Pengertian, Manfaat, Jenis dan Keuntungan Asuransi Properti

Posted by on 01 January 2016 - 10:53 AM

Salah satu jenis asuransi yang menawarkan banyak manfaat namun masih minim peminat adalah asuransi properti. Tingkat kebutuhan yang tinggi dan besarnya biaya hidup yang harus ditanggung menjadi faktor utama kurangnya minat masyarakat terhadap asuransi khususnya asuransi properti. Selain itu, banyak masyarakat yang masih tidak mengerti dan sulit menerima konsep asuransi yang asing bagi mereka. Padahal, jika dilihat dari segi manfaat, asuransi properti menawarkan manfaat yang besar dalam mengantisipasi kerugian finansial akibat kejadian tidak terduga yang menimpah bangunan atau properti.

Pengertian dan Manfaat Asuransi Properti

Asuransi properti merupakan jenis asuransi yang ditujukan untuk mengantisipasi kerugian finansial akibat kejadian tidak terduga yang menimpah properti seperti kebakaran, banjir, gempa bumi, angin, ledakan, dan sebagainya sehingga pemiliki bangunan dan properti dapat meminimalisir resiko yang timbul akibat bencana tersebut.

Banjir dan kebakaran merupakan bencana yang paling umum dan sering menimpah masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal di pemukiman padat dan rawan banjir. Untuk mengantisipasi resiko kerugian akibat bencana, asuransi properti menawarkan perlindungan terhadap rumah, apartemen, ruko, dan harta yang ada di dalamnya.

Sesuai dengan konsep dasar asuransi, pemegang polis berkewajiban membayar sejumlah uang yang disebut premi kepada perusahaan asuransi sesuai dengan layanan yang mereka pilih. Sebagai gantinya, perusahaan asuransi memberikan dana asuransi untuk mengganti kerugian yang terjadi akibat bencana atau kejadian tak terduga yang menimpah properti pemegang polis.

Salah satu manfaat utama dari program asuransi properti adalah melindungi pemilik properti dari resiko kerugian finansial akibat kejadian tidak terduga yang dapat terjadi kapanpun seperti kebanjiran, kebakaran, tanah longsor, gempa bumi, ledakan dan sebagainya. Dengan adanya asuransi properti, anda dapat meminimalisir resiko dan kerugian yang mungkin akan anda hadapi.

Secara umum, ketika sebuah rumah terbakar hangus hingga rata dengan tanah, pemilik akan menjadi sangat sedih dan tertekan karena tidak hanya kehilangan tempat tinggal, mereka juga kehilangan harta benda yang berharga yang ikut terbakar bersama rumah. Keadaan tentu akan semakin sulit ketika pemilik rumah tidak memiliki dana untuk membangun rumah mereka lagi.

Manfaat proteksi yang ditawarkan oleh asuransi properti akan mengantisipasi hal tersebut. Dengan adanya asuransi properti, setidaknya pemilik properti masih dapat bernafas lega karena kerugian finansial yang dialami dapat diminimalisir dan masih ada dana asuransi yang dapat digunakan untuk menutupi kerugian yang timbul.

Jenis-jenis Asuransi Properti

jenis asuransi properti

Secara umum, masing-masing perusahaan menawarkan beberapa produk asuransi properti yang bervariasi sehingga calon peserta dapat memilih layanan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jenis asuransi properti dapat dilihat berdasarkan resiko yang ditanggung dan berdasarkan properti yang akan diasuransikan.

Berdasarkan jumlah resiko yang ditanggung, ada dua jenis asuransi properti, yaitu :
  1. Asuransi Properti Standar
    Asuransi standar hanya menanggung resiko-resiko tertentu yang paling besar peluang kejadiannya. Asuransi jenis ini juga disebut sebagai bentuk khusus dari asuransi properti. Salah satu resiko yang biasanya menjadi bentuk khusus dari asuransi properti adalah kebakaran, kebanjiran, atau gempa bumi. Asuransi properti standar yang paling umum kita dengar adalah asuransi kebakaran.

    Sesuai dengan namanya, asuransi kebakaran hanya menanggung kerugian yang diakibatkan oleh beberapa kejadian yang masih termasuk dalam kategori kebakaran seperti kebakaran akibat hubugan arus pendek, api rambatan, kebakaran akibat petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap. 

  2. Asuransi Properti All Risk
    Asuransi properti all risk secara umum disebut asuransi properti. Asuransi ini menanggung lebih banyak resiko kerugian yang mungkin menimpa suatu properti. Tak hanya menanngung kerugian akibat kebakaran, perusahaan asuransi juga akan menanngung kerugian akibat bencana banjir, gempa bumi, tanah longsor, gangguan eksternal, angin topan dan sebagainya ssuai dengan kebijakan yang tertulis dalam polis asuransi.

    Jika dibaningkan dengan asuransi standar, maka asuransi properti all risk lebih lengkap karena menjamin seluruh resiko yang umum dialami akibat kejaian tak terduga pada properti. Karena layanan dan manfaat yang ditawarkan lebih lengkap, tentu premi yang harus dibayar pun lebih besar.

Berdasarkan properti yang diasuransikan, asuransi properti dibedakan menjadi :
  1. Asuransi House Owner
    Asuransi house owner ditujukan untuk melindungi bangunan. Jadi pada asuransi jenis ini, properti yang diasuransikan adalah bangunan seperti rumah, ruko, apartemen, dan sebagainya. Asuransi house owner hanya akan menanggung kerugian akibat kejadian tak terduga yang menimpa bangunan tidak termasuk properti atau harta benda yang ada di dalamnya.

  2. Asuransi House Holder
    Asuransi house holder ditujukan untuk melindungi isi banguna. Jadi pada asuransi jenis ini, properti yang diasuransikan adalah harta benda yang ada di dalam bangunan. Asuransi house holder hanya akan menanggung kerugian akibat kejadian tak terduga yang menimpa harta benda tidak termasuk bangunan utamanya.

Sebagai peserta, anda dapat memilih salah satu jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda juga boleh menggunakan kedua jenis asuransi untuk mendapatkan proteksi yang lebih maksimal mencakup bangunan dan harta benda di dalamnya seperti uang dan perhiasan.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Properti

Sesuai dengan manfaat yang ditawarkan, maka berikut beberapa keuntungan menggunakan asuransi properti :
  1. Terlindung Dari Kerugian Finansial
    Salah satu keuntungan yang utama dari program asuransi adalah terlindung dari kerugian finansial. Seperti yang kita tahu, ketika bencana atau kejadian tidak terduga menimpa properti kita, maka kerugian finansial akibat bencana pun akan menyertai terlebih jika harta benda juga ikut rusak.

    Dengan mengikuti asuransi properti all risk kita dapat meminimalisir berbagai resiko akibat kejadian tak terduga dan mengantisipasi kerugian finansial yang mungkin akan kita alami. Asuransi properti memberi jaminan perlindungan terhadap resiko-resiko yang tertulis dalam polis asuransi sehingga kita masih tetap terbantu.

  2. Terlindung Dari Kehilangan Keuntungan
    Jika anda menggunakan jasa layanan asuransi properti all risk dan menggunakan polis gangguan usaha, maka anda akan terlindung dari kerugian finansial akibat gangguan terhadap usaha anda karena perusahaan asuransi all risk memberi jaminan perlindungan atas kehilangan pendapatan atau keuntungan akibat gangguan usaha seperti kerugian, kerhancuran, dan kerusakan.

  3. Memperoleh Ketentraman
    Bencana bisa jadi kapan saja. Kita tidak bisa pastikan kita selalu aman dari bencana. Dengan mengikuti asuransi properti, setidaknya kita sudah menjamin perlindungan dari resiko kerugian finansial akibat kejadian tak terduga yang menimpah rumah atau properti kita. Dengan demikian, kita bisa merasa lebih tenteram dan aman karena sudah terproteksi.

  4. Harta Benda Terjamin
    Jika anda menggunakan asuransi all risk atau jenis house holder yang juga melindungi harta benda yang ada dalam rumah, maka harta benda anda akan lebih terjamin. Anda tidak perlu terlalu khawatir terhadap harta benda anda karena jika terjadi sesuatu yang menyebabkan kerugian finansial seperti kerusakan, kehilangan, dan sebagainya yang tertera dalam polis asuransi, maka perusahaan asuransi akan menanggung biayanya.

Demikianlah pengertian, manfaat, jenis dan keuntungan menggunakan asuransi properti yang dapat kami jabarkan. Jika anda bermukim di pemukiman yang rawan banjir, rawan kebakaran, ataupun rawan bencana, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan jasa layanan asuransi properti demi melindungi keluarga anda dari kerugian finansial di masa yang akan datang.

Advertisements