Peluang Usaha Kotak Pensil Dari Kain Flanel Untuk Anak Sekolah Omzet Jutaan

Posted by on 2017-09-23 - 9:01 AM

Edukiper.com - Kerajinan tangan kotak pensil dari kain flanel. Anda suka membuat kerajinan tangan? Jika anda termasuk murid yang menyukai pelajaran kesenian khususnya pembuatan kerajinan tangan, maka mungkin anda juga akan menyukai kreasi dari kain flanel yang sudah tidak asing lagi di pasaran. Kain flanel merupakan salah satu jenis kain yang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam kreasi kerajinan tangan.

Tidak hanya dipakai sebagai bahan dalam pembuatan prakarya di sekolah, kain flanel juga sudah umum digunakan sebagai bahan utama produk-produk kerajinan yang kemudian dipasarkan.

Kain flanel banyak digemari karena selain strukturnya yang cukup kuat, kain ini juga tersedia dalam banyak pilihan warna sehingga mendukung pembuatan karya yang membutuhkan gradasi warna. Selain itu, kain ini juga dijual dengan harga yang relatif terjangkau sehingga produk yang dihasilkan juga dapat dijual dengan harga yang terjangkau.

Karena harganya yang relatif lebih murah dibanding beberapa jenis kain lainnya, maka tidak heran jika kain flanel menjadi pilihan banyak pengrajin untuk menghasilkan produk kerajinan tangan mereka. Tidak bisa dipungkiri, harga produk kerajinan kain flanel memang relatif lebih terjangkau sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Peluang bisnis kotak pensil kain flanel

Tidak hanya itu, kain flanel juga memiliki kelebihan dalam hal pengolahan. Kain flanel sangat mudah dibentuk mengikuti pola yang diinginkan. Berbagai bentuk kerajinan tangan mulai dari karya dua dimensi hingga karya tiga dimensi dapat dibuat menggunakan kain flanel dan hanya dengan memanfaatkan alat dan bahan sederhana.

Pilihan warna yang beragam membantu pengrajin menumbuhkan kreativitas mereka dalam menghasilkan karya dengan perpaduan warna yang menarik. Tidak hanya warna yang solid, saat ini juga sudah banyak ditemukan kain flanel bermotif untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu bentuk kerajinan tangan dari kain flanel yang banyak dijual di pasaran adalah kotak pensil. Kotak pensil merupakan salah satu peralatan sekolah yang umum dimiliki oleh murid di berbagai jenjang pendidikan sehingga termasuk salah satu produk yang banyak dicari.

Keuntungan Bisnis Kotak Pensil Kain Flanel

Saat ini terdapat beberapa bentuk kotak pensil dari kain flanel yang dijual di pasaran. Ada yang berbentuk persegi panjang vertikal, persegi panjang horizontal, dan ada pula yang berbentuk silinder. Kotak pensil dari kain flanel biasanya dibanderol dengan harga mulai Rp 5.000,00 hingga Rp 30.000,- tergantung pada bentuk dan motif yang ditawarkan.

Harga kain flanel di pasaran cukup bervariasi mulai dari Rp 20.000,00 hingga Rp 36.000,00 per meter. Jika anda berada di daerah distributor utama kain flanel mungkin anda akan memperoleh harga yang lebih murah dari itu.

Bahan lain yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan kotak pensil dari kain flanel adalah benang, jarum, dan pelengkap. Untuk benang, biasanya digunakan benang sulam sebab karya kotak pensil ini biasanya dijahit tangan sehingga lebih terlihat pola jahitannya.

Untuk pelengkap, tergantung pada jenis atau motif kotak pensil yang akan dibuat. Ada yang menggunakan resleting ada juga yang hanya menggunakan kancing. Untuk kotak pensil yang berbentuk persegi panjang vertikal, biasanya hanya menggunakan kancing.

Untuk kotak pensil ukuran sedang, 1 meter kain flanel bisa dijadikan delapan hingga belasan kotak pensil tergantung dimensi dan desain pada kotak itu sendiri. Jika dirata-ratakan, modal untuk membuat satu kotak pensil ukuran sedang berkisar Rp 3.000,- hingga Rp 7.000,00.

Dengan demikian, tergantung pada ukuran dan motif yang ditawarkan, keuntungan penjualan kotak pensil dari kain flanel berkisar dari Rp 2.000,00 hingga belasan ribu per buahnya. Beberapa produk kotak pensil kain flanel skala industri (dijahit mesin) biasanya dibanderol dengan harga relatif lebih tinggi atau justru lebih murah pada beberapa varian.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment