PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG KOMPONEN-KOMPONEN EKOSISTEM

Posted by on 2017-08-09 - 7:38 AM

Edukiper.com - Komponen-komponen Ekosistem. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Komponen-komponen Ekosistem beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Ekosistem seperti pengertian dari biotik, pengertian dari abiotik, pengertian dari oraganisme autotrof beserta contohnya, pengertian dari heterotrof beserta contohya, pengertian dari saprofor, dan peranan komponen dalam ekosistem.

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan komponen biotik dan jelaskan pengelompokkannya!

Pembahasan :
Komponen biotik adalah komponen yang terdiri dari makhluk hidup yang menyusun ekosistem yang terdiri dari produsen, konsumen dan dekomposer.

#1 Produsen
Produsen adalah penghasil. Organisme yang berperan sebagai produsen dalam ekosistem adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan bahan organik dari bahan anorganik melalui proses fotosintesis.

#2 Konsumen
Konsumen adalah pemakai. Organisme yang berperan sebagai konsumen dalam ekosistem adalah makhluk hidup yang tidak mampu berbuat bahan organik dari bahan arnorganik. Oleh karena itu makanannya bergantung pada organisme lain.

#3 Dekomposer
Dekomposer adalah pengurai. Organisme yang berperan sebagai pengurai (dekomposer) dalam suatu ekosistem adalah bakteri dan jamur yang bersifat saprofit. Organisme saprofit artinya organisme yang menguraikan zat organik dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati menjadi zat anorganik (zat hara) yang siap diserap oleh tumbuhan.

Soal 2 : Apa yang dimaksud dengan komponen Abiotik? Jelaksan dan berikan beberapa contohnya!

Pembahasan :
Komponen Abiotik adalah komponen yang terdiri dari benda mati antara lain tanah, udara, cahaya matahari, suhu dan kelembaban (kadar air).

#1 Tanah
Tanah adalah tempat hidup berbagai organisme tanah, misalnya cacing tanah,lipan, luwing, dan under-under. Tempat berdiri, menyerap zat hara dan air bagi tumbuhan, selain itu tanah juga berperan sebagai pengurai zat organik sisa makhluk hidup yang telah mati menjadi zat anorganik (zat hara).

#2 Udara
Di udara terdapat unsur nitrogen (N2) dengan kadar 78%, oksigen (O2) dengan kadar 20,09, karbondioksida (CO2) dengan kadar 0,3%. Tumbuhan memerlukan unsur nitrogen untuk membentuk protein, oksigen untuk mengoksidasi zat makanan, dan karbon dioksida fotosintesis.

#3 Cahaya Matahari
Cahaya matahari merupakan sumber energi utama dalam ekosistem. Cahaya yang ditangkap oleh klorofil digunakan untuk fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan zat makanan berupa zat gula.

#4. Suhu
Suhu mempengaruhi makhluk hidup melalui kerja enzim. Enzim adalah suatu protein yang bertindak sebagai katalis, yaitu dapat mempercepat reaksi kimia tanpa enzim itu sendiri ikut bereaksi.

#5 Kelembababan (kadar air)
Kelembaban merupakan banyaknya kadar air. Kelembaban di suatu ekosistem meliputi kelembaban tanah dan kelembaban udara.

Soal 3 :Apa yang dimaksud dengan organisme Autotrof dan berikan beberapa contohnya!

Pembahasan :
Organisme autotrof adalah organisme yang mampu membuat bahan dari bahan anorganik. Dalam ekosistem, organisme autotrof berperan sebagai podusen. Beberapa contoh organisme autotrof antara lain tumbuhan hijau, fitoplankton, bakteri Clorobium lumicola, Euglena veidis dan organisme lain yang berklorofil.

Soal 4 :Apa yang dimaksud dengan organisme Heterotrof dan berikan beberapa contohnya!

Pembahasan :
Organisme heterotrof merupakan organisme yang tidak dapat membuat bahan organik dari bahan anorganik. Makanan organisme heterotrof tergantung pada organisme lain. Berikut beberapa contoh organisme heterotrof antara lain tali putri, tumbuhan benalu, kambing, rusa, kerbau, sapi, ayam, babi, serigala dan katak.

Soal 5 :Apa yang dimaksud dengan Saprofor?

Pembahasan :
Saprofor adalah organisme yang memakan sisa -sisa organisme yang telah mati, misalnya rayap, cacing tanah, bakteri saprofit dan jamur saprofit.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Komponen-komponen Ekosistem. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment