Gambaran Umum tentang Universitas Indonesia dan Jurusan-jurusan Terfavorit di UI

Posted by on 2018-04-03 - 9:34 AM

Edukiper.com - Info Universitas. Dari sekian banyak universitas negeri di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu yang paling banyak diminati. Hal itu karena UI termasuk salah satu universitas bergengsi yang kerap masuk dalam daftar universitas negeri terbaik di Indonesia. Karena predikat tersebut, tentu bukanlah hal yang mudah untuk masuk ke sana. Banyaknya peminat dan ketatnya persaingan menyebabkan banyak murid yang gagal di antara sekian persen yang berhasil. Itu artinya butuh perjuangan ekstra untu dapat lolos. Buat adik-adik yang merasa tertarik untuk berkuliah di UI berikut edukiper bagikan gambaran umum mengenai universitas Indonesia dan jurusan-jurusan apa saja yang termasuk jurusan favorit di sana.

#1 Sejarah Universitas Indonesia
Cikal bakal universitas Indonesia berasal dari salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan yang dibangun oleh pemerintahan kolonial pada zaman kedudukan Belanda. Pada masa kemerdekaan, salah satu sekolah tinggi yang dibangun pada tahun 1945, yaitu Universitas Darurat berganti nama menjadi universiteit van Indonesie pada tahun 1947 dan memiliki beberapa fakultas yang terpencar di berbagai daerah termasuk di Jakarta.

Pada perkembangannya, beberapa fakultas yang berada di luar Jakarta kemudian berkembang menjadi universitas-universitas terpisah, sementara fakultas yang ada di Jakarta disebut sebagai universitas Indonesia. Universitas Indonesia di Jakarta mempunyai kampus di tiga lokasi yaitu Salemba, Pegangsaan Timur, dan Rawamangun. Pada masa itu, UI terus berkembang dan memiliki berbagai fakultas.

Selanjutnya Universitas Indonesia membangun kampus baru yang terletak di atas lahan seluas 320 hektar yang berada di Depok. setelah kampus baru dibangun, fakultas yang berada di Rawamangun dipindahkan sementara kampus Salemba masih dipertahankan. Universitas Indonesia mempunyai status badan hukum milik negara tidak lama setelah tahun 2000.

#2 Lokasi Universitas Indonesia
Universitas memiliki dua kampus yang berada di dua lokasi berbeda, yaitu kampus Depok dan kampus Salemba. Kampus Depok merupakan kampus utama universitas Indonesia dan terletak di perbatasan antara kota madya Jakarta Selatan dengan kota Depok, Jawa Barat. Sedangkan kampus salemba terletak di daerah Salemba, Jakarta Pusat. Kampus Salemba dikhususkan untuk beberapa program Pasca Sarjana Multidisiplin, program ekstensi, dan Magister.

Jurusan-jurusan paling diminati di UI

Untuk anda yang berdomisili di luar Depok atau di luar pulau Jawa, tentu anda perlu mempertimbangkan lokasi universitas Indonesia sebelum memutuskan untuk kuliah di sana. Bagaimanapun, biaya kuliah dan biaya hidup saat kuliah sangat penting untuk diperhitungkan sebelum anda memutuskannya. Ada baiknya untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan orangtua agar anda dapat fokus pada jurusan dan universitas yang memang dapat anda jangkau.

#3 Daftar Fakultas di UI
Sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, UI terus berbenah mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman. Saat ini, Universitas Indonesia sudah memiliki 13 fakultas yang menyediakan berbagai jurusan atau bidang ilmu baik untuk jurusan IPA maupun IPS sehingga dapat menampung generasi muda yang ingin menimbah ilmu di berbagai disiplin ilmu.

Beberapa fakultas yang anda di Universitas Indonesia antaralain fakultas Kedokteran, fakultas Kedokteran Gigi, fakultas Ilmu Keperawatan, fakultas MIPA, fakultas Teknik, fakultas Psikologi, fakultas ilmu sosial dan Ilmu Politik, fakultas Hukum, fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, fakultas Ilmu Komputer, fakultas farmasi, dan fakultas Ilmu Budaya.

#4 Penerimaan Mahasiswa Baru UI
Untuk penerimaan mahasisa baru, Universitas Indonesia membuka beberapa jalur antaralain seleksi masuk UI, jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur PPKB, dan kelas Internasional. Seleksi Masuk UI (Simak UI) merupakan ujian seleksi terpadu masuk universitas Indonesia yang diselenggarakan UI secara serentak di seluruh Indonesia untuk seluruh program pendidikan yang ada di Universitas Indonesia.

Untuk biaya pendidikan, Universitas Indonesia sudah menyediakan laman khusus yang memuat peraturan Rektor tentang biaya pendidikan yang dapat anda lihat di situs resmi UI. Untuk mahasiswa baru program sarjana reguler, biaya pendidikannya menerapkan konsep biaya pendidikan berkeadilan sesuai peraturan pemerintah. Untuk program lain, skema biaya pendidikan berkeadilan tidak berlaku dan mengikuti peraturan biaya pendidikan yang ditetapkan Universitas Indonesia.

#5 Jurusan Paling Diminati di UI
Dari sekian banyak jurusan yang ada di Universitas Indonesia, terdapat beberapa jurusan atau program studi yang paling populer yang banyak diminati saat seleksi penerimaan mahasiswa baru. Beberapa jurusan untuk IPA yang paling banyak diminati di UI antaralain pendidikan dokter, Ilmu Komputer, Teknik Industri, Teknik Elektro, Farmasi, Teknik Komputer, Teknik Sipil, dan Sebagainya.

Sementara untuk jurusan IPS, program studi yang paling banyak diminati oleh siswa saat seleksi penerimaan mahasiswa baru antaralain Ilmu hubungan Internasional, Akuntansi, Ilmu Komunkasi, Ilmu Administrasi Fiskal, Manajemen, Ilmu Administrasi Niaga, Psikologi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Ekonomi, dan sebagainya.

Jurusan-jurusan yang disebutkan di atas merupakan jurusan atau program studi yang banyak diminati dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang memiliki passing grade paling tinggi. Passing grade untuk jurusan-jurusan tersebut berkisar antara 59 - 74%. Itu artinya, untuk lolos seleksi di jurusan tersebut adik-adik harus belajar lebih giat sebab persaingannya sangat ketat.

Demikian informasi singkat mengenai Universitas Indonesia dan jurusan-jurusan yang paling diminati di UI yang dapat edukiper bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi gambaran bagi adik-adik yang berencana melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia.

Image by Tequendamia on wikimedia Commons - Used Under a Creative Commons Licence
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment