Jenis-jenis dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan

Posted by on 16 October 2015 - 12:14 PM

Halo keeper, setiap manusia memiliki kebutuhan yang terus berkembang seiring zaman. Kebutuhan manusia akan barang dan jasa semakin tidak terbatas. Kebutuhan manusia bervariasi mencakup kebutuhan yang bersifat konkret (nyata) dan kebutuhan yang bersifat abstrak (tidak nyata) seperti halnya kebutuhan akan perasaan aman, tenteram, rasa ingin dihormati, dan sebagainya.

Konsep dan Acuan Dasar

Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup dan melangsungkan kehidupan. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda karena berbagai faktor. Tingkat dan jenis kebutuhan masing-masing individu juga bervariasi sesuai dengan usia, status, dan kemampuan mereka. Kebutuhan merupakan salah satu aspek utama yang menjadi masalah sehari-hari manusia di bidang ekonomi. 

Pertanyaan Acuan
  1. Apa faktor penyebab kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas?
  2. Apa faktor penyebab kebutuhan manusia berbeda satu sama lainnya? Jelaskan!
  3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis kebutuhan berdasarkan intensitasnya!
  4. Sebutkan jenis-jenis kebutuhan berdasarkan sifat dan berikan contohnya!
  5. Sebutkan jenis-jenis kebutuhan berdasarkan subjek dan waktu!

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan

faktor geografis

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
  1. Meningkatnya jumlah penduduk
  2. Semakin majunya teknologi
  3. Meluasnya pergaulan
  4. Meningkatnya kebudayaan
  5. Pengaruh globalisasi
  6. Rasa ingin tahu
  7. Pengakuan dan gengsi
  8. Sifat tidak pernah puas
Kebutuhan manusia yang berbeda-beda disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :
  1. Faktor usia & jenis kelamin
  2. Kondisi alam
  3. Faktor agama & kepercayaan
  4. Jenis profesi atau pekerjaan
  5. Status sosial & ekonomi
  6. Adat istiadat
  7. Faktor peradaban
  8. Hobi atau kegemaran

Jenis Kebutuhan Menurut Intensitas

kebutuhan primer

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :
  1. Kebutuhan Primer
    Merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi karena penting dan mempengaruhi kelangsungan hidup. Jika tidak terpenuhi, maka hidup akan terancam. Secara umum, kebutuhan primer manusia terdiri dari sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal).

  2. Kebutuhan Sekunder
    Merupakan kebutuhan yang timbul dan dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Setelah kebutuhan manusia akan sandang, pangan, dan papan terpenuhi, manusia memerlukan kebutuhan sekunder untuk melengkapi kehidupan. Kebutuhan sekunder dapat ditunda jika kebutuhan primer belum terpenuhi.

  1. Kebutuhan Tersier
    Merupakan kebutuhan di atas kebutuhan sekunder dan secara umum ditujukan untuk kemewahan. Pemenuhan akan barang tersier dapat ditunda dan tidak akan mengganggu kelangsungan hidup jika tidak terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan tersier berkaitan dengan status dan gengsi individu untuk memenuhi hasrat akan pujian dan penghargaan.

    Intensitas kebutuhan tiap individu akan berbeda-beda berdasarkan faktor yang telah disebutkan di atas. Bagi kebanyakan orang, mobil merupakan kebutuhan tersier tetapi bagi sekelompok orang tertentu mobil mungkin merupakan kebutuhan sekunder. Intinya, pengklasifikasian kebutuhan bergantung pula pada tinggi rendahnya penghasilan manusia.

Jenis Kebutuhan Menurut Sifat

Berdasarkan sifat atau sumber yang merasakan, kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
  1. Kebutuhan Jasmani
    Merupakan kebutuhan yang lebih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan jasmani atau tubuh manusia, sehingga sumber yang merasakan adalah jasmani. Yang termasuk kebutuhan jasmani antara lain pakaian, makanan, minuman, olahraga dan sebagainya. Kebutuhan primer manusia secara umum merupakan kebutuhan jasmani.
  1. Kebutuhan Rohani
    Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang lebih banyak dirasakan oleh rohani atau jiwa manusia sehingga lebih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan jiwa daripada kebutuhan jasmani. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang bersifat abstrak (tidak berwujud) berkaitan dengan tuntutan rohani seseorang. Kebutuhan rohani mencakup kebutuhan akan perasaan estetika, etika, kenyamanan, dan keyakinan.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Subjek & Waktu

Berdasarkan subjeknya, kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
  1. Kebutuhan Individu
    Merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan secara individu dan dirasakan oleh seseorang secara individu, misalnya kebutuhan akan seragam sekolah bagi siswa, kebutuhan akan cangkul oleh petani dan sebagainya.

  2. Kebutuhan Kelompok
    Merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan secara bersama-sama dan dirasakan oleh sekelompok orang secara bersamaan, misalnnya kebutuhan akan pendidiakan, kebutuhan akan rumah ibadah, dan sebagainya.
Berdasarkan waktunya, kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
  1. Kebutuhan Sekarang
    Merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu juga dan tidak dapat ditunda. Kebutuhan sekarang harus dipenuhi begitu kebutuhan tersebut dibutuhkan pemenuhannya, misalnya kebutuhan akan makanan bagi seseorang yang lapar.

  2. Kebutuhan Akan Datang
    Merupakan kebutuhan yang tidak harus dipenuhi saat itu juga dan dapat ditunda. Kebutuhan akan datang tidak harus dipenuhi saat kebutuhan tersebut dirasakan, misalnya kebutuhan akan dana jaminan kesehatan di hari tua.

Tabel Jenis-jenis Kebutuhan

PembandingJenis Kebutuhan
Intensitas (tingkatan) Primer (pokok)
Sekunder (pelengkap)
Tersier (mewah)
Wujud Konkrit (berwujud)
Abstrak (tidak berwujud)
Sifat (sumber yang merasakan) Jasmani (tubuh)
Rohani (jiwa)
Subjek yang merasakan Individu (perorangan)
Kelompok
Waktu pemenuhan Sekarang
Akan datang

Advertisements