KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN BADAN USAHA PERSEKUTUAN FIRMA

Posted by on 21 July 2017 - 2:58 PM

Edukiper.com - Kelebihan dan Kekurangan Firma. Apa yang dimaksud dengan badan usaha persekutuan firma? Apa keunggulan dan kelemahan persekutuan firma jika dibandingkan badan usaha lainnya? Persekutuan firma merupakan salah satu bentuk badan usaha yang dibentuk oleh minimal dua orang dan biasanya dibentuk oleh beberapa orang yang sudah saling kenal atau sudah memiliki kepercayaan satu sama lainnya.

Firma atau persekutuan firma adalah badan usaha yang didirikan oleh sedikitnya dua orang di hadapan notaris, untuk kemudian dibuatkan akta pendirian. Firma dijalankan secara bersama oleh pembentuknya dengan nama bersama atau nama yang mereka sepakati.

Dalam sebuah firma, setiap anggota atau pemilik usaha memiliki hak yang sama untuk bertindak atas nama firma. Seluruh anggota firma juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk menanggung berbagai resiko dari tindakan salah seorang anggota firma.

A. Kelebihan Persekutuan Firma

Keunggulan dan kelemahan Firma

#1 Pendirian Relatif Mudah
Prosedur pendirian firma relatif mudah sehingga usaha dapat segera dijalankan begitu dokumen yang diperlukan selesai. Firma didirikan atas persetujuan bersama di antara anggota-anggota nya di hadapan notaris.

#2 Ada Pembagian Tugas
Dalam badan usaha firma, pemilik sekaligus orang yang menjalankan usaha dapat melakukan pembagian tugas sesuai dengan keahlian masing-masing. Sehingga setiap anggota memiliki tanggung jawab sesuai dengan jabatan atau keahlian nya.

#3 Kebutuhan Modal Tercukupi
Karena didirikan oleh dua orang atau lebih, maka kebutuhan akan modal relatif dapat terpenuhi. Dalam beberapa kondisi, sebuah firma juga bisa mengumpulkan modal yang lebih besar dibanding jika hanya berusaha sendiri.

#4 Resiko Firma Ditanggung Bersama
Sama-sama kerja, sama-sama memberi modal, sama-sama menanggung resiko. Begitulah kira-kira keuntungan yang ditawarkan sebuah firma. Dalam firma, resiko tidak hanya ditanggung oleh seorang anggota melainkan ditanggung bersama oleh para pemilik.

#5 Kelangsungan Firma lebih Terjamin
Karena tidak bergantung pada seorang pemilik saja, maka kelangsungan firma cenderung lebih terjamin. Dalam beberapa kondisi yang kurang menguntungkan, para pemilik dapat merembukkan solusinya bersama sehingga tidak hanya bergantung pada kemampuan seorang saja.

B. Kekurangan Persekutuan Firma

#1 Kerugian Akibat Anggota Lain
Meski resiko firma ditanggung bersama, namun ada kalanya pemilik harus berada pada situasi yang menyebalkan. Misalnya, seluruh pemilik harus menanggung akibat dari tindakan salah satu anggota firma.

#2 Hutang ditanggung Kekayaan Pribadi
Sama seperti kebanyakan usaha, pada firma hutang yang ditimbulkan selama usaha berjalan juga ditanggung oleh kekayaan pribadi para anggotanya. Akibatnya, jika hutang firma terlalu besar, maka kemungkinan dapat menyebabkan keterpurukan ekonomi.

#3 Rentan Perselisihan atau Konflik
Meskipun firma biasanya dibangun oleh orang-orang yang saling kenal dan percaya, namun perselisihan adalah suatu hal yang sangat mungkin terjadi. Jika ada perbedaan pandangan antara pemilik, maka ada kemungkinan akan terjadi konflik yang mempengaruhi kelangsungan usaha.

#4 Kendala dalam Pengambilan Keputusan
Kadangkala, jika para anggota memiliki perbedaan pandangan dan kemudian mulai memiliki visi yang berbeda, maka akan sangat sulit untuk mengambil keputusan. Akibatnya, pengambilan keputusan berjalan lambat dan mempengaruhi kelangsungan usaha.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai keunggulan dan kelemahan badan usaha persekutuan firma. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment