Ide Bisnis dan Peluang Usaha Paruh Waktu Untuk Pelajar

Posted by on 25 December 2015 - 3:26 PM

Berbisnis sudah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin meraih keuntungan dan kesuksesan dalam hal finansial. Tak hanya mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan, para pelajar pun banyak yang terjun dalam dunia bisnis untuk sekedar mengisi waktu luang, menambah uang jajan, atau membantu meringankan beban orangtua. Bisnis paruh waktu pun menjadi salah satu jenis usaha yang banyak dicari.

Bisnis Paruh Waktu

Karena pelajar menghabiskan banyak waktu di sekolah dan harus mengikuti jam pelajaran dengan baik, maka bisnis paruh waktu memang menjadi salah satu jenis bisnis yang paling ideal untuk para pelajar yang ingin memulai usaha tanpa harus mengorbankan jam sekolahnya.

Pada dasarnya, ada banyak alternatif bisnis yang dapat dilakukan oleh pelajar sambil bersekolah. Salah satunya adalah bisnis pulsa elektrik yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Tapi, mengingat pelajar hars tetap fokus pada pelajarannya, maka tetap harus pintar-pintar dalam mengatur waktunya.

Di luar negeri, banyak pelajar yang bekerja paruh waktu untuk melatih kemampuan dan memperoleh pengalaman kerja sejak dini. Banyak di antara mereka sebenarnya berasal dari keluarga yang mampu namun pekerjaan itu ditujukan untuk melatih sang anak agar bisa mandiri.

Di Indonesia khususnya di perkotaan, kebanyakan pelajar menghabiskan waktunya dari pagi hingga sore untuk belajar. Pagi mereka belajar di sekolah, soe harinya mengikuti les tambahan atau bimbingan belajar. Dalam hal waktu, tentu mereka tidak punya banyak waktu untuk memikirkan bisnis.

Meski demikian, apapun kondisinya bukanlah tidak mungkin untuk berbisnis. Kalaupun anda berada pada posisi demikian, masih ada banyak peluang bisnis yang dapat anda coba di selah-selah waktu luang atau ai antara kesibukan anda.

Untuk anda yang punya banyak waktu luang setelah pulang sekolah, tidak ada salahnya jika anda mencoba peruntungan di dunia bisnis. Daripada menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, lebih baik menghabiskan waktu untuk hal-hal yang menghasilkan uang.

Ide Bisnis Untuk Pelajar

Pada dasarnya, setiap orang mempunyai minat dan bakat dalam bisnis yang berbeda-beda. Ada yang begitu mahir dalam memanfaatkan peluang untuk berbisnis, adapula yang sama sekali enggan untuk memulai sesuatu bisnis meskipun mereka dihadapkan pada peluang yang besar.

Jika anda adalah pelajar yang minat terjun ke dunis bisnis, ada baiknya anda memulainya sejak dini, sejak anda masih berada di bangku sekolah. Hal itu dapat anda lakukan untuk sekedar mencari pengalaman atau bahkan untuk membangun karir secara serius dalam bidang bisnis dan menjadi pebisnis sukses di usia muda.

Untuk menjadi pebisnis yang sukses, kita harus selalu dapat memanfaatkan peluang sekecil apapun yang ada di hadapan kita. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan seringkali menghampiri mereka yang siap menggunakan peluang dan kesempatan yang ada di hadapannya.

Berikut ini kami sajikan beberapa ide bisnis untuk pelajar :
  1. Bisnis Pulsa Elektrik dan Paket Data Internet
  2. Bisnis ATK dan Perlengkapan Sekolah
  3. Bisnis Fotocopy dan Pengetikan
  4. Bisnis Makanan Ringan
  5. Bisnis Online
  6. Bisnis Les Privat

Bisnis Pulsa Elektrik dan Paket Data Internet

ide bisnis untuk pelajar

Dewasa ini, gadget sudah menjadi seperti kebutuhan primer bagi banyak kalangan. Banyak orang seperti tidak bisa lepas dari gadget mereka. Para remaja dan pelajar termasuk kelompok usia yang aktif dalam menggunakan gadget baik untuk keperluan komunikasi, hiburan, mencari tugas, hingga media sosial.

Keadaan ini merupakan peluang besar bagi anda yang berencana untuk memulai bisnis di usia dini. Berjualan pulsa elektrik atau paket data internet bisa jadi alternatif bisnis anda, terlebih jika anda tinggal di perkotaan yang mobilitas sosialnya sangat tinggi.

Bisnis kuota internet sudah menjadi ladang bisnis yang banyak digeluti oleh para mahasiswa dan pelajar. Mereka bekerja sama dengan pihak tertentu menjual paket data menggunakan sebuah mobil yang dijadikan stan berjualan. Biasanya akan ada beberapa tempat yang dipenuhi oleh pedagang paket data internet di sepanjang jalannya seperti kampus, lokasi nongkrong anak muda, perkantoran dan sebagainya.

Di kota besar, bisnis paket data sudah menjadi pasar tersendiri yang cenderung selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Hal itu didukung oleh gaya hidup modern yang tidak bisa lepas dari gadget dan berbagai aktivitas online yang membutuhkan paket data.

Jika anda berminat berbisnis pulsa elektrik atau paket data internet, maka anda harus melakukan observasi terlebih dahulu untuk melihat pasar dan peluang anda. Anda juga harus memikirkan metode yang anda gunakan. Anda bisa menggunakan modal anda sendiri atau menjadi mitra sebagai ranting dari grosir atau pusat penjualan paket data yang anda kenal. Jika anda tidak punya kenalan sama sekali, maka saatnyalah anda mencari informasi.

Keuntungan yang diperoleh dari bisnis pulsa elektrik biasanya berkisar Rp 500,00 sampai Rp 1000,00 untuk satu pembelian. Jika anda mahir dalam hal penjualan dan bisnis anda dikenal oleh teman-teman sekolah anda, maka bukan tidak mungkin anda bisa meraih keuntungan yang besar dan bisa membantu meringankan beban orangtua.

Bisnis ATK dan Perlengkapan Sekolah

Ide bisnis selanjutnya untuk kalangan pelajar adalah bisnis alat tulis dan perlengkapan sekolah. Jika di sekolah anda tidak memiliki koperasi atau toko yang khusus menjual alat tulis dan perlengkapan sekolah, maka itu bisa mnejadi peluang besar bagia anda.

Bisnis alat tulis dan perlengkapan sekolah bisa menjadi bisnis yang menjanjikan jika anda pintar membagi waktu dan konsisten dalam menjalankan usaha anda. Ada beberapa alternatif metode dalam menjalankan bisnis ini yaitu membuka toko kecil, berjualan di kelas, atau menggunakan sistem pesan.

Jika orangtua anda mempunyai modal untuk membantu bisnis anda, maka membuka toko alat tulis dan perlengkapan sekolah di dekat sekolah bisa jadi bisnis yang menjanjikan untuk anda. Apalagi jika anda adalah satu-satunya toko ATK yang berada dekat sekolah. Sudah tentu murid-murid di sekolah anda akan datang membeli perlengkapan ke toko anda.

Akan tetapi, jika anda tidak memiliki modal yang mencukupi untuk menyewa tempat dan menyetok barang, maka anda bisa menggunakan metode pesan. Anda bisa mempromosikan kepada teman-teman dekat anda bahwa anda menerima jasa pesan alat tulis dan perlengkapan sekolah.

Saat ini tentu tidak susah untuk mempromosikan usaha anda. Anda hanya perlu menambahkan sebanyak-banyaknya teman sekolah anda ke dalam akun media sosial anda dan mempromosikan bisnis anda di sana. Pasti akan ada banyak teman yang tertarik memesan terlebih jika mereka tidak punya waktu untuk membeli sendiri perlengkpan sekolah mereka akibat kesibukan di sekolah.

Sebagai langkah awal belilah stok berupa alat tulis dan perlengkapan sekolah yang paling umum dicari agar anda tidak harus bolak-balik ke pasar saat anda menerima pesanan. Dalam hal ini, berembuklah dengan orangtua anda jika memang modal anda tidak mencukupi.

Selanjutnya, cobalah untuk membangun citra positif dalam pelayanan anda. Gunakan bahasa yang sopan dalam mempromosikan bisnis anda dan berikanlah harga penjualan yang bersaing. Untuk menawarkan harga jual yang bersaing, tentu anda harus mencari grosir alat tulis dan perlengkapan sekolah yang menjual dengan harga relatif lebih murah dari pasaran.

Bisnis Fotocopy dan Pengetikan

Ide bisnis yang tidak kalah menjanjikan untuk kalangan pelajar adalah bisnis fotocopy dan pengetikan. Bisnis ini termasuk bisnis yang relatif aman karena yang namanya pelajar pasti akan berurusan dengan tugas-tugas sekolah yang harus diketik atau beberapa bahan belajar yang harus difotocopy.

Karena untuk mendirikan suatu tempat fotokopi membutuhkan modal yang besar, maka sebagai alternatif anda bisa bekerja paruh waktu di usaha fotocopy orang lain untuk mencari pengalaman. Selanjutnya, anda bisa menawarkan jasa fotocopy kepada teman-teman anda dengan sistem antar sehingga mereka tidak perlu menjemput buku mereka ke tempat fotocopy.

Sejalan dengan bisnis fotocopy, anda juga bisa mencoba bisnis pengetikan. Dalam hal ini anda harus mempunyai komputer dan printer. Tawarkanlah jasa pengetikan tugas pada teman anda yang tidak mempunyai komputer di rumahnya atau kepada teman yang tidak punya waktu mengetik.

Jika anda mahir dalam mengetik dan menyusun tugas, maka anda juga bisa menyediakan jasa pembuatan makalah atau tugas untuk teman-teman anda. Surveilah terlebih dahulu harga normal jasa pengetikan dan pencetakan tugas agar anda dapat memberikan penawaran harga yang terbaik.

Bisnis Jajanan dan Makanan Ringan

Bisnis jajanan dan makanan ringan termasuk slaah satu jenis usaha yang paling simple dan mudah dilakukan oleh pelajar. Kuncinya hanya satu, tidak gengsi dalam berjualan. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk berjualan makanan ringan atau jajanan rumahan yang tidak dijual di kantin sekolah anda.

Sebagai langkah awal tentu anda harus melihat kondisi sekolah anda apakah memungkinkan atau tidak untuk berjualan. Beberapa sekolah memang melarang muridnya berjualan, namun beberapa sekolah mengizinkan muridnya berjualan selama tidak mengganggu jam pelajaran dan menjaga kebersihan.

Jika anda harus meminta izin kepada pihak sekolah, maka uruslah izin tersebut terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya, diskusikanlah dengan Ibu anda jenis makanan ringan apa yang akan anda jual. Dalam hal ini perhatikanlah selera teman-teman anda. Lihat dan amati jenis makanan yang paling laris di sekolah.

Jika berjualan di waktu istirahat tidak memungkinkan karena beberapa alasan tertentu, maka alternatif yang dapat anda lakukan adalah berngosiasi dengan pengelolah kantin sekolah. Cobalah menawarkan produk jajanan anda ke kantin dengan sistem pemberian keuntungan sekian persen dari jumlah jajanan yang terjual atau dengan patokan harga yang sudah kalian sepakati.

Bisnis Online

Ide bisnis untuk pelajar selanjutnya adalah bisnis online. Bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh siapapun karena waktunya cenderung fleksibel. Ada banyak pilihan bisnis berbasis online yang dapat dilakukan oleh pelajar sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

Karena berbasis online, tentu perlengkapan utama yang harus kita miliki adalah perangkat yang dapat mengakses internet seperti komputer ataupun telepon cerdas. Jika anda memiliki gadget yang memadai untuk melakukan bisnis online, maka tidak ada salahnya anda mencoba peruntungan dalam bidang ini.

Cobalah untuk menafaatkan semua kemudahan dan potensi yang tersimpan dibalik menjamurnya media sosial dewasa ini. Gunakan akun internet dan media sosial anda untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dan menghasilkan pundi-pundi uang ke dompet anda.

Beberapa ide bisnis online yang dapat dilakukan pelajar antaralain menjadi penulis lepas untuk sebuah blog atau situs yang menerima artikel, menjadi seorang blogger atau youtuber (monetisasi akun dengan cara menjadi publisher iklan), menjadi reseller atau dropshiper, berjualan secara online, dan sebagainya.

Temukanlah jenis usaha yang paling sesuai dengan anda. Anda tentu melihat beberapa acara televisi dan berita di internet yang menampilkan kisah sukses beberapa pemuda Indonesia yang berhasil meraup uang jutaan rupiah lewat video kreatif yang mereka unggah ke akun instagram atau youtube mereka.

Jika merea bisa sukses dengan cara demikian, tentu anda juga bisa melakukan hal yang sama. Yang harus anda butuhkan adalah kreativitas agar karya anda dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan berguna. Jika konten anda berkualitas, maka akan ada harga yang layak anda peroleh.

Sebagai langkah awal rajin-rajinlah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang bisnis online dan jangan terlena dengan bisnis online yang menggiurkan. Cek dan telaahlah terlebih dahulu sebelum memulainya, karena bisnis online termasuk jenis bisnis yang rentan penipuan.

Bisnis Les Privat

Untuk anda yang bercita-cita menjadi guru atau punya passion dalam mengajar, maka bisnis les privat bisa jadi alternatif usaha anda. Jika anda punya kelebihan dalam bidang akademis dan berbakat mengajar, maka cobalah menawarkan jasa les privat kepada murid di bawah jenjang pendidikan anda.

Selain bagus untuk melatih kemampuan, mengajar les privat juga sangat berguna untuk menambah pengalaman anda dalam mengajar. Di tingkat perkuliahan, banyak mahasiswa yang bekerja paruh waktu sebagai pelajar les privat. Nah, jika anda sudah berpengalaman mengajar sejak SMA, maka ketika kuliah anda tidak akan kesulitan untuk memperoleh pekerjaan sampingan.

Bisnis les privat termasuk bisnis yang menjanjikan terlebih untuk anda yang tinggal di perkotaan. Masyarakat perkotaan cenderung lebih aktif dalam dunia pendidikan. Banyak pelajar yang meskipun sudah menigkuti bimbingan belajar di luar, namun tetap menggunakan jasa les privat untuk sebagai tambahan.

Biaya les privat di perkotaan juga terbilang cukup tinggi berkisar antara Rp 45.000,00 sampai Rp 90.000,00 atau bahkan lebih untuk setiap lesnya. Namun jika anda mengajar melalui suatu lembaga les privat, maka biasanya bayaran yang anda terima akan cenderung lebih rendah.

Advertisements