KIAT BELAJAR MATEMATIKA SECARA CEPAT DAN EFEKTIF

Posted by on 10 September 2016 - 8:36 AM

Edukiper.com - Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh sebagai besar murid. Banyak murid tidak menyukai matematika karena mereka menganggap matematika itu sulit dan selalu menghapal rumus. Matematika juga menjadi kendala bagi para murid yang memiliki kelemahan dalam perhitungan. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan agar belajar matematika menjadi mudah dan menyenangkan. Tapi cara mana yang paling efektif tentu akan sangat bergantung pada pribadi masing-masing anak. Cara belajar anda disebut efektif jika melalui proses tersebut anda dapat memahami materi yang anda pelajari atau mendapat ilmu pengetahuan sebagi tujuan dari kegiatan belajar. Pada kesempatan ini, edukiper akan memaparkan beberapa trik belajar matematika secara efektif dan relatif lebih cepat.

Belajar Matematika Secara Efektif di Sekolah

Jika anda merasa bahwa matematika itu sulit dan membingungkan, maka anda harus mencurahkan perhatian lebih terhadap pelajaran tersebut. Jika daya tangkap anda terhadap pelajaran matematika cenderung lemah maka cobalah untuk lebih serius dan berkonsentrasi dalam belajar. Berikut beberapa trik belajar matematika secara efektif di sekolah.

#1 Siapkan Pelajaran dengan Baik
Karena anda mengalami kesulitan belajar matematika, maka anda harus mepersiapkan diri sebelum pelajaran itu dimulai. Artinya anda harus selangkah lebih maju dari teman-teman anda. Sebelum materi itu dibahas di sekolah, pelajarilah terlebih dahulu di rumah.

Anda bisa membaca buku pelajaran dan cobalah untuk memahami beberapa konsep dasar yang harus dikuasai. Anda bisa membuat ringkasan tentang apa yang anda pelajari sendiri dan tulislah dengan bahasa anda sendiri sesuai dengan pemahaman anda.

Jika anda menemukan masalah atau materi yang membingungkan, catatlah poin tersebut ke dalam daftar pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan itu akan anda gunakan sebagai acuan anda dalam belajar. Jadi, saat di kelas, tanyakanlah pertanyaan itu kepada guru.

Degan cara seperti ini, anda tidak terlalu bingung dengan materi yang diajarkan guru sebab anda sudah mempelajari sebagian topik di rumah. Dengan begitu anda menjadi lebih tahu kemana arah pembelajaran dan lebih mudah mengikuti penjelasan guru.

Jika anda mengalami masalah dalam mempelajari buku pelajaran dan merasa tak berdaya, maka anda bisa mencari bantuan kepada orang di sekitar anda atau mintalah kepada orangtua agar anda bisa mengikuti private les di rumah.

#2 Menyimak Penjelasan Guru dengan Seksama
Kunci penting yang harus anda ingat sebagai murid adalah selalu simak penjelasan guru anda dengan seksama. Berikan keseriusan anda dalam menyimak dan berusahalah untuk berkonsentrasi. Ingat bahwa menyimak penjelasan guru dengan baik juga menjadi bentuk perilaku atau etika yang baik dalam menghargai guru.

Menyimak berarti melihat, mendengarkan, dan menelaah apa yang disampaikan oleh guru. Cobalah untuk menalar informasi yang disampaikan oleh guru dengan teliti. Jika anda merasa bingung dengan penjelasan guru, jangan sungkan untuk bertanya.

Membiasakan diri untuk menyimak dan menyimpulkan informasi yang anda dengar sangat bagus untuk meingkatkan kemampuan nalar anda. Dengan kemampuan nalar yang baik, maka anda akan lebih mudah dalam memahami penjelasan guru.

Oleh karena itu, cobalah untuk selalu memperhatikan penjelasan guru. Kalaupun ada rasa tidak suka, cobalah untuk membuangnya dan pandanglah guru sebagai sumber ilmu yang akan sangat bermanfaat bagi anda, bagaimanapun keadaannya.

Baca juga : Cara Belajar yang Efektif, Efisien, dan Menyenangkan.

#3 Aktif Bertanya dan berinteraksi
Ketika belajar di kelas, manfaatkanlah untuk bertanya sesering mungkin. Manfaatkan guru untuk bertanya atau berdiskusi tentang materi-materi yang kurang anda pahami. Nah, pada saat inilah anda menggunakan daftar pertanyaan yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Secara umum, banyak murid yang tidak mau bertanya saat diberi kesempatan. Bukan karena sudah paham, tapi karena tidak paham sama sekali sehingga tidak tahu harus bertanya apa. Itulah sebabnya mengapa anda perlu membuat daftar pertanyaan sebelum mengikuti kelas.

Melalui pertanyaan-pertanyaan yang anda ajukan, anda akan memperoleh penjelasan yang anda butuhkan sehingga pemahaman anda terhadap materi yang sedang anda pelajari akan lebih baik. Jika penjelasan guru masih belum jelas, cobalah untuk mencari referensi lain.

#4 Buat Catatan atau Rangkuman Penting
Selama kegiatan belajar mengajar dan menyimak penjelasan guru, catatlah point-point penting yang sangat perlu untuk diingat. Catat semua rumus penting yang diajarkan dan tulis juga contoh soal jika diberikan. Contoh-contoh tersebut akan sangat membantu untuk memahami materi itu di rumah.

Selain itu, cobalah untuk menangkap kata-kata kunci yang dipaparkan oleh guru. Biasanya guru menekankan topik atau rumus apa yang harus kita kuasasi karena akan keluar dalam ujian. Nah, dalam hal ini anda harus cermat menangkap setiap kata kunci atau petunjuk yang diberikan guru baik secara terang-terangan atau secara terselubung.

#5 Kerjakan Tugas atau PR
Cara terbaik untuk memahami rumus dan penggunaannya adalah dengan rajin mengerjakan tugas. Dengan mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, secara tidak langsung anda mempelajari kembali materi yang sudah dijelaskan dan melihat bagaimana penggunaan rumus dalam menjawab sebuah soal.

Baca juga : Cara Efektif Belajar untuk Menghadapi Ujian.

Belajar Matematika Secara Efektif di Rumah

Selain belajar dengan serius di sekolah, anda juga harus belajar di rumah untuk memahami kembali materi yang sudah diajarkan. Hal ini perlu anda lakukan terlebih jika anda cenderung sulit menangkap pelajaran sehingga harus lebih sering mengulangnya.

#1 Tumbuhkan Minat Terhadap Matematika
Sekalipun anda membenci matematika atau tidak suka dengan gurunya, cobalah untuk menumbuhkan minat anda terhadap matematika. Sebisa mungkin untuk tidak menganggap bahwa matematika itu sulit sebab apa yang kita fikirkan akan mempengaruhi kenyataannya.

Justru karena sulit, anda harus menanamkan semangat lebih untuk menaklukannya. Jadikan kesulitan itu sebagai tantangan bagi anda untuk melangkah lebih maju. Coba lihat teman anda yang begitu menguasai matematika. Jika dia bisa, anda pasti juga bisa.

#2 Bertahap tapi Rutin
Begitu pulang sekolah dan masuk ke dalam jadwal belajar di rumah, cobalah untuk mengulang kembali pelajaran yang sudah anda pelajari di sekolah. Lihat kembali catatan anda dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan anda. Susun dan rapikan menjadi sebuah rangkuman yang mudah anda pahami.

Manfaatkan waktu belajar anda untuk membahas materi secara menyeluruh hingga anda benar-benar paham. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memahami semua topik sekaligus. Tapi pahamilah secara bertahap yang penting rutin dan teratur.

#3 Buat daftar Rumus Penting
Trik selanjutnya yang dapat anda laukan untuk belajar matematika adalah dengan membuat daftar rumus penting. Anda bisa menulis rumus-rumus ke dalam buku saku yang bisa anda bawa kemana-mana sehingga dapat anda gunakan kapanpun anda butuh.

Anda juga bisa membuat rumus-rumus di kertas kartun dan menempelnya di bagian dinding atau tempat-tempat yang paling sering anda lihat. Anda juga bisa menempelnya di dekat poster idola anda. Dengan begitu rumus-rumus itu akan sering anda lihat. Karena sering dilihat maka anda akan lebih cerpat mengingatnya di setiap kesempatan.

#4 Disiplin dan Konsisten
Kunci keberhasilan dalam kegiatan belajar adalah disiplin dan konsisten. Sepintar apapun, semua orang harus disiplin dan konsiten agar mencapai hasil terbaik. Hal ini juga berlaku dalam belajar matematika. Pelajarilah matematika secara konsisten sesulit apapun materinya.

Oleh karena itu, buatlah jadwal belajar anda dan patuhilah jadwal tersebut. Dengan begitu kegiatan anda akan lebih terarah. Kebiasaan mematuhi jadwal akan melatih kedisiplinan dan konsistensi anda dalam belajar. Dengan cara ini, pasti anda dapat menguasai matematika lebih baik.

#5 Bentuk Kelompok Belajar
Jika anda mengalami kesulitan belajar sendiri, maka bentuklah kelompok belajar. Ajak teman-teman akrab anda yang memiliki masalah serupa untuk belajar bersama. Jika perlu mintalah bantuan kepada teman anda yang lebih pintar dalam matematika sehingga belajar kelompok dapat berlangsung.

Selain baik untuk menjaga pertemanan, belajar kelompok sangat efektif untuk mempelajari matematika. Kuncinya hanyalah keseriusan dalam belajar. Ciptakan suasana belajar kelompok yang menyenangkan dan santai tapi tetap terarah. Hindari kelompok belajar yang berujung pada perbincangan tidak penting.

#6 Rajin Mengerjakan Soal Latihan
Tidak semua guru suka memberi tugas rumah kepada murid. Tapi bukan berarti anda tidak akan belajar jika tidak ada tugas. Cobalah untuk mengerjakan soal-soal latihan yang ada di buku pelajaran untuk menguji sejauh mana pemahaman anda tentang pelajarn yang sudah anda pelajari.

Saat mengerjakan soal, secara langsung anda akan mencoba mengingat rumus dan penggunaannya. Anda juga menjadi mengenal model-model soal yang berhubungan dengan materi tersebut. Dengan cara ini, anda bisa mengevaluasi hasil belajar anda sekaligus meningkatkan pemahaman.

Belajar dengan cara mengerjakan soal-soal latihan terbukti lebih efektif membantu murid memahami materi matematika dengan cepat dibandingkan belajar dengan cara mencatat rumus atau menghapal rumus bulat-bulat.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar.

Advertisements