KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BADAN USAHA BERBENTUK PERSEORANGAN

Posted by on 25 July 2017 - 7:57 AM

Edukiper.com - Keunggulan dan Kelemahan Badan Usaha Perseorangan. Apa yang dimaksud dengan badan usaha perseorangan? Apa kelebihan dan kekurangan badan usaha yang berbentuk perseorangan jika dibandingkan dengan badan usaha lainnya? Ketika seseorang mendirikan sebuah perusahaan atau usaha seorang diri tanpa bekerja sama dengan pihak lain, maka perusahaan tersebut digolongkan sebagai badan usaha berbentuk perseorangan. Badan usaha berbentuk perseorangan umumnya banyak dijumpai pada usaha kelas menengah bawah yang modalnya relatif kecil.

Sesuai dengan namanya, badan usaha perseorangan adalah bentuk badan usaha yang didirikan oleh seseorang dan ia sendiri bertanggung jawab atas segala pekerjaan. Dalam badan usaha perseorangan, pemilik bertindak sebagai pemilik modal sekaligus orang yang menjalankan usaha.

Bentuk badan usaha perseorangan umumnya sangat sederhana namun tidak menutup kemungkinan perusahaan perseorangan juga dapat berkembang menjadi besar seperti halnya firma atau CV. Jika dibandingkan dengan badan usaha lainnya, maka berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian badan usaha berbentuk perseorangan.

Kelebihan Badan Usaha Perseorangan

Keunggulan dan kelamahan badan usaha perseorangan (PO)

#1 Pendirian Lebih Mudah
Perusahaan perseorangan umumnya lebih sederhana dibanding perusahaan dengan bentuk badan usaha lainnya. Prosedur pendirian cenderung lebih mudah sehingga usaha perseorangan umumnya lebih mudah didirikan. Begitu pula jika terjadi masalah, perusahaan perseorangan dapat dengan mudah dibubarkan.

#2 Ada Kebebasan dalam Mengelola
Karena hanya didirikan oleh seorang saja, maka pemiliki yang juga bertindak sebagai penglola memiliki kebebasan dalam mengelola usahanya. Pemiliki bebas mengatur usahanya sesuai dengan keinginan atau pandangannya sehingga tidak bergantung pada orang lain atau harus menyesuaikan diri dengan sekutu.

#3 Keuntungan dapat Dinikmati Sendiri
Karena miliki sendiri, maka pemilik usaha perseorangan dapat menikmati seluruh keuntungan yang diperoleh usahanya. Karena tidak ada orang lain yang terlibat baik dalam hal modal atau kerja, maka keuntungan labah jatuh pada seseorang atau pemiliki saja. Tidak ada pembagian laba.

#4 Lebih Mudah Mengambil Keputusan
Ketika pemilik usaha menghadapi masalah, pemilik dapat dengan cepat mengambil keputusan karena tidak perlu bermusyawarah dengan sekutu sebab hanya dialah yang memiliki wewenang untuk memutuskan langkah apa yang akan diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

#5 Rahasia Perusahaan Lebih Terjamin
Dibanding badan usaha lainnya, badan usaha berbentuk perseorangan terbilang unggul dalam hal rahasia perusahaan. Pada badan usaha perseorangan, rahasia perusahaan lebih terjami sebab hanya pemiliklah yang mengetahui seluk-beluk usaha yang dikelolanya.

Kekurangan Badan Usaha Perseorangan

#1 Kemampuan Tenaga dan Modal Tebatas
Karena hanya didirikan oleh satu orang, maka biasanya badan usaha berbentuk perseorangan mengalami kendala dalam hal tenaga dan modal. Modal usaha yang dapat dikumpulkan relatif kecil sehingga usaha yang dapat didirikan juga relatif kecil. Selain itu, kemampuan manajemen juga menjadi terbatas karena hanya mengandalkan seorang saja.

#2 Resiko Usaha ditanggung Sendiri
Tidak hanya keuntungan yang dinikmati sendiri, pemilik usaha perseorangan juga harus siap menanggung berbagai resiko usaha yang mungkin akan dialaminya. Karena hanya sendiri, maka resiko itu juga ditanggung sendiri dengan jaminan seluruh harta.

#3 Kelangsungan Usaha Kurang terjamin
Biasanya pemiliki usaha perseorangan kurang menguasai manajemen dengan baik karena terbatasnya tenaga yang dimiliki sehingga usaha yang dijalankan cenderung kurang optimal pengelolaannya. Hal itu menyebabkan kelangsungan badan usaha kurang terjamin sebab hanya bergantung pada pemilik tunggal.

Demikianlah pembahasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan badan usaha berbentuk perseorangan. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment