5 MANFAAT MEMILIKI DANA CADANGAN DARURAT

Posted by on 05 September 2016 - 5:53 PM

Edukiper.com - Memiliki kehidupan yang bahagia dan berkecukupan dalam hal keuangan merupakan impian semua orang. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki keberuntungan dalam hidupnya. Sebagian besar orang harus berjuang dengan susah payah untuk mencukupi kebutuhan hidup. Sebagian orang lagi bahkan harus memutar otak untuk mencukupi kebutuhan dengan penghasilan yang pas-pasan.

Dengan berbagai cara, manusia mencoba mencukupi segala kebutuhan hidup dan mencoba memanfaatkan seoptimal mungkin apa yang dimiliki agar bisa menutupi yang lainnya. Kebutuhan hidup manusia juga terus berkembang dan semakin banyak seiring dengan perkembangan teknologi.

Perkembangan itu juga disertai dengan meningkatnya hal-hal tidak terduga yang bisa saja terjadi pada seseorang. Dan ketika hal-hal tidak terduga itu terjadi, maka biaya pula lah yang sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, kita bisa melihat betapa pentingnya memiliki dana cadangan.

Hal itu tidak terlepas dari manfaat dana cadangan itu sendiri. Pada kesempatan ini, edukiper akan memaparkan 5 manfaat memiliki dana cadangan dalam kehidupan anda.

Dana cadangan adalah dana khusus yang sengaja disiapkan untuk mengantisipasi berbagai hal yang terjadi secara tiba-tiba atau tidak terduga. Dana cadangan merupakan dana di luar tabungan dan investasi.

Artinya, dana cadangan berbeda dengan dana tabungan yang memang disimpan untuk tujuan menabung. Dana cadangan sengaja dialokasikan untuk mengatasi masalah keuangan yang muncul secara mendadak.

Masalah tersebut tentu berada di luar biaya kebutuhan hidup yang memang secara rutin harus dikeluarkan. Dana cadangan juga sering disebut sebagai dana darurat yaitu dana yang sengaja disiapkan untuk mengatasi masalah-masalah darurat di luar kebutuhan.

#1 Dana Cadangan Untuk Kebutuhan Darurat

Salah satu manfaat utama memiliki dana cadangan adalah mengatasi kebutuhan darurat. Kebutuhan darurat adalah kebutuhan yang timbul secara tiba-tiba dan sangat mendesak. Dengan kata lain, kebutuhan tersebut harus segera didahulukan misalnya pengeluaran untuk biaya pengobatan, kecelakaan, musibah, dan sebagainya.

Anda mungkin memiliki asuransi yang dapat anda klaim untuk mengatasi permasalahan tesrebut. Namun anda perlu ingat bahwa klaim asuransi atau proses reimburse dan administrasi membutuhkan waktu sedangkan kebutuhan anda sangat darurat.

Untuk alasan itulah dana cadangan sangat dibutuhkan. Jika anda memiliki dana cadangan, maka seluruh pengeluaran untuk menutupi kebutuhan darurat anda dapat ditutupi setidaknya sebelum proses klaim asuransi anda selesai, masalah darurat tersebut sudah teratasi.

Agar dapat menutupi pengeluaran akibat kejadian darurat, anda harus menyediakan dana cadangan yang memang khusus untuk tujuan darurat. Artinya, sebisa mungin tidak menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan lainnya yang tidak tergolong dana cadangan.

#2 Dana Cadangan Untuk Hal tak Terduga

Pada dasarnya, dana cadangan dialokasikan khusus untuk menutupi kebutuhan-kebutuhan tak terduga. Kejadian tidak terduga merupakan kejadian yang tidak diharapkan dan menimbulkan kerugian finansial atau kondisi yang menyebabkan anda kekurangan.

Salah satu kondisi tak terduga yang perlu kita antisipasi adalah adanya pemutusan kerja atau kebangkrutan. Kita semua setuju bahwa untuk memenuhi kebutuhan hidup tentu kita harus bekerja dan menghasilkan uang. Lalu, bagaimana jika tiba-tiba anda mengalami PHK atau kebangkrutan sehingga tidak mempunyai pekerjaan lagi?

Pada saat seperti itu, maka dana cadanganlah yang akan sangat membantu anda. Dengan adanya dana cadangan, maka anda dapat menutupi kebutuhan hidup sehari-hari sembari menmpersiapkan langkah baru dalam dunia kerja. Dengan begitu, anda tetap punya uang di sampai memiliki penghasilan kembali.

#3 Dana Cadangan Melatih Mengelolah Uang

Salah satu manfaat dari dana cadangan yang sebenarnya sangat penting untuk semua orang adalah berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mengelolah keuangannya. Dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk dana cadangan, maka anda telah belajar bagaimana mengelolah keuangan dengan benar.

Sebelum menyediakan dana cadangan tentu anda harus memperkirakan dana-dana apa saja yang harus dipenuhi sehingga secara tidak langsung anda akan terbiasa mengalokasikan dana secara sistematis dan teratur. Dengan demikian, anda lebih bijak dalam menggunakan uang sesuai dengan kategori alokasinya.

Jika anda sudah terbiasa menyisihkan sebagian penghasilan anda sebagai dana cadangan, maka perilaku anda sebagai konsumen akan lebih terarah karena anda harus benar-benar mempertimbangkan apa yang perlu dan apa yang tidak perlu. Dengan begitu anda terbiasa hidup hemat dan mampu mengatasi kesulitan finansial yang mungkin terjadi.

#4 Dana cadangan Untuk Antisipasi Kerugian

Jika anda adalah seorang pengusaha yang menggeluti bisnis tertentu, maka kerugian adalah salah satu kemungkinan yang bisa saja anda alami. untung dan rugi memang hal biasa dalam dunia bisnis. Namun, jika kerugian yang anda alami sangat besar hingga anda harus gulung tikar tentu akan menjadi masalah yang serius.

Dalam kondisi seperti ini, seringkali pengusaha sama sekali tidak mempunyai modal untuk melanjutkan usahanya. Sebagian lagi bahkan harus kehilangan aset berharga dan tidak memiliki apa-apa untuk memulai usaha yang baru.

Kondisi seperti itu bisa saja dan sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, sebagai pengusaha anda perlu menyiapkan dana cadangan untuk mengantisipasi kerugian. Selain untuk antisipasi kerugian, dana cadangan juga bisa anda gunakan sebagai dana darurat jika anda butuh tambahan modal untuk mengembangkan bisnis anda dan belum balik modal.

Memiliki dana cadangan untuk usaha juga lebih baik dari pada meminjam ke bank karena dana cadangan meiliki kelebihan dibanding dana pinjaman. Dana cadangan lebih mudah cair dan bisa anda ambil kapan saja anda membutuhkannya. Sementara jika anda meminjam ke bank, anda membutuhkan waktu pencairan dan harus membayar bunganya.

#5 Dana Cadangan Membuat Fikiran Lebih Tenang

Meningkatnya biaya kebutuhan hidup ditambah besarnya resiko dari kejadian-kejadian tidak terduga membuat beban fikiran manusia semakin besar. Tidak hanya memikirkan kebutuhan hidup, manusia juga dituntut untuk siap sedia menghadapi masalah yang datang secara tiba-tiba.

Secara psikologis, memiliki dana cadangan untuk kebutuhan tak terduga akan membantu menenangkan fikiran anda. Dengan adanya dana cadangan, anda tidak perlu mengkhawatirkan pengeluaran tidak terduga sehingga hidup menjadi lebih tenang karena sudah ada dana khusus yang dialokasikan untuk mengatasi hal itu.

Advertisements