CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP YANG MEMBEDAKANNYA DENGAN BENDA MATI

Posted by on 24 July 2017 - 2:38 PM

Edukiper.com - Ciri-ciri Makhluk Hidup. Apa yang dimaksud dengan makhluk hidup? Apa perbedaan antara makhluk hidup dengan benda mati? Apa saja ciri-ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati? Makhluk hidup merupakan makhluk yang memiliki berbagai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan benda mati. Makhluk dikatakan hidup jika memiliki kehidupan yang ditandai dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan.

Kita secara umum dapat dengan yakin menyebutkan bahwa tumbuhan dan hewan termasuk manusia yang sudah umum kita lihat dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk hidup. Lalu bagaimana dengan makhluk mikro misalnya virus yang jarang atau bahkan tidak pernah kita lihat?

Virus sendiri dapat digolongkan sebagai makhluk hidup sekaligus benda mati. Virus akan digolongkan sebagai makhluk hidup jika berada pada jaringan hidup dan dipandang sebagai benda mati jika berada pada jaringan yang sudah mati.

Karena itu, virus sering pula disebut sebagai benda peralihan antara mati dan hidup sebab virus dapat memiliki ciri-ciri makhluk hidup dan juga menunjukkan ciri-ciri benda mati. Berikut ini merupakan beberapa ciri makhluk hidup yang membedakannya dari benda mati.

#1 Makhluk Hidup Memerlukan Nutrisi

Ciri-ciri makhluk hidup

Makhluk hidup memiliki kehidupan yang sangat bergantung pada nutrisi. Makhluk hidup perlu makan untuk memenuhi kebutuhannya akan nutrisi. Nutrisi tersebut digunakan untuk memperoleh energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas.

#2 Bernafas (Respirasi)
Respirasi merupakan ciri makhluk hidup yang menunjukkan ketergantungan makhluk hidup terhadap udara. Makhluk hidup mengambil oksigen dari luar dan menggunakannya di dalam tubuh. Sama seperti makan, respirasi juga dilakukan untuk memperoleh energi.

#3 Bergerak
Salah satu ciri yang paling menonjol yang membedakan makhluk hidup dengan benda mati adalah kemampuan makhluk hidup untuk bergerak atau berpindah tempat dengan sendirinya tanpa faktor dari luar. Tidak seperti benda mati yang dapat bergeser karena sebab tertentu misalnya karena angin, gaya gravitasi, dan sebagainya.

#4 Tumbuh dan Berkembang
Sebagai makhluk hidup tentu ada kehidupan. Kehidupan dapat diamati dari adanya pertumbuhan dan perkembangan. Makhluk hidup memiliki fase atau tahap-tahapan tertentu sepanjang siklus hidupnya sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

#5 Berkembangbiak (Reproduksi)
Selain tumbuh dan berkembang, makhluk hidup juga berkembangbiak. Hal itu merupakan salah satu upaya makhluk hidup untuk meneruskan keturunan dan melestarikan jenisnya. Setiap makhluk hidup memiliki cara tersendiri untuk berkembangbiak.

#6 Peka Terhadap Rangsangan
Selain gerakan, ciri lain yang dominan dimiliki oleh benda hidup adalah adanya kemampuan untuk memberi tanggapan atas rangsangan yang diterimanya. Seekor kucing mungkin akan berlari atau menjerit saat kita tarik ekornya, berbeda dengan buku yang akan tetap diam meskipun kita membantingnya.

#7 Mengeluarkan Zat Sisa
Selain membutuhkan nutrisi dan energi, makhluk hidup juga mengeluarkan zat sisa dari hasil metabolisme tubuh. Zat sisa merupakan zat yang dibuang dari tubuh makhluk hidup seperti gas karbondioksida, uap air, keringat, urine, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai ciri-ciri makhluk hidup secara umum. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment