PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG CIRI-CIRI MANUSIA BERDASARKAN USIA

Posted by on 2017-08-21 - 9:07 AM

Edukiper.com - Ciri-ciri Pada Manusia Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Ciri-ciri Pada Manusia beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Ciri-ciri Pada Manusia seperti pengertian dalam perubahan tubuh manusia, ciri-ciri pada kelamin primer, ciri-ciri pada kelamin sekunder, penjelasan mengapa wanita bisa mengalami menstruasi, perubahan fisik pada masa dewasa, perubahan fisik pada manula.

Soal 1 : Jelaskan perubahan tubuh manusia dimasa balita, kanak-kanak dan remaja!

Pembahasan :
#1 Masa balita (0-4)
Balita merupakan awal masa pertumbuhan di luar rahim dan paru-paru mulai berfungsi. Karena waktu di dalam rahim pertukaran gas melalui plasenta dan suhu tubuh di dalam rahim konstan.

#2. Masa kanak-kanak (5-11)
Kanak-kanak merupakan masa diproduksi hormon seks namun masih rendah. Masa kanak-kanak mengalami pertumbuhan fisik dan mental yang cepat, sehingga perlu gizi dan lingkungan yang baik.

#3 Masa remaja
Remaja merupakan masa saat memasuki masa pubertas, banyak perubahan dan perkembangan yang terjadi baik perubahan fisik maupun perubahan mental. Pada saat ini pula akan menghadapi berbagai perubahan atau proses yang sebelumnya belum dialami.

Hal ini terutama dapat dilihat pada pertambahan tinggi badan yang cepat, pertumbuhan dada dan pinggul. Selain perkembangan fisik, juga terjadi perkembangan seksual. Beberapa pendapat, masa-masa fubertas merupakan masa paling rawan bagi remaja.

Soal 2 : Sebutkan ciri-ciri kelam1n primer pada pria dan wanita!

Pembahasan :
#1 Pada Pria
Pada pria ditandai dengan matangnya organ kelamin yaitu t3stis menghasilkan sel kelamin (sp3rma) dan hormon.

#2 Pada Wanita
Pada wanita matangnya organ kelamin ditandai dengan tumbuhnya rahim dan indung telur (ovarium). Ovarium akan mengeluarkan sel kelamin (ovum) dan hormon yang diperlukan untuk menstruasi, kehamilan dan perkembangan organ kelamin sekunder.

Soal 3 : Sebutkan ciri-ciri kelamin sekunder pada pria dan wanita!

Pembahasan :
#1 Pada Pria
Pada pria yaitu tumbuhnya rambut di ketiak/sekitar kemaluan, suara menjadi besar, tumbuh jakun dan tumbuh kumis.

#2 Pada Wanita
Pada wanita yaitu tumbuhnya rambut di ketiak dan sekitar kemaluan, suara yang melengking, payudara membesar dan pinggul membesar.

Soal 4 : Mengapa wanita mengalami menstruasi?

Pembahasan :
Anak perempuan umur 11-16 tahun sudah mulai mengalami menstruasi, maka dia sudah menjadi seorang wanita. Menstruasi merupakan kejadian normal dan wajar pada wanita dan akan dialami terus-menerus setiap bulan. Menstruasi dikontrol hormon estrogen dan progesteron. Siklus menstruasi biasanya 28 hari. Menstruasi tidak dialami oleh wanita yang sedang hamil dan wanita yang sudah menopause.

Soal 5 : Jelaskan perubahan ciri-ciri manusia dimasa dewasa (18-40)!

Pembahasan :
Masa dewasa secara biologis ditandai dengan kesiapan bereproduksi dan secara psikologis memiliki kesiapan dan kematangan mental. Pertumbuhan tubuh masih bisa bertambah tinggi dan berlangsung hingga usia mencapai 22 tahun. Kematangan mental pria dicapai setelah usia 25 tahun, sedangkan wanita kematangan mentalnya lebih cepat.

Soal 6 : Jelaskan ciri-ciri manusia pada usia manula (diatas 40)!

Pembahasan :
Manusia usia lanjut terjadi kemunduran fungsi organ-organ tubuh misalnya, mata, telinga dan pertumbuhan otot. Pada wanita terjadi penurunan produksi estrogen dan berpengaruh kepada kekenyalan kulit dan osteoforosis (pengeroposan tulang). Pada usia 50 tahun ke atas biasanya terjadi menopause atau berhenti menstruasi.

Pada pria, kemampuan menghasilkan sperma masih berlanjut, tetapi mengalami penurunan kualitas sperma. Masa tua terjadi penurunan pernafasan, peredaran darah, tulang rapuh dan kulit keriput. Makanan yang baik an olahraga yang teratur dapat menurunkan tanda-tanda penuaan.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang ciri-ciri Pada Manusia Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment