FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB HILANGNYA KEANEKARAGAMAN HAYATI

Posted by on 20 July 2017 - 10:51 AM

Edukiper.com - Keanekaragaman Hayati. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati? Mengapa keanekaragaman hayati dapat berkurang? Apa saja faktor-faktor yang dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati? Sama seperti makhluk hidup yang mengalami evolusi, seiring dengan hal itu keanekaragaman hayati juga turut mengalami perubahan. Sebagian dari komponen keanekaragaman bisa saja punah atau berkurang.

Keanekaragaman hayati adalah variasi berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk hidup. Adanya perbedaan sifat atau karakter dari suatu makhluk hidup memberikan warna tersendiri.

Antara hewan satu dengan hewan lainnya kita dapat melihat berbagai perbedaan yang begitu bervariasi. Variasi tersebut juga dapat kita amati pada berbagai jenis tumbuhan. Tidak hanya ada tumbuhan dan hewan, variasi juga dapat dijumpai pada manusia.

Keanekaragaman hayati pada dasarnya merupakan pilar penting dalam menjaga kelestarian alam atau keseimbangan suatu ekosistem. Akan tetapi, karena berbagai faktor, keanekaragaman hayati bisa saja berkurang atau bahkan hilang. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi nya.

#1 Hilangnya Habitat

Habitat merupakan komponen penting yang mempengaruhi keanekaragaman hayati. Keanekaragaman terjaga jika habitat asli tempat makhluk hidup juga terjaga. Rusaknya habitat menyebabkan keanekaragaman hayati semakin berkurang.

Kebanyakan kasus kerusakan habitat disebabkan oleh ulah atau perbuatan manusia karena tujuan tertentu. Penebangan hutan yang terjadi terus-menerus menyebabkan berkurangnya habitat bagi hewan sehingga ekosistem di hutan terganggu dan keanekaragaman pun berkurang.

#2 Degradasi Habitat
Selain kerusakan habitat yang terjadi karena ulah manusia, keanekaragaman hayati juga terancam hilang jika habitat mengalami degradasi. Salah satu faktor yang memegang peran besar dalam degradasi habitat adalah pencemaran lingkungan akibat polusi.

Polusi yang dihasilkan dari aktivitas manusia dapat mengancam keanekaragaman hayati sebab polusi mencemari lingkungan dan menimbulkan pengaruh negatif terhadap kesehatan makhluk hidup. Hal itu tentu sangat berdampak pada kelangsungan suatu habitat.

#3 Perpindahan Populasi

Perpindahan populasi dari suatu tempat ke tempat lain terkadang menyebabkan kerusakan. Hal itu bisa terjadi jika spesies pendatang justru mendominasi dan mengalahkan spesies asli sehingga spesies asli pun punah. Jika hal serupa terjadi dalam jumlah besar, tentu keanekaragaman akan semakin berkurang.

#4 Eksploitasi Berlebihan
Sifat manusia yang serakah dan tidak pernah puas juga menjadi salah satu penyebab rusaknya keanekaragaman hayati. Tindakan manusia dalam mengeksploitasi sumber daya alam secara berlebihan tanpa memperhatikan pembaharuan menyebabkan keanekaragaman berkurang.

#5 Indutsrialisasi
Seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan industri pun semakin berkembang. Industri terus digerakkan dalam berbagai bidang kehidupan. Pemanfaatan bioteknologi dan sistem pertanian monokultur juga berdampak kepada berkurangnya variasi hayati.

Demikian pembahasan singkat mengenai faktor penyebab hilangnya keanekaragaman hayati. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment