertentu.

Hubungan Massa dan Volume

Menentukan massa jika volume diketahui

Jika volume suatu zat (V) dan massa jenis zat tersebut (ρ) diketahui dalam soal, maka massa zat tersebut dapat ditentukan berdasarkan rumus m = ρ . V. Dari rumus tersebut, dapat dilihat bahwa massa zat berbanding lurus dengan hasil kali masa jenis dengan volume zat.

Bila volume zat dinyatakan dalam satuan m3 dan massa jenis dinyatakan dalam satuan kg/m3, maka satuan massa yang dihitung adalah kg. Selain kg, massa juga dapat dinyatakan dalam satuan gram. Dalam perhitungan perlu diperhatikan apakah satuannya sudah sesuai atau belum.

Perlu diingat bahwa dalam soal terkadang hanya diketahui volume zat saja sementara massa jenisnya tidak diberitahukan. Oleh karena itu, perlu untuk menghapal nilai massa jenis dari beberapa zat yang umum misalnya massa jenis air adalah 1000 kg/m3.

Baca juga : Cara Menghitung Massa Jenis Zat.

Contoh Menentukan Massa Suatu Zat

Dalam percobaan pengukuran volume sebuah benda menggunakan tabung ukur berpancuran yang berisi air, diketahui volume air yang tumpah ke gelas ukur adalah 50 mL. Jika benda tersebut terbuat dari kuningan dan massa jenisnya adalah 8,40 g/cm3, maka tentukanlah massa benda tersebut!

Pembahasan :
Pada percobaan pengukuran volume benda menggunakan tabung berpancuran, volume benda sama dengan volume air yang tertumpah ke gelas ukur.

Dik : V = 50 mL = 50 cm3, ρ = 8,40 g/cm3
Dit : m = .... ?

Berdasarkan rumus hubungan massa dan volume:
⇒ m = ρ . V
⇒ m = 8,40 g/cm3  x 50 cm3
⇒ m = 420 g
⇒ m = 0,42 kg

Jadi, massa benda tersebut adalah 0,42 kg.

Baca juga : Cara Menghitung Volume Jika Massa Diketahui.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment