Pengertian Surat, Fungsi dan Jenis-jenis Surat Berdasarkan Isi dan Bahasanya

Posted by on 2017-10-01 - 4:48 PM

Edukiper.com - Jenis-jenis Surat. Apa yang dimaksud dengan surat? Apa fungsi dan tujuan dari penulisan surat? Dan bagaimana jenis-jenis surat berdasarkan bentuk, isi, dan bahasa yang digunakan? Dalam pembahasan tentang surat, ketiga pertanyaan tersebut merupakan rumusan masalah yang perlu dikaji dan dijawab. Berbicara mengenai surat tentu akan berkaitan dengan bentuk dan bahasa yang digunakan dalam surat tersebut.
Jika dilihat berdasarkan pengamatan terhadap wujud, bentuk, isi serta fungsinya, maka secara sederhana surat dapat diartikan sebagai kertas atau kartu yang tertulis sebagai tanda atau keterangan yang biasanya dimasukkan ke dalam sebuah amplop atau sampul surat.

Surat umumnya terdiri dari bahan utama berupa kertas dan berisi mengenai gagasan penulis. Dalam gagasan penulis ini terdapat isi atau maksud dari pengiriman surat tersebut. Selain itu, ada juga surat yang berbentuk kartu yang memberikan keterangan tertulis misalnya kartu pos, kartu penduduk, dan sebagainya.

Meski begitu, secara lebih spesifik, surat diartikan sebagai suatu alat komunikasi yang berwujud kertas tertulis yang berisi berbagai kepentingan seperti berita, kabar, pernyataan, permohonan, keputusan, pengakuan, instruksi, dan sebagainya.

Surat dikeluarkan atau ditulis oleh seseorang, instansi, atau organisasi dan ditujukan kepada orang lain, instansi, atau organisasi. Surat dapat dikirim kepada perorangan atau bahkan kepada banyak orang. Di era teknologi seperti sekarang, surat juga tersedia dalam bentuk surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah email.

A. Jenis-jenis Surat Berdasarkan Isi dan Bahasanya

Jenis-jenis surat berdasarkan bentuk, isi, dan bahasanya

Jika dilihat berdasarkan bentuk, isi, dan bahasa yang digunakan, maka akan terlihat beberapa perbedaan antara surat yang satu dengan surat lainnya. Berdasarkan ketiga aspek tersebut, surat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu surat dinas, surat niaga, dan surat pribadi.

#1 Surat Dinas
Surat dinas atau surat resmi adalah surat yang menyangkut kepentingan tugas dan kegiatan dinas instanasi. Dalam hal bentuk, surat dinas umumnya ditulis dengan mengikuti bentuk atau pola tertentu yang sudah standar surat resmi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku, singkat, padat, dan jelas.

#2 Surat Niaga
Surat niaga atau surat dagang adalah surat yang digunakan orang atau badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti perdagangan, perindustrian, dan usaha jasa. Surat niaga terdiri dari berbagai jenis berdasarkan isi dan tujuannya seperti surat penawaran, surat pesanan, surat pembayaran, surat penagihan, surat pengaduan, dan sebagainya.

#3 Surat Pribadi
Sesuai dengan namanya, surat pribadi merupakan sebuah surat yang sifatnya lebih pribadi. Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Biasanya surat pribadi ditujukan kepada orang-orang terdekat misalnya keluarga, teman, atau kerabat jauh.

Dari segi bentuk, surat pribadi cenderung tidak mengikuti aturan tertentu karena cenderung bebas tidak mengikuti pola tertentu seperti halnya surat dinas dan surat niaga. Bahasa yang digunakan juga dapat berupa bahasa sehari-hari atau bahkan bahasa daerah.

B. Fungsi dan Tujuan Penulisan Surat

Sesuai dengan definisi surat yang telah dijabarkan di atas, maka jelaslah sebuah surat ditulis untuk berbagai keperluan dan tujuan. Tujuan tersebut bergantung pada jenis surat yang ditulis dan tentunya akan sejalan dengan tujuan dari penulisnya.

Secara umum surat sengaja ditulis untuk menyampaikan berbagai keperluan seperti menyampaikan berita, kabar, pemberitahuan, pernyataan, permohonan, penawaran, laporan, pemesanan, keputusan akan suatu hal, pengakuan, instruksi, menyatakan sikap, dan sebagainya.

Sejalan dengan tujuan tersebut, maka surat memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:
1). Alat untuk menyampaikan maksud tertentu
2). Alat bukti tertulis, misalnya surat arsip
3). Alat untuk mengingat
4). Sebagai catatan historis, misal surat bersejarah
5). Sebagai pedoman kerja, misal surat perintah.

Dalam perkembangannya, fungsi surat juga semakin luas. Hal itu seiring dengan meluasnya penggunaan surat dalam berbagai bentuk termasuk surat elektronik yang saat ini semakin banyak digunakan. Perkembangan tersebut pada akhirnya mengacu pada pemanfaatan lain dari surat misalnya sebagai perantara keikutsertaan.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment