PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG BAGIAN-BAGIAN MIKROSKOP DAN FUNGSINYA

Posted by on 2017-08-21 - 9:23 AM

Edukiper.com - Mikroskop Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Mikroskop beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Mikroskop seperti pengertian Mikroskop beserta bagian-bagaiannya, penjelasan cara menggunakan Mikroskop, penjelasan cara membersihkan Lensa Okuler.

Soal 1 : Apa ang dimaksud dengan Mikroskop dan sebutkan bagian-bagian serta fungsinya!

Pembahasan :
Mikroskop berasal berasal dari bahasa Yunani, mikros berarti kecil dan skopeo berarti melihat. Mikroskop adalah alat untuk melihat benda-benda atau obyek yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata biasa.

Bagian-bagian dari mikroskop yaitu :
1). Pemutar lesnsa : menyesuaikan kedudukan lensa ojektif
2). Lensa objektif : memperbesar bayangan benda
3). Penjepit : menjepit agar tidak bergeser
4). Kondensor : mengumpulkan cahaya dari cermin ke sediaan
5). Diafragma : mengatur banyaknya cahaya yang menuju kondensor
6). Lensa okuler : memperbesar bayangan dari lensa objektif
7). Badan mikroskop : dapat dinaikkan atau diturunkan
8). Makrometer : menaikkan atau menurunkan badan mikroskop secara cepat
9). Mikrometer : menaikkan atau menurunkan badan mikroskop secara lambat
10). Lengan mikroskop : penyokong struktur mikroskop
11). Meja mikroskop : meletakkan sediaan
12). Pemutar kondensasi : mengatur cahaya optimum
13). Kaki mikroskop : untuk menegakkan mirkoskop.

Soal 2 : Bagaimana cara menggunakan Mikroskop?

Pembahasan :
Alas mikroskop bagian atas dapat diputar, dengan demikian kedudukan mikroskop dapat diatur menurut kehendak pemakai, dapat tegak atau condong.

1). Letakkan kaca objek di atas meja objek dan penjepit di bawah pengaman, pastikan bahwa objek yang diteliti/spesimen terletak tepat di atas lubang cahaya meja objek.

2). Putarlah diafragma sedemikian rupa, sehingga posisi lubang diafragma yang terbesar tepat di bawah lubang cahaya meja objek.

3). Aturlah cermin putar agar jalur cahaya tepat jatuh pada lubang cahaya meja objek. Putar pemutar objektif berindek pada posisi dengan lensa objektif pembesaran 4x tepat berada diatas benda objek. Pastikan bahwa pemutar objektif berindek betul-betul telah masuk pada posisi klik.

4). Selama pengamatan melalui okuler, putalah pengatur fokus untuk mendaptkan gambar spesimen dengan fokus yang terbaik. Jika diperlukan geserlah kaca benda objek ada di tengah daerah pemandangan.

5). Jika gambar spesimen kurang kontras putar diafragma pada posisi lubang yang lebih kecil. Lubang cahaya yang lebih kecil akan menambah kekontrasan gambar-gambar spesimen.

6). Putar pemutar objek pada posisi dengan lensa objektif pembesaran 40x untuk mendapatkan gambar spesimen, dengan fokus yang tajam. Mungkin masih dibutuhkan sedikit putaran tambahan pada pengatur fokus. Bila cara tersebut di atas telah dilaksanakan, berarti fokus optimum telah tercapai untuk objektif 40x, 10x dan 4x.

Soal 3 : Bagaimana cara membersihkan lensa okuler pada mirkoskop?

Pembahasan :
1). Bersihkan permukaan lensa bagian atas dari okuler bila ada gangguan
2). Kendorkan sekrup pengunci okuler yang terdapat pada bagian atas tabung okuler dengan bantuan obeng kecil min (-) sehingga seluruh okuler tersebut dapat ditarik keluar.
3). Bersihkan permukaan lensa bagian bawah dari okuler bila ada gangguan
4). Pisahkan bagian atas dan bawah okuler dengan cara memutar kedua bagian tersebut dengan tangan pada arah yang berlawanan jarum jam

5). Bersihkan permukaan masing-masing lensa baik kedua bagian dalamnya maupun luarnya. Kemudian pasang kembali kedua bagian okuler tersebut seperti kedudukan semula dan periksalah hasil pembersihan tersebut.
6). Bila pembersihan tersebut menghilangkan semua bintik-bintik tersebut. Maka kegiatan pembersihan ini berhasil dengan baik.

7). Bila ternyata jumlah bintik tersebut berkurang tetapi tidak semuanya, makan ulangi kegiatan 4 dan 5 sehingga kondisi seperti pada 6 diperoleh.
8). Bila kegiatan 7 telah dilakukan berkali-kali tetapi bintik-bintik tersebut tidak juga hilang. Maka salah satu atau kedua lensa okuler tersebut harus diganti dengan yang bersih.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Mikroskop. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment