KELEBIHAN DAN KELEMAHAN BADAN USAHA PERSEROAN TERBATAS

Posted by on 21 July 2017 - 2:24 PM

Edukiper.com - Keunggulan dan Kekurangan Perseroan Terbatas (PT). Apa yang dimaksud dengan perseroan terbatas? Apa kelebihan dan kekurangan badan usaha berbentuk perseroan terbatas? PT atau perseroan terbatas merupakan salah satu bentuk badan usaha yang cukup banyak dijalankan terutama bagi orang yang memiliki modal besar namun tidak menginginkan tanggung jawab secara penuh terhadap perusahaan.

Perseroan terbatas adalah badan usaha berbentuk perseroan yang memperoleh modalnya dengan mengeluarkan saham. Penyertaan modal yang diberikan oleh persero dilakukan dengan membeli saham yang dikeluarkan oleh badan usaha tersebut.

Sebuah perseroan terbatas dapat dibentuk bila memiliki akta notaris dan mendapatkan persetujuan dari menteri kehakiman. PT juga harus terdaftar pada pengadilan negeri dan diumumkan dalam berita negara. Dengan begitu, PT memiliki badan hukum yang jelas.

A. Keunggulan Perseroan Terbatas 

Keunggulan dan kelemahan PT

#1 Kebutuhan Modal Mudah Terpenuhi
Untuk mendirikan PT biasanya dibutuhkan modal yang relatif besar. Namun, bentuk badan usaha PT memberikan sebuah keuntungan yaitu adanya kemudahan dalam mengumpulkan modal sekalipun modal cenderung besar dengan cara mengeluarkan banyak saham dengan nominal relatif kecil.

#2 Tanggung Jawab Terbatas
Pemilik saham atau pesero memiliki tanggung jawab terbatas, artinya tanggung jawab pesero hanya sebatas pada modal yang ia setorkan. Jika badan usaha menderita kerugian, maka pemilik tidak ikut menanggung sampai pada harta pribadinya.

#3 Pengelolaan Lebih Efisien
Karena cenderung mudah dalam mengumpulkan modal dan adanya batasan dalam hal tanggung jawab, maka pengelolaan perusahaan lebih efisien. Kepemimpinan badan usaha lebih efisien dibandingkan badan usaha lainnya.

#4 Perusahaan Lebih Terjamin
Kelangsungan perusahaan pada dengan bentuk perseroan terbatas cenderung lebih terjamin karena tidak bergantung pada kehidupan seorang pesero atau pemilik saham.

#5 Saham Dapat Diperjualbelikan
Tidak hanya tanggung jawab yang terbatas, pemilik saham juga dapat memperjualbelikan saham mereka untuk tujuan tertentu. Persero dapat memindahkan modalnya kepada orang lain dengan cara menjual sahamnya.

B. Kelemahan Perseroan Terbatas 

#1 Modal Relatif Besar
Untuk mendirikan sebuah perseroan terbatas biasanya dibutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya pendiriannya relatif mahal dan pendiriannya pun memakan waktu yang cukup lama. Kadangkala PT tidak dapat mengeluarkan sejumlah saham dengan nilai relatif kecil untuk memenuhi modal.

#2 Memimpin Perusahaan Cenderung Sulit
Meskipun badan usaha ini cenderung lebih efisien dalam hal kepemimpinan badan usaha, namun memimpin PT relatif sulit jika dibandingkan dengan badan usaha yang lain. Salah satu kendala adalah kurangnya komunikasi antara pemegang saham.

#3 Rahasia Kurang Terjamin
Dalam perseroan terbatas, tidak ada rahasia mengenai penjualan saham sehingga rahasia badan usaha kurang terjamin. Selain itu, pada perseroan terbatas, biaya organisasi juga terkadang relatif besar sehingga memunculkan konflik tersendiri.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kelemahan badan usaha perseroan terbatas. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment