PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG RANTAI MAKANAN DAN PERPINDAHAN ENERGI

Posted by on 2017-08-09 - 8:01 AM

Edukiper.com - Saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai. Kumpulan model soal berbentuk essai atau isian bidang studi biologi untuk SMP tentang Saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai beserta pembahasan. Pembahasan contoh soal ini disusun untuk membantu murid memahami dan mencapai beberapa kompetensi dasar dalam Interpendensi (saling ketergantungan) seperti pengertian dari rantai makanan beserta contohnya, pengertian dan contoh ekosistem, pengertian dari jaring-jaring makanan, pengertian secara singkat perpindahan energi.

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan rantai makanan beserta contohnya!

Pembahasan :
Rantai makanan (food chain) adalah rangkaian proses makan dan dimakan dengan urutan tertentu dalam satu arah. Rantai makanan dimulai dari tumbuhan hijau sebagai produsen. Tumbuhan dimakan oleh konsumen I (herbivora). Herbivora dimakan oleh konsumen II (karnivora). Karnivora dimakan oleh konsumen.

Contoh rantai makanan yang sederhana antara lain :
1). Pohon → ulat → burung kecil → elang.
2). Padi → tikus → ular → elang.

Soal 2 : Jelaskan dan berikan contoh dari rantai makanan di ekosistem darat, sawah, laut, dan air tawar!

Pembahasan :
#1 Ekosistem Darat
Rantai makanan di ekosistem darat melibatkan beberapa individu atau organisme yang hidup di ekosistem darat. Contoh rantai makanan ekosistem darat, yaitu pohon dimakan ulat, ulat dimakan burung kecil, burung kecil dimakan elang.

#2 Ekositem Sawah,
Pada eksositem sawah, rantai makanan melibatkan beberapa organisme yang umumnya hidup dan berkembang di daerah persawahan, misalnya tanaman padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular dimakan elang.

#3 Ekosistem Laut
Rantai makanan di laut, yaitu fitoplankton dimakan zooplankton, zooplankton dimakan ikan kecil, ikan kecil dimakan ikan hiu.

#4 Ekosistem Air tawar
Rantai makanan di air tawar, yaitu fitoplankton dimakan udang, udang dimakan ikan kecil, ikan kecil dimakan ikan besar.

Soal 3 : Apa yang di maksud dengan jaring-jaring makanan?

Pembahasan :
Jaring-jaring makanan (food webs) terbentuk dari gabungan dua atau lebih rantai makanan yang saling hubungan. Pada jaring makanan arah makanan tidak hanya satu arah seperti pada rantai makanan namun menjadi banyak arah dan kompleks. Hal ini disebut jaring-jaring makanan kehidupan.

Soal 4 : Apa yang di maksud dengan piramida makanan? Dan jelaskan urutan biomassa pada piramida makanan!

Pembahasan :
Piramida makanan adalah urutan biomassa pada rantai makanan antara jumlah populasi dengan berat populasi. Urutan biomassa dari produsen → konsumen I → konsumen II → konsumen III → dan seterusnya akan membentuk piramida. Urutan biomassa pada rantai makanan disebut piramida makanan.

Soal 5 : Jelaskan secara singkat perpindahan energi dalam ekosistem mulai dari matahari hingga pelepasan panas lingkungan!

Pembahasan :
Sumber energi pertama dalam ekosistm adalah matahari. Energi cahaya matahari ditangkap oleh tumbuhan ketika berfotosintesis. Tumbuhan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa (C6H12O6).

Glukosa diubah menjadi karbohidrat dalam bentuk zat pati, atau diubah menjadi lemak protein oleh tumbuhan. Karbohidrat, lemak dan protein merupakan sumber energi bagi tumbuhan, hewan, manusia, jamur dan bakteri tumbuhan melakukan pernafasan atau respirasi sel untuk menghasilkan energi. Respirasi panas ke lingkungan. Panas yang sudah hilang ke lingkungan tidak dapat diambil kembali oleh makhluk hidup.

Demikianlah pembahasan contoh soal essai tentang Saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment