PENGERTIAN LINGKUNGAN, EKOSISTEM DAN JENIS-JENIS EKOSISTEM

Posted by on 03 March 2017 - 9:32 AM

Edukiper.com - Apa yang dimaksud denga lingkungan dan ekosistem? Dapatkah anda menyebutkan jenis-jenis ekosistem di sekitar anda? Lingkungan dan ekosistem merupakan dua istilah yang dipelajari dalam bab Ekosistem pada bidang studi biologi. Pada bab ekosistem akan dipelajari berbagai istilah yang berhubungan dengan ekosistem dan komponen-komponen pembentuk suatu ekosistem. Memahami istilah-istilah yang ada dalam ekosistem merupakan hal penting sebab pengetahuan mengenai istilah-istilah tersebut merupakan landasan bagi murid dalam mengkaji dan memahami materi ekosistem. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai beberapa istilah dan satuan makhluk hidup di dalam ekosistem, pada kesempatan ini Edukiper akan membahas mengenai pengertian dari lingkungan, eskosistem, dan jenis-jenis eksositem.

A. Pengertian Lingkungan 

Jika ditanya mengenai lingkungan, maka hal utama yang terfikir di benak kita biasanya adalah lingkungan hidup atau suatu dimensi ruang yang menjadi tempat tinggal kita. Lingkungan itu juga meliputi berbagai wilayah seperti kebun, sawah, atau hutan.

Pengertian lingkungan berdasarkan ulasan di atas menitikberatkan lingkungan sebagai suatu tempat atau ruang yang dapat ditentukan lokasinya. Akan tetapi, dalam ilmu biologi, lingkungan tidak dibatasi sebagai tempat saja melainkan memiliki arti yang lebih luas.

Dalam kajian biologi, lingkungan diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup dan bepengaruh terhadap makluk hidup itu sendiri. Segala sesuatu menunjukkan bahwa lingkungan tidak terbatas pada komponen tak hidup berupa tempat tetapi juga meliputi komponen hidup berupa manusia dan makhluk hidup lainnya.

Dengan kata lain, lingkungan adalah sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup dan merupakan kombinasi dari kondisi fisik mencakup kondisi sumber daya alam dan kelembagaan makhluk hidup yang keduanya mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di lingkungan tersebut.

Makhluk hidup membutuhkan lingkungan sebagai tempat hidup dan berinteraksi dengan makhluk hidup lainnya. Tempat hidup alami suatu makhluk hidup disebut sebagai habitat. Berdasarkan komponennya, lingkungan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik.

#1 Lingkungan Biotik  
Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas komponen hidup yaitu makhluk hidup lain yang berada di sekitar suatu organisme. Komponen biotik tersebut meliputi tumbuhan, hewan, mikrorganisme, dan manusia.

#2 Lingkungan Abiotik
Lingkungan abiotik adalah lingkungan yag terdiri atas komponen tak hidup yaitu benda-benda mati yang berada di sekitar organisme. Komponen abiotik meliputi tanah, udara, air, suhu, cahaya, tekanan udara, gravitasi, dan sebagainya.

B. Pengertian Ekosistem

PENGERTIAN LINGKUNGAN, EKOSISTEM DAN JENIS-JENIS EKOSISTEM
 
Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sama seperti ligkungan, ekosistem juga disusun oleh komponen biotik (benda hidup) dan komponen abiotik (benda tak hidup).

Suatu cabang ilmu biologi yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya adalah ekologi. Melalui ilmu inilah dilihat bagaimana hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antara segenap unsur lingkungan hidup.

Komponen penyusun ekosistem dibedakan menjadi komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik dibedakan menjadi produsen, konsumen, dekomposer dan detritivor. Komponen abiotik meliputi tanah, kelembaban, udara, cahaya matahari, dan suhu.

C. Jenis-jenis Ekosistem

Jenis-jenis ekosistem dapat dibedakan berasarkan proses terjadinya dan berdasarkan tempat terjadinya. Berdasarkan proses terjadinya, ekosistem dibedakan menjadi dua jenis yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Berdasarkan tempatnya, ekosistem dibedakan menjadi ekosistem air dan ekosistem darat.

#1 Eksositem Alami
Ekosistem alami adalah suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang terjadi secara alamiah. Beberapa ekosistem yang termasuk ekosistem alami antaralain ekosistem sungai, ekosistem rawa, ekosistem hutan, dan ekosistem padang pasir.

#2 Ekosistem Buatan
Ekosistem buatan adalah ekosistem yang terbentuk karena sengaja dibuat oleh manusia. Beberapa ekosistem yang tergolong ekosistem buatan antaralain ekosistem kebun, ekosistem sawah, ekosistem kolam, ekosistem akuarium, dan sebagainya.

#3 Ekosistem Darat
Ekosistem darat adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang hidup di darat dengan lingkungannya. Lingkungan utama ekosistem adalah daratan seperti ekosistem hutan, ekosistem kebun, ekosistem gurun, ekosistem gunung, dan sebagainya.

#4 Eksosistem Air
Ekosistem air dalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang hidu di air dengan lingkungannya. Lingkungan utama ekosistem air adalah perairan misalnya ekosistem laut, ekosistem sungai, ekosistem danau, dan sebagainya.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment