JENIS-JENIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN DAN CONTOHNYA

Posted by on 28 July 2017 - 11:43 AM

Edukiper.com - Jenis-jenis Gaya Bahasa Perbandingan. Apa yang dimaksud dengan gaya bahasa perbandingan? Jelaskan beberapa majas dalam gaya bahasa perbandingan yang umum digunakan dalam karya sastra? Berbicara soal karya sastra, maka salah satu topik yang berkaitan erat adalah gaya bahasa. Seperti yang diketahui, gaya bahasa merupakan salah satu unsur intrinsik dalam karya sastra.

Gaya bahasa adalah pemakaian kata-kata kiasan dan perbandingan yang tepat untuk melukiskan maksud tertentu. Setiap penulis umumnya memiliki gaya bahasanya masing-masing sehingga gaya bahasa sering pula menjadi ciri khas dari penulis tersebut.

Salah satu jenis gaya bahasa yang umum digunakan dalam pembuatan karya sastra adalah gaya bahasa perbandingan. Gaya bahasa perbandingan adalah gaya bahasa yang digunakan untuk menyatakan maksud tertentu dengan menggunakan suatu perbandingan baik secara langsung atau tidak langsung.

Macam-macam Gaya Bahasa Perbandingan

Jenis gaya bahasa perbandingan

Gaya bahasa perbandingan umumnya digunakan untuk membandingkan suatu benda atau suatu kondisi dengan benda lain agar diperoleh suatu kesan tertentu. Berikut ini beberapa gaya bahasa perbandingan yang biasa digunakan dalam karya sastra.

#1 Metafora
Metafora adalah gaya bahasa perbandingan yang memperbandingkan secara langsung suatu benda dengan benda lain yang sifatnya sama. Contoh : Dewi malam telah keluar dari peraduannya.

#2 Personifikasi
Personifikasi adalah gaya bahasa perbandingan yang mengibaratkan suatu benda mati seolah-olah dapat bertindak sebagaimana manusia misalnya bergerak atau berlari. Contoh : Pepohonan di taman itu menari-nari diringi kicau burung.

#3 Metanomia
Metanomia adalah gaya bahasa perbandingan yang mengemukakan merek dagang atau nama barang untuk melukiskan sesuatu yang berasosiasi secara keseluruhan. Contoh : Paman berangkat dari Jakarta ke Singapura naik Garuda.

#4 Hiperbola
Hiperbola adalah gaya bahasa perbandingan yang menyatakan sesuatu dengan makna atau cara yang berlebih-lebihan. Contoh : Suara nyanyian adik membuat gendang telinga pecah dan menyebabkan listrik padam.

#5 Litotes
Litotes adalah gaya bahasa perbandingan yang menyatakan sesuatu dengan merendahkan diri sendiri meskipun kondisi sebenarnya tidak demikian. Contoh : Jika kalian berkunjung ke Bandung, singgahlah ke gubuk kami.

#6 Eufemisme
Eufemisme adalah gaya bahasa yang mengganti kata-kata yang dianggap kasar dengan kata yang lebih halus untuk maksud menyopankan sehingga kalimat terdengar lebih sopan. Contoh : Pemuda tampan itu sudah berubah akal.

#7 Tropen
Tropen adalah gaya bahasa yang mempergunakan kata-kata yang tepat atau kata-kata yang sejajar dengan pengertian yang dimaksud oleh penulis. Contoh : Siang ini Kepala sekolah akan terbang ke Jakarta.

#8 Simbolik
Simbolik adalah gaya bahasa yang melukiskan sesuatu dengan menggunakan benda lain sebagai perlambangan atau simbolnya. Contoh : Karena suka menipu orang dengan meminjamkan uang, wanita itu dijuluki lintah darat.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai jenis-jenis gaya bahasa perbandingan. Jika artikel yang anda baca bermanfaa, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment