MODEL SOAL UNBK MATEMATIKA BILANGAN BULAT DAN JAWABAN

Posted by on 08 June 2017 - 10:17 PM

Edukiper.com - Model Soal UN Matematika SMP tentang bilangan bulat. Bilangan bulat merupakan salah satu topik yang selalu keluar dalam ujian nasional matematika. Setidaknya selalu ada satu atau lebih soal mengenai bilangan bulat dalam ujian nasional. Berikut beberapa model soal tentang bilangan bulat yang cukup sering keluar dalam ujian nasional matematika :
1). Penjumlahan dan perkalian bilangan bulat
2). Operasi campuran bilangan bulat
3). Penjumlahan dan pembagian bilangan bulat
4). Soal cerita berbentuk bilangan bulat.

Model 1 : Penjumlahan dan Perkalian Bilangan Bulat

Untuk model soal seperti ini, konsep dasar yang harus dikuasai adalah konsep penjumlahan bilangan bulat negatif dan perkalian bilangan bulat. Meski terlihat mudah, banyak murid yang gagal pada penjumlahan bilangan bulat negatif.

Soal 1
Hasil dari (-4 + 6) x (-2 - 3) adalah ....
A.-10
B. -2
C. 10
D. 50

Jawaban : A

Model 2 : Operasi Campuran Bilangan Bulat

Untuk menyelesaikan soal seperti ini, murid harus memahami konsep operasi campuran, yaitu harus tahu operasi mana yang dikerjakan terlebih dahulu. Urutannya adalah kerjakan yang di dalam kurung terlebih dahulu. Urutan pengerjaan : tanda kurung, perkalian/ pembagian, penjumlahan/ pengurangan.

Soal 2
Hasil dari 25 - (8 : 4) + (-2 x 5) adalah ....
A. -33
B. -13
C. 13
D. 33

Jawaban : C

Soal 3
Hasil kali dari (-20) + 8 x 5 - 18 : (-3) adalah ....
A. -26
B. -14
C. 14
D. 26

Jawaban : D

Model 3 : Penjumlahan dan Pembagian Bilangan Bulat

Untuk model soal ini, murid harus memahami konsep pembagian bilangan negatif oleh bilangan positif dan memahami penjumlahan bilangan bulat negatif. Kuncinya, kerjakan yang di dalam kurung terlebih dahulu. Bilangan negatif dibagi positif hasilnya negatif.

Model soal unbk matematika bilangan bulat

Soal 4
Hasil dari -15 + (-12 : 3) adalah ....
A. -19
B. -11
C. -9
D. 9

Jawaban : A

Model 4 : Soal Cerita Berbentuk Bilangan Bulat

Untuk soal ini, murid harus mampu menganalisis soal cerita dan menangkap bentuk operasi bilagan bulat yang sesuai dengan soal. Dalam hal ini, murid harus memahami konsep perkalian dan penjumlahan bilangan bulat.

Soal 5
Skor pada kompetisi matematika adalah 4 untuk setiap jawaban benar, 0 untuk soal yang tidak dijawab, dan -1 untuk setiap jawaban yang salah. Dari 50 soal yang diberikan, Budi tidak menjawab 6 soal dan salah 5 soal. Skor yang diperoleh Budi adalah ....
A. 150
B. 151
C. 156
D. 180

Jawaban : B

Advertisements

0 comments :

Post a Comment