7 NICHE BLOG PALING COCOK UNTUK PELAJAR MENGHASILKAN UANG

Posted by on 03 November 2016 - 9:44 AM

Edukiper.com - Sekarang bukan zamannya untuk diam dan menjadi penikmat pasif dunia internet yang hanya menjadi pengguna tanpa berkontribusi apapun. Sekarang sudah saatnya memanfaatkan kemajuan teknologi untu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan untuk orang lain. Jika pelajar sebagai genarasi muda identik dengan kehidupan yang santai dan kekinian, maka sudah seharusnya pelajar mulai berfikir untuk mengambil keuntungan dari kemajuan zaman agar tidak tertinggal di kemudian hari. Salah satu kegiatan positif yang berhubungan dengan dunia internet adalah blogging. Selain menjadi media untuk berbagi informasi, blog juga dapat dijadikan sebagai media latihan sekaligus sumber penghasilan tambahan. Pada kesempatan ini, Edukiper akan memberikan beberapa pandangan mengenai blog yang paling cocok untuk pelajar agar dapat menghasilkan uang tambahan dari internet.

Menghasilkan Uang Dari Blog

Blog buan hanya sekedar media untuk berbagi atau bertukar informasi dengan pengguna internet di seluruh dunia. Blog juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan dari internet. Beberapa blogger bahkan menjadikan blogging sebagai perkerjaan utamanya untuk menghasilkan uang.

Orang yang bekerja sebagai blogger sering disebut full time blogger. Pekerjaan ini memang seringkali dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Tetapi, bagi eorang blogger yang sudah merasakan nikmatnya menghasilkan dari blog tentu hal itu adalah suatu kepuasan tersendiri.

Penghasilan yang dapat anda peroleh dari blog sangat bervariasi tergantung pada sejauh mana anda dapat berusaha. Ada yang harus menunggu bertahun-tahun baru bisa menghasilkan uang, tapi ada pula yang tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menghasilan uang dari blog.

Hasil yang berbeda tersebut bergantung pada keseriusan blogger dalam mengolah dan mengembangkan blog mereka. Jika serius, bukan tidak mungkin untuk menghasilkan ratusan juta rupiah dalam sebulan dari blog anda. Sudah banyak blogger senior yang sudah membuktikannya.

Menariknya, blogging bukan milik orang-orang tertentu saja melainkan bisa dilakukan oleh siapapun. Guru, mahasiswa, pelajar, pebisnis, sampai ibu rumah tangga semua bisa membuat blog dan memiliki peluang yang sama untuk berhasil.

Sebagai seorang pelajar, anda sebenarnya memiliki peluang yang lebih besar untuk berhasil di dunia blogging. Selain karena kecenderungan remaja yang aktif dan selalu ingin tahu, sebagain besar pelajar juga memiliki banyak waktu luang sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan posifit seperti halnya blogging.

Selain itu, ada banyak topik atau niche blog yang sangat cocok untuk dikelolah oleh pelajar karena era teknologi ini secara umum didominasi oleh pengguna usia remaja. Dengan topik-topik tersebut, pelajar akan bisa mengembangan sebuah blog dan menghasilkan uang dari blog tersebut.

Baca juga : Cara Menghasilkan Jutaan Rupiah dari Google untuk Pelajar.

#1 Blog Pendidikan

Topik pertama yang paling cocok untuk pelajar adalah tema pendidikan. Topik ini kami rasa sangat cocok untuk pelajar karena pelajar pada dasarnya menghabiskan banyak waktu di sekolah. Anda dapat membuat sebuah blog yang berisi catatan-catatan pelajaran anda di sekolah.

Selain sebagai media untuk berbagi pengetahuan, anda juga bisa memanfatkan blog sebagai catatan kedua anda untuk mencatat ulang pelajaran-pelajaran yang telah anda pelajari di sekolah. Dengan demikian anda dapat negblog sekaligus mengulang pelajaran.

Setiap hari anda tentu menerima pelajaran baru dari guru dan ini sangat bagus untuk perkembangan blog anda jika anda selalu mencatat ulang pelajaran yang sudah anda pelajari. Keuntungan lainnya, blog anda memiliki peluang besar untuk menerima banyak pengunjung karena biasanya pelajaran yang sedang pelajari akan sama dengan ribuan sekolah di Indonesia.

Catatan-catatan anda yang anda post di blog tentu akan sangat bermanfaat untuk teman-teman anda yang membutuhkan informasi tentang pelajaran tertentu. Apalagi, konten anda akan selalu up to date dan sesuai dengan materi yang sedang dibahas di kebanyakan sekolah.

Logikanya sederhana saja. Jika anda di sekolah sedang belajar tentang fungsi kuadrat, maka kemungkinan besar murid-murid di sekolah lain juga sedang belajar tentang persamaan kuadrat. Nah saat itu biasanya pelajar akan mencari informasi tambahan terkait fungsi kuadrat di internet.

Jika blog anda menyajikan informasi-informasi seputar fungsi kuadrat yang paling dibutuhkan dan banyak dicari oleh pengguna internet, tentu blog anda akan lebih sering dikunjungi. Dengan demikian blog anda pasti akan populer dalam waktu yang relatif cepat.

Baca juga : Cara Menentukan Niche Blog yang Paling Sesuai untuk Anda.

#2 Blog Tutorial

Topik kedua yang edukiper rasa cocok untuk pelajar adalah topik tutorial. Anda bisa membuat sebuah blog tutorial tentang apa saja yang paling anda sukai atau tutorial tentang kehalian-keahlian tertentu yang sangat anda kuasai.

Sebagai pelajar tentu anda memiliki keahlian khusus yang paling dominan dalam diri anda. Manfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang dari internet dengan cara membagikan tutorial melalui blog pribadi anda.

Misalnya, katakanlah anda memiliki keahlian khusus yaitu menggambar. Banyak teman-teman anda yang memuji hasil gambaran atau lukisan anda. Daripada hanya menjadi pujian yang berlalu, lebih baik anda memanfaatkannya untuk berbagi dan menghasilkan.

Jika anda memiliki kelebihan memahami pelajaran lebih baik daripada teman-teman anda dan anda sering diminta oleh teman-teman untuk menjelasakan pelajaran kepada mereka, maka anda bisa juga memanfaatkan hal itu untuk membuat blog.

Anda bisa membuat tutorial tentang suatu topik mata pelajaran tertentu dalam bentuk tulisan yang akan anda posting di blog. Selanjutnya anda bisa meminta teman-teman anda untuk melihat blog anda jika mereka meminta anda menjelaskan suatu materi.

Jika perlu, kombinasikan blog tutorial anda dengan konten video. Dalam hal ini, anda bisa membuat turorial dalam bentuk video yang sesuai dengan konten-konten blog anda dan menguploadnya ke channel youtube anda.

Selanjutnya, anda dapat menghubungkan antara blog dan channel youtube anda melalui beberapa cara yang anda suka. Dengan demikian, pengunjung dapat memilih ingin mempeljari tuorial dalam bentuk tulisan atau dalam bentuk video.

Topik blog tutorial sangat cocok untuk pelajar yang memiliki kemampuan public speaking yang baik. Jika anda bercita-cita menjadi seorang guru, maka jenis blog seperti ini juga sangat bagus untuk melatih kemampuan anda.

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Sebagai Penulis Lepas Online.

#3 Blog Games dan Aplikasi

Kebanyakan pelajar biasanya sangat menyukai games dan aplikasi. Hampir semua pengguna gadget pasti terdapat aplikasi dan games-games tertentu yang sangat sering mereka gunakan. Sakin seringnya digunakan, mereka menjadi mahir dalam hal itu.

Nah, jika anda termasuk orang yang sangat suka bermain games dan mencoba aplikasi-aplikasi terbaru di gadget anda, maka anda bisa membuat blog dengan topik games dan aplikasi. Anda bisa menulis tentang games-games apa saja yang populer atau aplikasi-aplikasi terbaru yang rekomended.

Anda juga bisa membagikan tips dan trik untuk memainkan suatu games yang sedang populer di kalangan anak muda. Atau anda juga bisa merview beberapa permainan yang saat ini sedang digandrungi oleh anak muda di seluruh dunia.

#4 Blog Teknologi dan Gadget

Masih sejenis dengan topik games dan aplikasi, topik keempat yang kami sarankan untuk pelajar adalah topik teknologi dan gadget. Sebagai generasi muda yang menjadi saksi perkembangan teknologi, palajar biasanya sangat menyukai hal-hal yang berbau tenologi atau gadget.

Teknologi dan gadget seperti sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mereka. Berbeda dengan topik games dan aplikasi, topik tenologi mencakup beberapa subtopik yang lebih luas. Anda bisa memilih teknologi atau gadget apa yang paling anda minati untuk anda jadikan topik blog anda.

Anda bisa menulis tentang gadget-gadget terbaru yang sedang atau akan menjadi populer. Anda bisa membahas tentang spesifikasi atau fitur-fitur yang ditawarkan oleh gadget tersebut sehingga memberi gambaran kepada pembaca anda tentang teknologi tersebut.

Topik ini mungkin cukup berat untuk pelajar tetapi jika anda adalah tipe pelajar yang sangat peka terhadap perkembangan teknologi dan gadget, maka topik ini akan sangat cocok untuk anda. Terlebih jika anda sendiri sangat penasaran dengan gadget tersebut.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menulis sebuah blog tentang gadget karena begitu banya blog yang mengulas tentang itu. Cara terbaik adalah, tanyakan diri anda gadget atau teknologi apa yang ingin anda ketahui lalu cari informasinya.

Nah, setelah anda menemukan informasi mengenai gadget tersebut, daripada hanya berlalu bergitu saja, lebih baik jika anda mengulasnya kembali dengan gaya bahasa anda sendiri di blog anda. Anda bisa menjadi blog yang anda baca sebagai referensi tetapi tulislah dengan gaya bahasa anda sendiri.

Biasanya orang yang gila gadget akan aktif mencari informasi gadget terbaru sama seperti halnya orang yang gila musik mencari lagu-lagu terbaru. Jika anda termasuk orang yang seperti itu maka kami rasa anda tidak akan mengalami kesulitan dalam membuat blog bertema gadget.

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Puluhan Juta Dari Youtube.

#5 Blog Fashion

Niche blog yang paling cocok untuk pelajar

Niche selanjutnya yang kami sarankan adalah fashion. Salah satu market yang memiliki peluang besar adalah fashion. Fashion merupakan kebutuhan dasar dan menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Jika anda adalah orang yang sangat menyukai fashion, maka topik ini harusnya cocok untuk anda.

Jika anda termasuk orang yang mempunyai penampilan bagus atau termasuk tipe orang yang peka terhadap perkembangan gaya busana, maka anda bisa memanfaatkan kelebihan anda tersebut untuk membuat sebuah blog fashion dan menghasilkan uang dari blog tersebut.

Dibanding blog teknologi atau tutorial, blog fashion bisa dibilang masih jauh lebih sedikit jumlahnya. Oleh karena itu, dari segi pesaing, blog fashion tidak seketat blog teknologi. Itu artinya peluang untuk berkembang dan sukses juga cukup besar.

Blogger yang menulis tentang fashion biasanya dikenal dengan istilah fashion blogger. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa fashion blogger yang sukses meraup puluhan juta rupiah setiap bulannya dari blog yang mereka kelolah.

Sebagian besar dari mereka bahkan bermula dari iseng atau coba-coba. Berawal dari sekedar berbagi, kini mereka sudah menjadi fashion blogger profesional. Sumber penghasilan fashion blogger tidak terbatas pada iklan saja melainkan dari berbagai sponsor yang ingin produk fashionnya dipromosikan.

Baca juga : Strategi Sukses Mengembangkan Bisnis Toko Online.

#6 Blog Hobi

Salah satu topik yang paling mudah tapi juga cukup potensial adalah blog tentang hobi. Ada banyak hobi yang dapat diulas dan dijadikan sebagai bahan perbincangan dalam menulis blog. Beberapa hobi yang dapat dijadikan bahan blog antara lain hobi travelling, wisata kuliner, hobi memasak, dan sebagainya.

Buat anda yang hobi travelling, maka anda bisa mengulas informasi seputar tempat-tempat wisata yang menarik dan rekomended untuk dikunjungi. And juga bisa membagikan beberapa tips dan trik terkait kegiatan travelling seperti keamanan, biaya, akomodasi, penginapan, dan sebagainya.

Untuk anda yang hobi berwisata kuliner atau hobi memasak, maka blog tentang kuliner sangat cocok untuk anda. Anda dapat membagikan resep-resep makanan yang anda kuasai di blog anda atau membagikan infromasi seputar masakan atau makanan yang menarik untuk dibahas.

Untuk blog jenis ini, anda harus bisa memadukan informasi yang anda tulis dengan gambar-gambar pendukung yang menarik dan relevan agar pengunjung seolah-olah terlibat dalam artikel yang anda bahas.
Ketika anda membahas tentang temat wisata tentu anda harus menampilkan foto tentang lokasi tersebut agar lebih menarik.

Sama seperti blog fashion, blog dengan tema hobi ini juga memiliki sumber penghasilan yang tidak terbatas pada iklan saja. Banyak blogger yang mengulas tentang travelling mendapat bayaran dari sponsor untuk melakukan travelling ke suatu tempat.

#6 Blog Review Produk

Topik terakhir yang kami sarankan adalah blog review produk. Topik ini memang sangat sulit karena anda harus memiliki pengetahuan banyak tentang suatu produk dan memiliki kemampuan menulis yang baik. Kegiatan mereview biasanya dititikberatkan pada fitur-fitur yang ditawarkan suatu produk dan mengulas tentang kelebihan dan kelemahan produk tersebut.

Meski demikian, tida semuanya blog review produk itu sulit. Anda juga bisa mereview hal-hal sederhana yang sangat anda sukai, misalnya mereview musik, buku, atau film. Jika anda suka nonton, maka anda bisa mereview film-film yang sudah anda tonton.

Jika anda bisa mereview produk secara profesional dan memiliki situs yang sudah cukup populer dan terpercaya, maka selain bisa menghasilkan uang dari blog melalui iklan, anda juga bisa menghasilkan bayaran dari perusahaan yang produknya anda review.

Anda juga bisa memadukan blog anda dengan youtube. Anda bisa membuat video untuk mereview suatu produk tertentu lalu mengaitkannya ke blog anda. Di luar negeri, bahkan ada seorang anak kecil yang mereview produk mainan di channel youtubenya dan menghasilkan ribuan dolar setiap bulannya.

Baca juga : Bisnis Online untuk Pelajar Tanpa Modal Besar.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment