Jenis-jenis Barang Pemenuh Kebutuhan Dalam Ekonomi

Posted by on 16 October 2015 - 4:59 PM

Halo keeper, agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup atau demi kepuasan, manusia harus memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan yang kian beranekaragam menuntut manusia untuk memperoleh barang pemuas atau pemenuh kebutuhan dengan berbagai cara. Alat pemuas kebutuhan dibedakan menjadi dua yaitu alat pemuas yang berwujud dan alat yang tidak berwujud.

Konsep dan Acuan Dasar

Alat pemuas atau pemenuh kebutuhan merupakan barang atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan. Barang merupakan alat pemenuh kebutuhan yang berwujud sedangkan jasa merupakan alat pemenuh kebutuhan yang tidak berwujud. Kedua alat tersebut menjadi produk utama yang terus diupayakan para produsen dan pelaku ekonomi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Pertanyaan Acuan
  1. Sebutkan jenis-jenis barang berdasarkan cara memperolehnya!
  2. Sebutkan jenis-jenis barang berdasarkan proses pembuatannya!
  3. Sebutkan jenis-jenis barang menurut kegunaannya!
  4. Sebutkan jenis-jenis barang menurut hubungannya dengan barang lain!
  5. Sebutkan jenis-jenis barang menurut jaminan!

Jenis Barang Berdasarkan Cara Memperolehnya

barang ekonomi

Berdasarkan cara memperoleh atau kelangkaanya, barang dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. Barang Bebas
    Barang bebas merupakan alat pemuas kebutuhan yang tersedia dalam jumlah tidak terbatas dan tidak diperlukan biaya untuk memperolehnya. Manusia dapat memperoleh barang bebas secara gratis langsung dari alam misalnya sinar matahari, oksigen di udara, air laut, pasir di padang pasir dan sebagainya.
  1. Barang Ekonomi
    Barang ekonomi merupakan semua alat pemuas kebutuhan yang tersedia dalam jumlah yang cenderung terbatas dan diperlukan biaya untuk memperolehnya. Hampir semua barang yang kita gunakan sehari-hari merupakan barang ekonomi, misalnya pakaian, makanan, rumah, kendaraan, dan sebagainya. Kelangkaan barang ekonomi menyebabkan manusia harus berusaha keras untuk memperolehnya.

Jenis Barang Berdasarkan Proses Pembuatannya

Berdasarkan proses pembuatan, barang dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :
  1. Barang Mentah
    Barang mentah merupakan bahan dasar hasil alam yang belum diolah atau belum mengalami proses produksi. Beberapa barang mentah dapat langsung dikonsumsi dan beberapa lagi harus diproses terlebih dahulu.

    Barang mentah yang dapat langsung dikonsumsi misanya buah-buahan seperti rambutan, jambu, apel, dan sebagainya. Sedangkan barang mentah yang harus diproses terlebih dahulu misalnya padi yang harus dimasak menjadi nasi, kapas yang diproduksi menjadi pengisi bantal, dan sebagainya.
  1. Barang Setengah Jadi
    Barang setengah jadi adalah barang yang sudah mengalami proses produksi tetapi belum bisa langsung dikonsumsi, misalnya beras yang harus dimasak terlebih dahulu, tepung yang diolah menjadi kue atau panganan lain, benang yang diproses menjadi pakaian, dan sebagainya.

  2. Barang Jadi
    Barang jadi merupakan barang yang dihasilkan dari proses produksi dan sudah siap untuk dikonsumsi, misalna kursi, nasi, pakaian, buku, dan sebagainya. Barang jadi adalah hasil akhir dari proses produksi seperti pakaian yang merupakan hasil akhir dari olahan kapas-benang-kain-pakaian.

Jenis-jenis Barang Berdasarkan Kegunaannya

Berdasarkan kegunaannya, barang dibedakan menjadi :
  1. Barang Produksi
    Barang produksi merupakan barang yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan produk-produk lainnya. Barang produksi disebut juga barang modal. Barang jenis ini ada yang habis dalam satu proses produksi (tepung, gula, dsb) dan ada pula yang tidak habis dalam satu proses produksi misalnya mesin dan peralatan lainnya.
  1. Barang Konsumsi
    Barang konsumsi merupakan barang yang diguanakan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan. Barang konsumsi merupakan barang yang dapat digunakan secara langsung sehingga sering juga disebut barang siap pakai atau barang jadi. Barang jenis inilah yang didistribusikan kepada konsumen seperti makanan, pakaian, buku, sepatu, kendaraan dan sebagainya.

Jenis-jenis Barang Berdasarkan Hubungannya

Berdasarkan hubungannya dengan barang lain, barang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Barang Substitusi
    Merupakan barang yang dapat digunakan untuk menggantikan barang lain yang fungsinya sama, misalnya jagung yang digunakan sebagai makanan pokok jika tidak ada beras, penggunaan kapur saat tidak ada spidol dan sebagainya.
  1. Barang Komplementer
    Barang komplementer adalah barang pelengkap yang digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan yang berguna jika digunakan bersama-sama dengan barang lain, misalnya alat penanak nasi yang akan berguna jika ada pasokan listrik, sepeda motor yang akan berguna jika ada bahan bakar, dan sebagainya.

Jenis Barang Berdasarkan Jaminan

Berdasarkan penggunaan dalam jaminan, barang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Barang Bergerak
    Merupakan barang yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman jangka pendek misalnya sepeda motor, mobil, perhiasan, dan sebagainya.
  1. Barang Tidak Bergerak
    Merupakan barang yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman jangka panjang. Yang termasuk barang tidak bergerak yang dapat dijadikan sebagai jaminan antaralain tapak tanah, lahan, bangunan rumah, gedung, dan sebagainya.

Tabel Jenis-jenis Barang

PembandingJenis barang
Carah Memperoleh Barang bebas
Barang ekonomi
Proses Pembuatan Barang mentah
Barang setengah jadi
Barang jadi
Kegunaan Barang produksi
Barang konsumsi
Hubungan dengan barang lain Barang substitusi
Barang komplementer
Jaminan Barang bergerak
Barang tidak bergerak

Advertisements