Gambaran Umum tentang Universitas Negeri Medan dan Jurusan-jurusan Terfavorit di Unimed

Posted by on 2018-04-13 - 10:54 AM

Edukiper.com - Info Universitas. Selain universitas Sumatera Utara, salah satu universitas negeri di Medan yang juga banyak diminati adalah Universitas Negeri Medan atau sering disingkat menjadi Unimed. Bagi pelajar yang tinggal di daerah Sumatera Utara, Unimed termasuk universitas yang banyak dituju terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di program keguruan. Sebelumnya, edukiper telah mengulas secara garis besar mengenai USU. Pada kesempatan ini, edukiper akan membagikan informasi umum mengenai Universitas Negeri Medan dan beberapa jurusan favorit yang paling banyak diminati di Unimed.

#1 Sejarah Universitas Negeri Medan
Cikal bakal Universitas Negeri Medan merupakan salah satu fakultas dari Universitas yang sekarang dikenal sebagai Universitas Sumatera Utara. Pada tahun 1957 Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) bergabung dengan Yayasan Universitas Sumatera Utara untuk melengkapi Perguruan Tinggi Negeri yang baru disahkan. Pada saat itu, PTPG bergabung menjadi fakultas keguruan dan ilmu penddikan (FKIP).

FKIP yang saat itu merupakan bagian dari USU berubah menjadi IKIP Medan setelah mengalami berbagai kemajuan. Selanjutnya, pada tahun 2000, IKIP Medan diresmikan sebagai Universitas Negeri Medan. Perubahan tersebut dimaksudkan sebagai upaya peningkatan mutu penyelenggaraan lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Per Desember 2016, Unimed sudah ditetapkan sebagai institusi dengan peringkat akreditasi A.

#2 Lokasi Kampus Unimed
Kampus utama Universitas Negeri Medan terletak di Jl Willem Iskandar Pasar V, Medan Estate, Medan Tembung. Meski tidak terletak di pusat kota seperti halnya USU, lokasi Universitas Negeri Medan terbilang sangat mudah untuk ditemukan karena banyak akses untuk menuju ke sana. Beberapa angkutan kota juga melintas di daerah tersebut sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir mengenai transportasi.

Kalau dilihat dari segi biaya, biaya hidup di Medan relatif lebih terjangkau dibandingkan beberapa kota di Sumatera seperti Aceh atau Pekanbaru. Itu artinya, buat adik-adik yang berada di luar Medan dan berniat untuk kuliah di Unimed, tidak perlu terlalu khawatir mengenai biaya hidup karena umumnya biaya di Medan relatif lebih murah. Biaya untuk kos atau rumah kontrakan juga terbilang terjangkau tergantung fasilitasnya. Jika beruntung, anda bisa menemukan tempat tinggal yang murah di sekitar daerah Tuasan atau Pancing.

Baca juga : Informasi Jurusan Terfavorit di Universitas Riau.

#3 Daftar Fakultas di Unimed
Sebagai salah satu universitas negeri terbaik di Sumatera Utara, Unimed dikenal sebagai universitas keguruan karena mereka yang ingin menjadi guru biasanya akan berkuliah di sana. Saat ini Unimed memiliki tujuh fakultas dan sebuah program pasca sarjana. Fakultas-fakultas tersebut antara lain fakultas Ilmu Pendidikan, fakultas Bahasa dan Seni, fakultas Ilmu Sosial, fakultas MIPA, fakultas Teknik, fakultas Keolahragaan, dan fakultas Ekonomi.

Dari beberapa fakultas yang disebutkan di atas, beberapa fakultas yang terbilang terfavorit dan banyak diminati adalah fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, fakultas Teknik, dan fakultas ekonomi. Di fakultas-fakultas tersebut terdapat beberapa jurusan yang paling banyak diminati saat seleksi penerimaan mahasiswa baru.

#4 Penerimaan Mahasiswa Baru
Universitas Negeri Medan setiap tahunnya membuka penerimaan mahasiswa baru program sarjana dan pascasarjana. Untuk penerimaannya sendiri, Universitas Nergi Medan biasanya membuka beberapa jalur penerimaan. Jalur tersebut antaralain jalur SBMPTN, SNMPTN, jalur Bidik Misi, dan jalur mandiri Unimed.

Untuk daya tampung, ada beberapa program studi yang daya tampungnya cukup besar dibanding jurusan lain. Untuk program kelompok IPA/Saintek, program studi yang memiliki daya tampung terbesar antara lain pendidikan matematika (270), pendidikan biologi (185), pendidikan fisika (145) dan pendidikan kimia (140). Sedangkan untuk IPS, program studi dengan daya tampung terbanyak adalah PGSD (320), PJKR (160), dan pendidikan bahasa Inggris (150).

#5 Jurusan yang Paling Diminati di Unimed
Dari sekian banyak jurusan atau program studi yang ditawarkan oleh fakultas-fakultas yang ada di universitas Negeri Medan, ada beberapa program studi yang memang paling banyak diminati oleh pelajar dalam ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Berikut ini edukiper rangkum beberapa jurusan yang terbilang favorit di Unimed berdasarkan tren beberapa tahun belakangan ini. Daftar ini kami urutkan berdasarkan perkiraan passing grade.

Untuk program studi bidang IPA, beberapa jurusan yang termasuk jurusan terfavorit di Universitas Negeri Medan dan banyak dipilih dalam ujian seleksi perguruan tinggi antaralain jurusan pendidikan matematika, jurusan pendidikan kimia, jurusan matematika, jurusan pendidikan teknik elektro, jurusan pendidikan biologi, pendidikan fisika, dan pendidikan teknik mesin.

Jurusan-jurusan terfavorit di Unimed

Sedangkan untuk program studi bidang IPS, beberapa jurusan yang termasuk jurusan favorit dan banyak dipilih dalam ujian seleksi perguruan tinggi antaralain jurusan pendidikan bahasa Inggris, jurusan akuntansi, jurusan Sastra Inggris, jurusan Manajemen, jurusan Pendidikan Ekonomi, jurusan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Sejarah.

Program studi atau jurusan-jurusan yang disebutkan di atas merupakan beberapa jurusan di universitas Negeri Medan yang memiliki passing grade terbesar yaitu berkisar antara 33 - 40%. Itu artinya untuk lolos di jurusan-jurusan tersebut dibutuhkan usaha yang lebih keras karena persaingannya cenderung lebih ketat dibanding jurusan lainnya.

Baca juga : Jurusan-jurusan Paling Diminati di Unsyiah.

Demikianlah informasi ringkas mengenai Univeritas Negeri Medan dan beberapa jurusan terfavorit yang paling banyak diminati di Unimed yang dapat edukiper bagikan. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat dan menjadi gambaran bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika informasi ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah. Terimakasih.
Seluruh konten yang diterbitkan di edukiper.com dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk dan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment