CARA MENGHASILKAN DOLAR DARI GOOGLE UNTUK PELAJAR

Posted by on 02 November 2016 - 9:30 AM

Edukiper.com - Apakah anda berfikir bahwa Google hanyalah sebuah mesin pencari atau pemilik sistem operasi android saja? Jika ya, maka pemikiran anda salah dan sudah waktunya anda membuka mata untuk melihat sejauh mana dunia berkembang. Google tidak hanya sebatas mesin pencari melainkan sebuah perusahaan raksasa yang bergerak di bidang teknologi dan internet yang menyediakan berbagai layanan online dan menciptakan teknologi-teknologi baru demi kemajuan peradaban. Tak hanya memberikan pelayanan online, melalui program periklanan yang disebut Google Adsense, mereka juga membuka kesempatan bagi semua pengguna internet untuk bergabung dan berpartisipasi menjadi publisher iklan. Program ini telah membantu banyak situs terkenal untuk berkembang dan menjadi alternatif penghasilan bagi banyak blogger atau youtuber di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Apa Itu Google Adsense?

Google Adsense adalah salah satu program periklanan PPC (pay per click) besutan Google. Google Adsense menjadi sebuah media yang menjembatani antara pengiklan dengan para blogger atau pemilik situs untuk menjalankan bisnis periklanan.

Seperti yang anda lihat, bisnis periklanan merupakan salah satu bisnis yang paling berkembang di dunia. Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis periklanan juga terus berkembang. Hampir di semua aspek kehidupan seringkali kita melihat atau menemukan iklan.

Bisnis periklanan menjadi sumber penghasilan bagi berbagai bidang teknologi. Iklan digunakan dalam televisi, radio, situs atau blog, video youtube, papan iklan di jalan raya, aplikasi, dan sebagainya. Iklan seperti sudah menjadi sesuatu yang biasa mengiringi kehidupan manusia.

Google Adsense menyediakan cara bagi pemilik situs untuk menghasilkan uang tambahan dari konten online yang mereka punya. Pemilik blog dapat memasang iklan dari Google Adsense di blog mereka dan memperoleh bayaran untuk setiap klik yang mereka terima.

Dengan cara yang sama, Google Adsense juga memberi peluang bagi para Youtuber untuk menghasilkan dolar dari konten video yang mereka upload ke akun youtube mereka. Iklan akan tampil saat video ditonton dan para youtuber akan menerima bayaran jika iklan tersebut diklik oleh penonton mereka.

Jadi, singkatnya anda dapat menghasilkan uang dari Google dengan cara membuat blog atau akun youtube, mengisi blog atau youtube anda dengan konten berkualitas, memasang iklan di blog atau youtube anda, dan menerima bayaran untuk semua klik iklan yang anda terima.

Terdengar simple kan! Ya, memang sesimple itu tetapi kenyataannya jauh lebih rumit. Meskipun Google memberi kesempatan bagi semua pengguna internet untuk menghasilkan dolar melalui program Google Adsense, tapi tidak semua orang dapat dengan mudah diterima.

Untuk menjadi partner Google dan menampilkan iklan di blog atau youtube anda, anda harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh Google. Persyaratan tersebut berhubungan dengan kualitas konten dan sumber trafik yang anda miliki.

Meski demikian, anda tidak perlu khawatir. Sebagian orang memang tidak berhasil mendaftar Google Adsense tetapi tidak sdikit juga yang diterima dan menghasilkan ratusan juta rupiah setiap bulannya dari Google Adsense.

Jika anda penasaran bagaimana caranya, maka anda perlu membaca artikel ini lebih lama. Pembahasan ini akan memberikan sedikit gambaran bagi anda tentang cara menghasilkan dolar dari Google Adsense.

Baca juga : Cara Menghasilkan Jutaan Rupiah dari Blog Pribadi tanpa Modal.

Bagaimana Adsense Membayar Blogger dan Youtuber?

Seperti yang dibahas di atas, para blogger dan youtuber akan memperoleh penghasilan berdasarkan jumlah dan nilai klik yang mereka terima. Normalnya, semakin banyak jumlah klik iklan yang mereka terima, maka akan semakin besar pula pernghasilannya.

Biaya yang diterima untuk klik iklan tidak selalu sama dan nilainya sangat bervariasi. Ada iklan yang membayar rendah adapula iklan yang membayar tingi. Tinggi rendahnya bayaran yang anda terima untuk setiap klik bergantung pada nilai CPC (cost per click) iklan.

Nilai CPC iklan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti advertiser, jenis iklan, asal visitor, validasi klik, format iklan, dan sebagainya. Penempatan iklan dan topik blog juga secara tidak langsung akan sangat mempengaruhi nilai CPC iklan.

Meski nilai CPC bergantung pada banyak faktor yang tidak semuanya dapat dikendalikan, tetapi ada beberapa poin yang pasti. Salah satu fakta yang perlu anda ketahui adalah nilai CPC blog berbahasa Indonesia umumnya jauh lebih kecil dari blog-blog berbahasa Inggris.

Hal itu terjadi karena advertiser untuk blog berbahasa Indonesia biasanya berasal dari dalam negeri sehingga biaya yang mereka berikan juga rendah. Selain iklan bersumber dari dalam negeri, pengunjung blog berbahasa Indonesia juga didominasi oleh pengunjung lokal sehingga iklan yang tampil kebanyakan iklan lokal dan itu menyebabkan nilai CPC rendah.

Jika blog dan youtube sudah memenuhi syarat dan telah diterima oleh Google untuk menjadi publisher adsense, maka para blogger dan youtuber dapat memasang iklan di konten online mereka. Blogger dan youtuber akan memiliki sebuah akun Google Adsense.

Akun Google Adsense merupakan akun yang digunakan untuk melakukan berbagai pengaturan terhadap iklan dan memuat informasi penghasilan serta identitas pemilik akun yang akan digunakan untuk kepentingan pembayaran. Pada akun adsense inilah para blogger dan youtuber mengatur metode pembayaran.

Blogger dan Youtuber akan menerima pembayaran setelah penghasilan mereka melewati ambang batas (biasanya $100) dan telah melakukan ferivikasi alamat melalui PIN yang mereka terima. Pembayaran akan dikirim sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.

Ada beberapa metode pembayaran yang dapat dipilih seperti via bank atau via western union. Untuk pemula, biasanya para blogger merekomendasikan metode pembayaran menggunaka western union karena lebih simple dan relatif lebih mudah.

Pembayaran akan dikirim pada tanggal 21-23 setiap bulannya. Jika penghasilan belum melampaui ambang batas maka penghasilan tersebut akan digabung dengan penghasilan bulan berikutnya dan akan dibayar jika telah melewati ambang batas.

Proses pembayaran Adsense biasanya berjarak satu bulan. Jadi, penghasilan di bulan Januari akan dibayar pada bulan Februari, penghasilan bulan Februari akan dibayar di bulan Maret, dan begitu seterusnya. Google akan memberikan notifikasi jika pembayaran telah dikirim dan status pembayarn bisa dicek pada menu pembayaran.

Baca juga : Peluang Bisnis Akhir Tahun yang Menjanjikan.

Bagaimana Cara Mendaftar Google Adsense?

Saat ini, banyak blogger Indonesia yang berlomba-lomba membuat blog dan menghasilkan penghasilan melalui Google Adsense. Para blogger tersebut datang dari berbagai kalangan mulai dari ahli IT, guru, pebisnis, mahasiswa, pelajar, hingga ibu rumah tangga.

Jika anda adalah seorang pelajar yang ingin belajar memperoleh penghasilan secara online, maka menjadi publisher Adsense adalah salah satu cara yang paling tepat sebab program ini terbukti membayar dan sudah digunakan oleh jutaan blogger di seluruh dunia.

Modal utama untuk menghasilkan uang dari program Adsense adalah kemauan dan konsistensi. Selama anda mau bekerja keras dan konsisten dalam mengolah konten online anda, maka peluang untuk menjadi publisher sukses akan besar.

Program Adsense merupakan program periklanan yang terpercaya dan penghasilan yang ditawarkan juga tidak main-main. Semua publisher memiliki kesempatan yang sama untuk menghasilkan jutaan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya. Itu sudah dibuktikan oleh beberapa Blogger sukse asal Indonesia.

Untuk mendaftar Google Adsense dan menjadi seorang publisher Adsense, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi. Beberapa syarat utama untuk menjadi publisher Adsense antara lain :

#1 Memiliki Media untuk Menampilan Iklan
Persyaratan pertama yang harus anda penuhi adalah memiliki media untuk menampilkan iklan. Untuk menjadi publisher Adsense dan menampilkan iklan tentu anda harus memiliki media yang akan anda gunakan untuk menampilkan iklan.

Media tersebut bisa dalam bentuk blog atau situs atau bisa juga melalui akun youtube. Jika anda lebih suka menulis maka anda dapat membuat blog dan menjadi blogger. Jika anda lebih suka membuat video, maka anda bisa membuat akun youtube dan menjadi youtuber.

Jika anda suka menulis dan sangat hobi membuat video, maka anda bisa membuat keduanya sekaligus. Anda bisa saja menjadi seorang blogger dan seorang youtuber sekaligus. Blogger yang menyediakan konten dalam bentuk video seperti di youtube juga dikenal dengan istilah Vlogger.

A. Menampilkan Iklan Adsense di Situs atau Blog
Untuk menjadi blogger, anda harus membuat blog terlebih dahulu. Karena tujuan anda adalah untuk menjadi publisher Adsense, maka kami sarankan untuk membuat blog gratis dengan platform blogspot.com milik Google. Blog dengan platform tersebut lebih cocok untuk Adsense.

Begitu blog anda dibuat, maka mulailah untuk menulis konten anda. Buatlah konten semenarik dan seoriginal mungkin agar dapat menarik banyak pengunjung. Meski banyak cara hitam yang dilakukan orang untuk mempercepat kemajuan blog cobalah untuk menempuh cara yang jujur.

Salah satu kunci keberhasilan sebuah blog adalah originalitas dan konsistensi. Yang perlu anda lakukan adalah membuat konten-konten bermanfaat yang original dan menulis artikel anda secara konsisten. Banyak yang mengusulkan untuk menulis artikel setiap hari atau sekurang-kurangnya dua kali sehari.

Untuk menjaga konsistensi, akan lebih baik jika anda menulis satu artikel setiap harinya daripada menulis lima artikel dalam satu hari dan berhenti menulis untuk beberapa hari atau minggu. Dengan selalu menyediakan konten terbaru, anda juga akan mendapatkan pengunjung setia yang menunggu artikel terbaru anda.

Agar blog anda cepat berkembang dan mendapatkan trafik pengunjung yang besar, anda dapat memanfaatkan beberapa teknik SEO yang sudah banyak dibahas oleh para blogger senior. Teknik SEO merupakan teknik optimasi agar artikel yang anda miliki berada di peringkat teraratas dalam mesin pencarian.

Jika artikel-artikel anda bertengger di posisi teratas dalam hasil pencarian, maka blog anda akan lebih mudah ditemukan dan kemungkinan besar blog anda akan selalu dikunjungi. Semakin sering artikel anda muncul di hasil pencarian, maka akan semakin besar jumlah pengunjung anda.

Baca juga : Cara Menentukan Niche Blog Agar Penghasilan Maksimal.

B. Menampilkan Iklan Adsense di Youtube

Cara menghasilkan Uang Dari Google Adsense

Untuk menjadi youtuber, anda harus membuat akun youtube terlebih dahulu. Setelah anda memiliki akun youtube dan membuat channel youtube anda, selanjutnya mulailah mengisi youtube anda dengan video-video seara berkala dan konsisten.

Untuk membuat video anda dapat mengambil tema atau topik tertentu sesuai bidang dan kemampuan anda. Anda bisa membahas tentang hobi anda, turorial tentang sesuatu yang anda kuasai, cerita humor, berbagi kemampuan anda dalam bernyanyi, dan sebagainya.

Agar channel youtube anda populer dan memiliki banyak subscriber, maka anda harus membuat konten-konten yang berkualitas dan memberikan manfaat setidaknya hiburan kepada para penonton. Sebagai langkah awal, cobalah untu rajin mempromosikan konten anda melalui media sosial.


Sama seperti menjadi blogger, untuk menjadi youtuber sukses anda juga perlu menjaga konsistensi anda dalam membuat konten video. Usahakan untuk membuat konten video terbaru secara terjadwal dan konsisten agar pelanggan anda tidak bosan.

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan beberapa youtuber terkenal yang sukses meraup jutaan rupiah dari akun youtube mereka. Sebut saja Raditiya Dika sebagai salah satu contohnya. Jika anda lihat, konten-konten yang disajikan oleh Radit memiliki ciri khas tersendiri sehingga tak heran jika ia memiliki jutaan subscriber.

Dari segi peluang, banyak yang mengatakan bahwa peluang untuk menghasilkan jutaan rupiah melalui Google Adsense lebih besar pada youtube dibanding blog. Hal itu tidak sepenuhnya benar dan tidak juga salah. Sebagian besar youtuber memang merasa lebih gampang mendapat uang dari youtube dibanding blog.

Hal itu memang wajar mengingat youtube merupakan salah satu media berbagi video yang sangat populer. Setiap hari youtube dikunjungi oleh ratusan juta pengunjung di seluruh dunia. Konten dalam bentuk video umumnya lebih cepat populer dibanding konten dalam bentuk artikel yang disajikan di blog.

Alasannya sederhana, karena kebanyakan orang lebih suka menonton daripada membaca. Maka tak heran jika pengunjung untuk sebuah video dalam suatu channel youtube jauh lebih besar daripada pengunjung sebuah blog yang memiliki ratusan artikel.

Jika melihat perbandingan tersebut tentu kita akan berfikir bahwa youtube jauh lebih potensial dibading blog. Tetapi hal itu tentu sangat bergantung pada masing-masing pribadi. Sama seperti tidak semua orang berhasil menjadi blogger yang sukses, begitu pula tidak semua orang bisa menjadi youtuber sukses.

Tiap cara mempunyai tantangannya masing-masing. Youtube mungkin cenderung lebih mudah mendatangkan pengunjung tetapi membuat video yang berkualitas yang menarik minat penonton bukanlah sesuatu hal yang mudah. Jadi, pilihlah metode yang sesuai untuk anda.

Baca juga : Cara Menghasilkan Ratusan Juta Dari Youtube.

#2 Berusia Minimal 18 Tahun
Persyaratan yang kedua adalah syarat usia. Untuk mendaftarkan blog atau youtube ke Google Adsense, anda harus berusia lebih dari 18 tahun. Lalu bagaimana jika usia anda masih di bawah 18 tahun?

Untuk anda pelajar yang masih di bawah 18 tahun anda tidak perlu khawatir. Tidak perlu menjadikan usia sebagai hambatan bagi anda untuk menghasilkan uang. Anda bisa meminta orangtua atau wali untuk mewakili anda dalam mendaftar Google Adsense.

Dalam hal ini, anda bisa meminta orangtua anda untuk mengajukan permohonan menggunakan akun google mereka. Selanjutnya anda akan menggunakan identitas orangtua atau wali untuk mendaftarkan blog anda ke Google Adsense.

Pembayaran akan dikirm berdasarkan identitas orangtua atau wali yang anda gunakan dengan menggunakan metode pembayaran yang anda pilih. Dengan demikian, anda tetap bisa mendaftar hanya saja menggunakan identitas orangtua.

#3 Blog atau Situs sudah Aktif Setidaknya 6 Bulan
Setelah anda membuat blog dan mengisi blog anda dengan sejumlah artikel, maka jangan langsung mendaftarkan blog ke Google Adsense. Tunggulah setidaknya 6 bulan kemudian. Hal itu dilakukan untu memastikan bahwa blog anda sudah memiliki kualitas yang memadai untuk menampilkan iklan.

Jika anda merasa blog anda sudah memenuhi syarat yang ditentukan dan layak untuk menampilkan iklan, maka anda dapat mendaftarkan blog anda melalui situs Google Adsense atau melalui tab Earnings di halaman akun blogger anda.

Untuk Youtube, jika anda ingin memasang iklan di video YouTube anda, maka anda dapat mengajukan permohonan untuk Program Mitra YouTube dan ikuti petunjuk yang ditampilkan di antarmuka Youtube untuk mengajukan permohonan AdSense.

#4 Konten Mematuhi Kebijakan Program Adsense

Syarat terakhir yang merupakan syarat paling penting yang harus anda perhatikan adalah mengenai kebijakan Adsense. Sebelum mendaftarkan blog anda ke Google Adsense cobalah untuk membaca kebijakan program Adsense terlebih dahulu.

Kebijakan program Adsense biasanya berubah-ubah sehingga kita harus selalu mengikuti perubahan tersebut. Untuk itu, sebelum mendaftar dan mengajukan permohonan, pastikan terlebih dahulu bahwa konten blog kita tidak melanggar kebijakan program Adsense.

Secara garis besar, program Adsense tidak mengizinkan blog dengan konten berbau negatif, konten dewas4, konten yang berbau SARA, konten yang tidak aman bagi keluarga, atau konten yang berpotensi menyinggung kalangan tertentu.

Google Adsense juga menginginkan blog dengan konten yang original dan fresh. Itu artinya, anda harus berusaha membuat artikel dengan gaya bahasa anda sendiri dan menghindari tindakan curang seperti copy paste atau teknik ototmatis untuk menghasilkan konten.

Baca juga : Ide Bisnis Paruh Waktu untuk Pelajar.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment