Gambaran Umum tentang Universitas Syiah Kuala dan Jurusan-jurusan Terfavorit di Unsyiah

Posted by on 2018-04-12 - 12:39 PM

Edukiper.com - Info Universitas. Universitas Syiah Kuala atau sering disebut Unsyiah merupakan salah satu universitas negeri di Aceh. Bagi pelajar yang tinggal di daerah daerah Aceh dan sekitarnya, Universitas Syiah Kuala tentu menjadi salah satu universitas yang mereka targetkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Universitas ini juga kerap menjadi pilihan kedua atau ketiga bagi sebagian pelajar yang tinggal di daerah Sumatera khususnya yang masih berdekatan dengan Aceh, misalnya Medan. Buat adik-adik yang berminat melanjutkan pendidikan ke Aceh, berikut edukiper rangkum informasi umum mengenai Univesitas Syiah Kuala dan beberapa jurusan terfavorit di Unsyiah.

#1 Sejarah Universitas Syiah Kuala
Unsyiah merupakan perguruan tinggi negeri tertua di Aceh. Cikal bakal Universitas Syiah Kuala merupakan salah satu fakultas dari sebuah universitas yang saat ini dikenal sebagai Universitas Sumatera Utara. Pendirian Universitas Syiah Kuala dikukuhkan oleh keputusan presiden Republik Indonesia pada tahun 1962 di Kopelma Darussalam, Banda Aceh.

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Aceh, Unsyiah berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan dan menjalankan fungsi strategis dalam meningkatkan sumber daya alam. Untuk mencapai visi misinya, Unsyiah mengintegrasikan nilai-nilai universal, nasional, dan lokal untuk melahirkan sumberdaya manusia yang memiliki keselarasan ilmu dan taqwa.

#2 Lokasi Kampus Unsyiah
Universitas Syiah Kuala berlokasi di Ibukota provinsi Aceh tepatnya Jln. Teuku Nyak Arief Darussalam, Banda Aceh, Aceh, 23111 Indonesia. Kampus utama Unsyiah terletak di kota pelajar mahasiswa yang biasa disingkat Kopelma Darussalam, Banda Aceh. Karena terletak di pusat kota yang merupakan kota pelajar, maka anda tidak perlu khawatir mengenai akses menuju ke sana. Tentu saja Aceh sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan warganya.

Kalau dilihat dari segi biaya, biaya hidup di Aceh bisa dibilang cukup mahal sebab Banda Aceh sendiri sering masuk ke dalam daftar kota dengan biaya hidup tertinggi di indonesia. Jika dibandingkan dengan Medan, biaya hidup di Aceh relatif lebih tinggi. Oleh karena itu, buat adik-adik yang tinggal di luar Aceh dan berniat melanjutkan pendidikan ke sana, ada baiknya didiskusikan terlebih dahulu dan mencari informasi mengenai gambaran biaya hidup di sana.

Selain itu, seperti yang kita tahu bersama, Aceh merupakan salah satu daerah istimewa yang menggalakkan penerapan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Itu artinya, anda harus pintar-pintar menyesuaikan diri dan siap untuk menerima berbagai aturan yang mungkin tidak masuk akal bagi anda. Dan yang pasti, sebagai pendatang andalah yang harus beradaptasi dengan kebudayaan di sana.

Baca juga : Program Studi yang Paling Diminati di UNRI.

#3 Daftar Fakultas di Unsyiah
Dilansir dari situs resmi Unsyiah, universitas Syiah Kuala saat ini memiliki lebih dari 30.000 orang mahasiswa yang menuntut ilmu di 12 Fakultas dan Program Paska Sarjana. Fakultas-fakultas tersebut antara lain fakultas, yaitu fakultas Ekonomi dan Bisnis, fakultas Kedokteran Hewan, fakultas Hukum, fakultas Teknik, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kedokteran, fakultas MIPA, fakultas Ilmu Sosial dan Politik, fakultas Keperawatan, fakultas Kedokteran Gigi, serta fakultas Kelautan dan Perikanan.

Dari beberapa fakultas yang disebutkan di atas, beberapa fakultas yang terbilang terfavorit dan banyak diminati adalah fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Keperawatan, serta fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada beberapa fakultas ini terdapat beberapa jurusan atau program studi yang paling banyak diminati dalam seleksi masuk perguruan tinggi.

#4 Penerimaan Mahasiswa Baru
Universitas Syiah Kuala setiap tahunnya membuka penerimaan mahasiswa baru program sarjana dan pasca sarjana. Untuk penerimaannya sendiri, Universitas Syiah Kuala biasanya membuka beberapa jalur penerimaan. Jalur tersebut antaralain jalur SBMPTN, SNMPTN, jalur Bidik Misi, SMM PTN-BARAT, dan jalur mandiri Unsyiah.

#5 Jurusan yang Paling Diminati di Unsyiah
Dari sekian banyak jurusan atau program studi yang ditawarkan oleh fakultas-fakultas yang ada di universitas Syiah Kuala, ada beberapa program studi yang memang paling banyak diminati oleh pelajar dalam ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Berikut ini edukiper rangkum beberapa jurusan yang terbilang favorit di Unsyiah berdasarkan tren beberapa tahun belakangan ini. Daftar ini kami urutkan berdasarkan perkiraan passing grade.

Untuk program studi bidang IPA, beberapa jurusan yang termasuk jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala dan banyak dipilih dalam ujian seleksi perguruan tinggi antaralain jurusan pendidikan dokter, pendidikan dokter gigi, jurusan pendidikan fisika, jurusan ilmu keperawatan, jurusan arsitektur, teknik sipil, dan ilmu kelautan.

Jurusan-jurusan paling diminati di Unsyiah

Sedangkan untuk program studi bidang IPS, beberapa jurusan yang termasuk jurusan favorit dan banyak dipilih dalam ujian seleksi perguruan tinggi antaralain jurusan pendidikan bahasa Inggris, jurusan akuntansi, jurusan manajemen, jurusan Ilmu Komunikasi, jurusan psikologi, dan pendidikan ekonomi.

Program studi atau jurusan-jurusan yang disebutkan di atas merupakan beberapa jurusan di universitas Syiah Kuala yang memiliki passing grade terbesar yaitu berkisar antara 34 - 40%. Itu artinya untuk lolos di jurusan-jurusan tersebut dibutuhkan usaha yang lebih keras karena persaingannya relatif lebih ketat dibanding jurusan lainnya.

Baca juga : Jurusan-jurusan Paling diminati di USU.

Demikianlah informasi ringkas mengenai Univeritas Riau dan beberapa jurusan terfavorit yang paling banyak diminati di UNRI yang dapat edukiper bagikan. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat dan menjadi gambaran bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika informasi ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah. Terimakasih.

Image by Rachmad Wahidi on wikimedia Commons - Used Under a Creative Commons Licence
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment