PEMBAHASAN SOAL ESSAI SALING KETERGANTUNGAN ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM

Posted by on 09 August 2017 - 8:08 AM

Edukiper.com - Saling ketergantungan . Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Saling ketergantungan beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Interdependensi (saling ketergantungan) seperti beberapa pengelompokan komponen biotik berdasarkan perannya, pengelompokkan konsumen berdasarkan makanannya, pengaruh biotik terhadap faktor abiotik, pengaruh abiotik terhadap faktor biotik, ketergantungan tumbuhan terhadap lingkungan nya.

Soal 1 :Jelaskan pengelompokkan komponen biotik berdasarkan peranannya di dalam ekosistem!

Pembahasan :
Berdasarkan peranan di dalam ekosistem, komponen biotik dikelompokkan menjadi 2 yaitu produsen dan konsumen.

#1 Produsen
Produsen merupakan organisme yang mampu membuat makanan sendiri (mengubah bahan anorganik menjadi organik) melalui peristiwa fotosintesis atau asimilasi.

#2 Konsumen
Konsumen merupakan organisme yang memperoleh makanan dari organisme lain, karena tidak dapat melakukan fotosintesis.

Soal 2 : Jelaskan pengelompokkan konsumen berdasarkan jenis makanannya!

Pembahasan :
Berdasarkan jenis makanannya konsumen dikelompokkan menjadi 5 yaitu konsumen I, konsumen II, konsumen III, detritivor dan dekomposer.

#1 Konsumen I
Konsumen I (Herbivora), yaitu hewan pemakan tumbuhan. Beberapa contoh antara lain kambing, rusa, sapi dan kelinci.

#2 Konsumen II
Konsumen II (Omnivora dan karnivora), yaitu hewan pemakan konsumen tingkat I. Beberapa contoh antara lain singa, serigala, harimau dan ular.

#3 Konsumen III
Konsumen III (karnivora) dan omnivora, yaitu hewan pemakan konsumen II.

#4 Detritivor
Detritivor merupakan organisme pemakan serpihan. Beberapa contoh antara lain rayap, cacing dan hewan berkulit duri.

#5 Dekomposer
Dekomposer merupakan organisme pengurai sisa makhluk hidup menjadi zat anorganik yang dapat diserap oleh tumbuhan. Beberapa conyoh antara lain bakteri dan jamur saprofit.

Soal 3 : Jelaskan pengaruh komponen biotik terhadap faktor abiotik!

Pembahasan :
#1 Pengaruh tumbuhan terhadap faktor biotik
Pada saat berfotosintesis, tumbuhan menghasilkan oksigen dan uap air. Oksigen dan uap air tersebut membuat udara segar.Tumbuhan mengurangi erosi, air hujan yang jatuh tidak langsung mengenai tanah tapi jatuh perlahan melalui daun dan bakteri yang bersimbiosis dengan akr tumbuhan polong-polongan meningkatkan kadar nitrogen tanah sehingga tanah menjadi subur.

#2 Pengaruh konsumen terhadap faktor abiotik
Konsumen merupakan hewan herbivora dan karnivora. Hewan membuang sisa metabolisme berupa urin dan juga membuang feses (tinja) ke lingkungan. kotoran hewan mengandung banyak zat organik yang menyebabkan tanah menjadi subur.

#3 Pengaruh detritivor terhadap faktor abiotik
Detritvor merupakan pengurai. Tumbuhan dan hewan yang telah mati dan sisa kotoran hewan akan diuraikan oleh dekomposer pada suatu ekosistem yang menyebabkan tanah menjadi subur.

Soal 4 : Jelaskan pengaruh komponen abiotik terhadap faktor biotik!

Pembahasan :
#1 Pengaruh cahaya terhadap komponen biotik
Tumbuhan memerlukan cahaya untuk fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan glukosa yang akan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan. Cahaya matahari untuk pertumbuhan tulang yang dapat mengubah provitamin D dan menjadi vitamin D.

#2 Pengaruh udara terhadap faktor biotik
Semua organisme memerlukan udara untuk melakukan fotosintesis tumbuhan memerlukan karbondioksida. Sedangkan untuk melakukan respirasi semua organisme baik manusia, hewan dan tumbuhan memerluka oksigen.

#3 Pengaruh tanah terhadap faktor biotik
Tumbuhan dapat hidup subur bila tanahnya banyak mengandung bahan organik, air serata udara. Apabila tumbuhan tumbuh subur manusia dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhannya.

#4 Pengaruh air terhadap faktor biotik
Tumbuhan memerlukan air antara lain untuk melakukan fotosintesis. Hewan memerlukan air untuk minum sebagai tempat hidup. Sedangkan manusia memanfaatkan air untuk berbagai macam kebutuhan.

Soal 5 : Jelaskan ketergantungan tumbuhan pada lingkungan abiotik!

Pembahasan :
Tumbuhan melakukan fotosintesis memerlukan air, karbondioksida dan cahaya matahari. Air diserap tumbuhan dari tanah, sedangkan gas karbondioksida diperoleh tumbuhan dari udara yang masuk melalui stomata (mulut daun). Hal itu menunjukkan bahwa tumbuhan bergantung pada lingkungan abiotiknya, antara lain berupa tanah, udara dan cahaya.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang TOPIK. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment